KAPAN PUASA IDUL ADHA

Salam hangat untuk Sobat INDONEWSID! Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang penuh dengan berkah dan keutamaan. Di dalamnya terdapat hari yang sangat istimewa, yaitu hari raya Idul Adha. Kapan sebenarnya kita harus memulai puasa Idul Adha? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Perhitungan Puasa Idul Adha

Puasa Idul Adha dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah dan berakhir pada tanggal 13 Dzulhijjah. Namun, perhitungan pasti saat memulai puasa Idul Adha sangat tergantung pada penentuan awal bulan Dzulhijjah.

Penentuan Awal Bulan Dzulhijjah

Penentuan awal bulan Dzulhijjah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu metode hisab dan rukyat. Metode hisab adalah penentuan awal bulan Dzulhijjah dengan menggunakan perhitungan matematis, sedangkan rukyat adalah penentuan awal bulan Dzulhijjah dengan melihat hilal secara langsung.

Metode Hisab

Metode hisab dipilih oleh banyak negara Muslim di seluruh dunia untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah. Metode ini menghitung gerakan bulan dengan bantuan perangkat komputer terkini. Dari hasil perhitungan ini, ditentukan kapan bulan Dzulhijjah dimulai.

Rukyat

Rukyat adalah cara menentukan awal bulan Dzulhijjah dengan melihat hilal secara langsung. Metode ini digunakan oleh beberapa negara Muslim, terutama di Timur Tengah. Jika hilal terlihat, maka itu menandakan awal bulan Dzulhijjah.

Kapan Puasa Idul Adha di Indonesia

Di Indonesia, penentuan awal bulan Dzulhijjah dilakukan dengan metode hisab. Oleh karena itu, kita dapat menghitung kapan puasa Idul Adha dimulai. Tahun ini, puasa Idul Adha akan dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyah atau tanggal 20 Juli 2021.

Keutamaan Puasa Idul Adha

Puasa Idul Adha memiliki banyak keutamaan. Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, puasa Idul Adha juga dapat membersihkan diri dari dosa dan meningkatkan pahala. Selain itu, puasa Idul Adha juga dapat meningkatkan rasa empati kita terhadap sesama.

Amalan Sunnah Selama Puasa Idul Adha

Selama puasa Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Selain itu, kita juga dapat memperbanyak sedekah dan berdoa untuk keselamatan umat Islam di seluruh dunia.

Kesimpulan

Jadi, kapan sebenarnya kita harus memulai puasa Idul Adha? Penentuan awal bulan Dzulhijjah tergantung pada metode yang digunakan. Di Indonesia, penentuan awal bulan Dzulhijjah dilakukan dengan metode hisab. Oleh karena itu, puasa Idul Adha akan dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyah atau tanggal 20 Juli 2021. Yuk, mari kita persiapkan diri kita untuk menyambut hari raya Idul Adha dengan penuh keikhlasan dan semangat. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!