BACAAN BERBUKA PUASA RAJAB

Hello Sobat INDONEWSID, bulan Rajab merupakan bulan yang mulia dalam agama Islam. Bulan ini menjadi momen yang tepat untuk memperbanyak ibadah, termasuk di antaranya adalah membaca doa berbuka puasa. Seperti yang kita ketahui, bulan Rajab adalah bulan yang sangat dihormati oleh umat Islam. Oleh karena itu, banyak orang yang memperbanyak ibadah selama bulan ini. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah membaca doa berbuka puasa Rajab.

Doa Berbuka Puasa Rajab yang Dapat Diamalkan

Berikut ini adalah beberapa doa berbuka puasa Rajab yang dapat diamalkan:

1. “Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ‘alaa rizqika aftartu.”

Artinya: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu, aku beriman kepada-Mu, dan dengan rizki-Mu aku berbuka.”

2. “Allahumma lakal hamdu anta qaiyimus-samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta malikus-samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta nurus-samawati wal ardhi wa man fihinna, wa lakal hamdu anta haqqun wa wa’duka haqqun wa liqa’uka haqqun wa qauluka haqqun, wal-jannatu haqqun, wannaru haqqun, was-sa’atu haqqun, wa annal mauta haqqun, Allahumma lakal aslamtu wa bika amantu wa ‘alayka tawakkaltu wa ilayka anabtu wa bika khasamtu wa ilayka hakamtu faghfir li ma qaddamtu wama akhkhartu wama asrartu wama a’lantu antal-muqaddimu wa antal-mu’akhkhiru la ilaha illa anta.”

Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang mengatur langit dan bumi serta segala isinya, bagi-Mu segala puji, Engkaulah Raja langit dan bumi serta segala isinya, bagi-Mu segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta segala isinya, bagi-Mu segala puji, Engkau-lah yang benar, janjimu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu adalah benar, Surga adalah benar, neraka adalah benar, kiamat adalah benar, dan kematian adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku bertaubat, dengan-Mu aku berselisih, kepada-Mu aku mengadu dan kepada-Mu aku berhukum. Maka ampunilah dosa-dosaku yang lalu dan yang akan datang, yang aku sembunyikan maupun yang aku tampakkan. Engkaulah yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

3. “Allahumma taqabbal minna innaka antas-sami’ul-‘alim.”

Artinya: “Ya Allah, terimalah puasa kami karena Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

4. “Allahumma inni as’aluka rahmataka allati wasi’at kulla shai’in, an taghfira li dhunubi, wa taqdda li khataaya, wa tujawwizani fi sakhatika wa ta’fu an-ni fi rahmatika wa taqdir li fi kulli khairin wa sharrin, wa la haula wa la quwwata illa billahil-‘aliyyil-‘azhim.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni dosa-dosaku, menghapus kesalahanku, melindungiku dari kemarahan-Mu, dan memaafkan aku dengan rahmat-Mu. Tunjukkanlah padaku jalan kebaikan dan jangan biarkan aku tergoda oleh kejahatan. Dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

5. “Allahumma lakal hamdu anta ‘ala kulli shai’in qadir.”

Artinya: “Ya Allah, hanya kepada-Mu segala puji, Engkaulah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Keutamaan Membaca Doa Berbuka Puasa Rajab

Membaca doa berbuka puasa Rajab memiliki banyak keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut adalah:

1. Mendapat pahala yang besar dari Allah SWT.

2. Dapat memperkuat iman dan taqwa dalam diri kita.

3. Mendapat perlindungan dari segala macam bencana dan penyakit.

4. Dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

5. Dapat menjaga hati dan pikiran agar selalu tenang dan damai.

Kesimpulan

Membaca doa berbuka puasa Rajab merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Doa ini dapat membantu kita memperkuat iman dan taqwa, serta mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita perbanyak ibadah di bulan Rajab ini dengan membaca doa berbuka puasa Rajab.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.