DOA PUASA SYAWAL SETELAH RAMADHAN

Pengantar

Hello Sobat INDONEWSID, setelah melewati bulan suci Ramadhan, kini kita memasuki bulan Syawal. Bulan yang di dalamnya terdapat hari raya Idul Fitri yang selalu dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain merayakan Idul Fitri, di bulan Syawal juga terdapat amalan puasa sunnah yang disebut puasa Syawal. Nah, kali ini kita akan membahas tentang doa puasa Syawal.

Apa itu Puasa Syawal?

Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan setelah hari raya Idul Fitri. Puasa Syawal dilakukan selama 6 hari, tidak harus dilakukan secara berturut-turut, namun bisa dilakukan secara terpisah. Puasa Syawal merupakan amalan yang dianjurkan, bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa orang yang berpuasa Syawal akan mendapatkan pahala seperti puasa setahun penuh.

Doa Puasa Syawal

Berikut ini doa yang bisa dibaca saat berpuasa Syawal:

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَ سِتَّةِ أَيَّامٍ فِيْ شَوَّالٍ، وَتَرْزُقْنَا شَفَاعَةَ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Ya Allah, terimalah dari kami puasa enam hari di bulan Syawal, dan berikanlah kami syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Manfaat Berpuasa Syawal

Berikut ini beberapa manfaat dari berpuasa Syawal:

1. Mendapatkan pahala sebesar puasa setahun penuh.

2. Menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

3. Menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengurangi asupan makanan.

4. Membiasakan diri untuk berpuasa secara rutin dan teratur.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berpuasa Syawal

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat berpuasa Syawal:

1. Tidak harus dilakukan berturut-turut, namun bisa dilakukan secara terpisah.

2. Tidak wajib dilakukan, namun sangat dianjurkan.

3. Tidak boleh dilakukan pada hari raya Idul Fitri.

4. Tidak boleh dianggap sebagai pengganti puasa Ramadhan yang belum terlaksana atau terlewat.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai doa puasa Syawal. Puasa Syawal merupakan amalan yang dianjurkan, dan membaca doa saat berpuasa Syawal bisa menambah keberkahan dan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Selain itu, berpuasa Syawal juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan keimanan kita. Namun, perlu diingat bahwa puasa Syawal tidak boleh dianggap sebagai pengganti puasa Ramadhan yang belum terlaksana atau terlewat. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.