Cara Melihat History Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android

Penuhnya memori internal kerap kali menjadi alasan mengapa Anda perlu menghapus beberapa aplikasi. Nah, jika Anda ingin mencarinya lagi, maka bisa melihatnya di history. Cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android pun mudah.

Cara termudah untuk dapat mengetahui aplikasi yang pernah Anda install adalah dengan mengecek riwayatnya di Google Play Store. Sebagai etalasenya aplikasi, Google Play Store menyimpan seluruh aktivitas pengunduhan, penginstalan dan pembaharuan aplikasi Anda.

Pastikan Ponsel Anda telah Login Email

Pertama, pastikan ponsel Anda telah login e-mail. Jika telah melakukan login e-mail, secara otomatis Google Play Store pun telah login akun email Anda.

Buka Aplikasi Google Play Store

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui riwayat aplikasi di Google Play Store tentunya membuka aplikasi Google Play Store-nya terlebih dahulu. Setiap merk ponsel Android pasti telah dilengkapi dengan Google Play Store.
  2. Hal ini karena Google Play Store merupakan sebuah aplikasi yang mewadahi aplikasi-aplikasi lainnya untuk dapat diunduh dan diinstal. Tak hanya aplikasi saja, Google Play Store saat ini juga mewadahi e-book, dan film.
  3. Di sini, Anda tidak hanya sekadar bisa melakukan pengunduhan, penginstalan, dan pembaharuan aplikasi. Anda juga dapat melihat aplikasi apa saja yang terinstal, atau pun yang pernah terinstal di ponsel.
  4. Setelah Anda membuka aplikasi Google Play Store, maka Anda telah melakukan langkah awal cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Pastikan aplikasi Google Play Store terbuka sempurna.
  5. Tunggulah terlebih dahulu untuk beberapa saat, hingga Google Play Store menampakkan dengan jelas deretan aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan. Setelah terbuka dengan sempurna, barulah Anda dapat lanjut ke tahapan yang kedua yaitu membuka menu atau profil Google Play Store.

BAca JUga: Download Aplikasi Pemutar Musik Android APK

Buka Menu Profil pada Google Play Store

Tahapan berikutnya adalah membuka menu atau profil dari Google Play Store Anda. Bagi Anda yang menggunakan Google Play Store versi lama, maka menu profil terdapat pada bagian pojok kiri atas.

Menu ini berupa simbol tiga garis horizontal yang sejajar. Lakukan klik pada simbol tiga garis horizontal tersebut. Dengan begitu Anda akan dibawa ke menu profil yang menampilkan beberapa opsi menu lainnya.

Sementara itu, cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android pada Google Play Store versi baru agak sedikit berbeda. Hal ini karena tampilan awal aplikasinya yang juga memiliki perbedaan. Pada Google Play Store versi baru, perhatikan halaman depan aplikasi Anda.

Lihatlah pada bagian pojok kanan atas, dimana terdapat gambar foto profil akun Google Anda. Klik foto profil tersebut, dan Anda pun akan dibawa pada beberapa pilihan menu lainnya, seperti informasi akun gmail Anda, dan menu-menu lain.
Klik Opsi Aplikasi

Langkah selanjutnya diterapkan setelah Anda membuka menu profil di Google Play Store versi lama dan dihadapkan dengan beberapa opsi menu lainnya. Silahkan Anda klik menu “Aplikasi & Game Saya” untuk dapat mengetahui daftar aplikasi apa saja yang sudah terhapus.

Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan lagi. Di halaman baru itu, Anda akan menemukan tiga opsi menu yaitu menu “Update”, “Terinstal”, dan “Koleksi”.

Satu dari salah satu opsi tersebut merupakan opsi yang akan dipilih dalam cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Di samping itu, pada Google Play Store versi terbaru, Anda tidak akan menemui opsi “Aplikasi & Game Saya”.

Oleh karena itu, pilihlah opsi menu yang terdapat kata “aplikasi”nya. Silahkan Anda lakukan klik pada menu “Kelola Aplikasi & Perangkat”.

Setelah Anda mengklik menu “Kelola Aplikasi & Perangkat”, maka akan muncul dua opsi menu lagi yang posisinya bersebelahan, yaitu menu “Ringkasan” dan menu “Kelola”. Pilihlah menu “Kelola” dan Anda akan dihadapkan dengan tiga opsi menu selanjutnya.

Klik Opsi Koleksi dan atau Kelola

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan untuk mengetahui aplikasi yang pernah diinstall adalah mengklik opsi “Koleksi” atau “Kelola”. Menu “Koleksi” dapat Anda jumpai di Google Play Store versi lama. Sedangkan menu “Kelola” dapat Anda temui di Google Play Store versi terbaru.

Pada Google Play Store versi lama, setelah Anda mengklik pada menu “Aplikasi & Game Saya” akan muncul tiga opsi menu lainnya. Pilihlah menu “Koleksi” yang terletak pada bagian kanan untuk mengetahui riwayat aplikasi Anda.

Pada menu koleksi tersebut, Anda akan dapat melihat daftar aplikasi yang sudah terhapus atau di-uninstall di Android. Selain itu, juga akan muncul daftar riwayat seluruh aplikasi yang ada atau pun pernah ada di ponsel Anda.

Sementara itu, pada Google Play Store versi baru, Anda dapat memilih opsi menu “Kelola”. Setelah mengklik menu “Kelola”, Anda akan disajikan kembali tiga pilihan menu, yaitu “Diinstal v”, “Update Tersedia” dan “Game”.

Silahkan Anda lakukan klik pada tanda segitiga terbalik di sebelah kata “Di Instal”. Kemudian, akan muncul dua opsi yaitu Aplikasi “Diinstal” atau Aplikasi “Tidak Diinstal”.

Pilihlah opsi Aplikasi “Tidak Diinstal”. Tunggu beberapa saat hingga Google Play Store menampilkan seluruh aplikasi yang pernah terunduh dan terinstal di ponsel.

Anda dapat melakukan pengunduhan dan penginstalan kembali terhadap aplikasi yang pernah dimiliki. Namun, sebelum mengunduh kembali aplikasi yang pernah diinstal, pastikan ruang penyimpanan Anda telah mencukupi.

Jika Anda ingin menginstal kembali game, maka Anda dapat mengklik opsi “Game” untuk mempermudah pencarian. Sampai, cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android pun telah selesai. Cara ini dapat dicoba di berbagai merek Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *