DOA WUDHU MANDI WAJIB

Mengenal Wudhu dan Mandi Wajib

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa wudhu mandi wajib. Sebelum membahas lebih jauh mengenai doa tersebut, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu wudhu dan mandi wajib. Wudhu adalah salah satu ritual bersuci bagi umat muslim yang dilakukan sebelum melakukan ibadah seperti sholat. Sedangkan mandi wajib dilakukan ketika seseorang telah melakukan hal-hal yang dianggap najis.

Doa Wudhu

Ketika melakukan wudhu, terdapat beberapa doa yang harus dibaca. Doa tersebut adalah:1. Niat – Bismillahirrahmanirrahim, aku niat wudhu untuk membersihkan diri dari hadas kecil karena Allah Ta’ala.2. Membasuh wajah – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.3. Membasuh tangan kanan – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.4. Membasuh tangan kiri – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.5. Menyapu kepala – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.6. Menyapu kuping – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.7. Menyapu leher – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.8. Membasuh kaki kanan – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.9. Membasuh kaki kiri – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.

Doa Mandi Wajib

Selain wudhu, ada juga mandi wajib yang harus dilakukan ketika seseorang telah melakukan hal-hal yang dianggap najis. Doa yang dibaca saat mandi wajib adalah sebagai berikut:1. Niat – Bismillahirrahmanirrahim, aku niat mandi wajib untuk membersihkan diri dari hadas besar karena Allah Ta’ala.2. Membasuh seluruh tubuh – Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala alihi, Bismillahirrahmanirrahim.

Kesimpulan

Demikianlah doa wudhu dan mandi wajib yang harus dibaca saat melakukan ritual bersuci. Sebagai umat muslim, kita harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, sehingga kita dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat INDONEWSID. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.