spotify

Aplikasi Spotify Pie Fitur Dan Fungsinya

Aplikasi Spotify Pie belakangan ini telah menjadi viral di sosmed berbagai negara karena fungsi dan fiturnya terutama pecinta musik.

Apa sebenarnya Spotify Pie? ialah merupakan “tools” atau “alat” dimana pengguna Spotify dapat mengetahui genre musik yang sering diputar.

Baca Juga : 5 Aplikasi Auto Tune Terbaik Untuk Menyetel Suara Vokal otomatis

Bisa dibilang, tools ini serupa dengan Spotify Wrapped yang hadir bagi pengguna layanan streaming musik tersebut setiap akhir tahun.

Bedanya, informasi di Spotify Pie ini akan ter-update setiap bulannya. Dengan ini kamu dapat mengetahui apakah ada perubahan genre musik ketika mendengarkan Spotify.

Informasi, tools ini dibuat oleh Darren Huang, mahasiswa UCLA (University of California, Los Angeles), bukan bikinan Spotify.

Cara Membuat Spotify

Lalu bagaimana cara buat Spotify Pie?

  1. Pertama Kamu dapat mulai membuatnya dengan mengakses situs milik Darren: https://huangdarren1106.github.io/
  2. Setelah itu, kamu akan diminta untuk login ke akun Spotify untuk dapat mulai menggunakan tools Spotify Pie buatan Darren ini.
  3. Nanti kamu akan diminta untuk memberikan izin akses untuk riwayat musik apa saja yang didengar di Spotify, lanjutkan dengan mengklik “Ok”.
  4. Tak butuh waktu lama, kamu akan disajikan diagram tentang genre dan siapa saja musisi atau band yang paling sering didengarkan lewat Spotify.
  5. Di sisi lain,musisi dapat menggunakan halaman profil artisSpotifyuntuk mempromosikanmerchandisedan jadwal konser mereka.

Mereka mungkin segera dapat menggunakan halaman tersebut untuk mempromosikan NFT. Demikian sebagaimana dilansirEngadget,Kamis (19/5/2022).

Seperti yang pertama kali dilaporkan olehMusic Ally, Spotify mulai menguji galeriNFT, untuk sekelompok pengguna tertentu di Amerika Serikat, terutama Android, termasuk penggemarplatformWeb3 seperti DJ Steve Aoki.

Jika memiliki akses ke uji coba ini, kamu dapat melihat galeri dengan mengunjungi salah satu halaman musisi/artis yang disertakan dan menggulir melewati daftar lagu.

Mengetuk “NFT” memungkinkan kamu melihat versi yang lebih besar, selain deskripsi singkat. Opsi “See More” mengarahkan kamu ke halaman daftar OpenSea NFT, tempat kamu dapat membeli token.

MenurutMusic Ally, Spotify tidak menarik komisi penjualan guna membantu memfasilitasi galeri NFT selama masa pengujian.

“Spotify sedang menjalankan tes, di mana akan membantu sekelompok kecil artis mempromosikan penawaran NFT pihak ketiga mereka yang ada melalui profil artis,” kata Spotify.

“Kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalamanartisdan penggemar. Beberapa dari tes tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” sambung Spotify.

Pengujian ini dilakukan saatplatformutama lainnya, seperti Instagram menggabungkan fitur NFT sendiri, bahkan saat tren pasar sedang turun.

Mengutip data dariNonFungible,The Wall Street Journalbaru-baru ini mencatat bahwa penjualan NFT harian turun 92 persen dari puncaknya di bulan September. Jumlah dompet aktif juga turun sekitar 88 persen.

Sebelumnya,Spotify telah menutup aplikasi Stations yag mereka uji sejak tahun 2018.

Stations adalah layanan ‘ringan’ yang tersedia untuk pelanggan gratis dan berbayar. Setelah debut awalnya di beberapa negara dengan versi Android, Spotify meluncurkan aplikasi versi iOS pada tahun 2019 dan membukanya untuk pengguna di Amerika Serikat (AS).

Namun, sekarang pengujian telah selesai. Dikutip dariThe Verge, Minggu (8/5/2022),9to5Googlemelaporkan Spotify resmi mulai mengumumkan pada pengguna sebagaimana aplikasi tersebut akan ditutup pada 16 Mei 2022.

Jika kamu menggunakanStations, kamu dapat mengakses web untuk backup daftar musik favorit ke aplikasi Spotify utama.

“Stations ditutup pada 16 Mei. Stations (playlist) yang kamu buat akan hilang, tetapi kamu masih dapat menikmati Spotify dengan masuk menggunakan akun Stations kamu. Temukan daftar putar yang dibuat untuk kamu, plus jutaan lagu dan podcast,” demikian pesan pemberitahuan Spotify kepada pengguna via email.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *