DO’A MANDI JUNUB YANG BENAR

Sobat INDONEWSID, selamat datang kembali di artikel kami kali ini. Kali ini, kita akan membahas tentang do’a mandi junub yang benar. Bagi umat muslim, mandi junub adalah kewajiban yang harus dilakukan setelah berhubungan suami istri atau setelah menstruasi. Selain membersihkan diri dari hadas besar, mandi junub juga dilakukan sebagai bentuk ibadah. Namun, dalam melaksanakan mandi junub, do’a juga harus dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah panduan do’a mandi junub yang benar.

Do’a Sebelum Mandi Junub

Sebelum melakukan mandi junub, ada do’a yang harus dibaca terlebih dahulu. Do’a ini disebut dengan niat mandi junub. Niat mandi junub sebaiknya dibaca dalam hati sambil memikirkan tujuan mandi junub. Berikut ini adalah do’a niat mandi junub yang benar:اُصَلِّيْ فَرْضَ الْغُسْلِ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَىUshallii fardul ghusli li-rof’iil hadatsil akbari fardan lil-laahi ta’aalaa.Artinya: “Aku berniat mandi junub karena mengangkat hadas besar, fardhu karena Allah Ta’ala.”

Do’a Ketika Mulai Mencuci Bagian Kepala

Setelah membaca niat mandi junub, kita mulai mencuci bagian kepala. Saat mencuci bagian kepala, ada do’a yang harus dibaca. Berikut ini adalah do’a ketika mulai mencuci bagian kepala:بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ الْمَاءَ طَهُورًا وَلَا جُنُبًا.Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahil ladzii ja’alal maa’a thahuran wa laa junuban.Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji bagi Allah yang menjadikan air sebagai suci dan tidak najis.”

Do’a Setelah Selesai Mencuci Bagian Kepala

Setelah selesai mencuci bagian kepala, kita harus membaca do’a lagi sebelum mencuci bagian-bagian lainnya. Do’a ini adalah do’a setelah selesai mencuci bagian kepala. Berikut ini adalah do’a setelah selesai mencuci bagian kepala:اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي قَضَى حَاجَتِي وَأَطْعَمَنِي.Allahummaj’alni minal tawwabiina waj’alni minal mutathahhiriina. Alhamdulillahil ladzii qadhoo haajatii wa ath’amani.Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang taubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci. Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi kebutuhanku dan memberi makan padaku.”

Do’a Setelah Selesai Mandi Junub

Setelah selesai mandi junub, ada do’a yang harus dibaca. Do’a ini disebut dengan do’a setelah selesai mandi junub. Berikut ini adalah do’a setelah selesai mandi junub:أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ.Ashhadu an laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. Allahummaj’alni minal tawwabiina waj’alni minal mutathahhiriina.Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang taubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci.”

Kesimpulan

Itulah panduan do’a mandi junub yang benar. Selain membantu membersihkan diri dari hadas besar, do’a juga penting dalam pelaksanaan mandi junub. Dengan membaca do’a dengan benar, kita bisa memperoleh pahala dari Allah SWT. Semoga panduan ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.