BESOK PUASA APA 28 JANUARI 2021

Assalamu’alaikum Sobat INDONEWSID

Hello Sobat INDONEWSID, sudahkah kalian mengetahui puasa apa yang akan dilaksanakan besok, 28 Januari 2021? Puasa atau shalat apa yang harus dilakukan pada hari tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Besok, 28 Januari 2021, umat Islam di Indonesia akan melaksanakan puasa Sunnah yang dikenal dengan Puasa Ayyamul Bidh atau Puasa Enam. Puasa ini dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya, termasuk bulan Muharram yang merupakan bulan pertama dalam kalender hijriah.

Keutamaan dari Puasa Ayyamul Bidh adalah dapat menghapuskan dosa-dosa kecil dan memperoleh pahala besar dari Allah SWT. Selain itu, puasa ini juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Selain Puasa Ayyamul Bidh, pada hari tersebut juga dilaksanakan shalat sunnah Dhuha. Shalat ini dikenal sebagai shalat Dhuha karena dilakukan setelah terbitnya matahari sampai menjelang zuhur. Shalat Dhuha memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat mendatangkan berkah dan keberuntungan dalam hidup.

Untuk melaksanakan shalat Dhuha, minimal dilakukan dua rakaat dan maksimal delapan rakaat. Namun, jika ingin memperbanyak rakaat, tidak ada larangan dalam agama Islam. Shalat Dhuha dapat dilakukan di rumah atau di masjid dengan niat untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Selain Puasa Ayyamul Bidh dan shalat Dhuha, pada hari tersebut juga dilaksanakan puasa daud atau puasa sunnah yang dilakukan oleh Nabi Dawud AS. Puasa daud dilakukan dengan menahan lapar dan dahaga sehari penuh dan berbuka pada malam harinya. Puasa daud memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat membersihkan hati dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Bagi yang ingin melaksanakan puasa daud, dapat dilakukan pada hari apa saja kecuali pada hari-hari yang dilarang berpuasa seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Demikian ulasan mengenai puasa apa yang dilaksanakan besok, 28 Januari 2021. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dan shalat dengan penuh keikhlasan dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Aamiin.

Kesimpulan

Besok, 28 Januari 2021, umat Islam di Indonesia akan melaksanakan puasa Sunnah Ayyamul Bidh, shalat sunnah Dhuha, dan puasa sunnah daud. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah dengan penuh keikhlasan dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Aamiin.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Wassalamu’alaikum Sobat INDONEWSID.