NIAT MANDI JUNUB DAN HAID

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang niat mandi junub dan haid. Bagi sebagian orang, mandi junub dan haid hanya sekedar mandi biasa, namun sebenarnya mandi junub dan haid memiliki tata cara dan niat yang harus dilakukan. Simak ulasan berikut ini!

Niat Mandi Junub

Mandi junub merupakan mandi wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim setelah melakukan hubungan suami istri atau mengalami mimpi basah. Sebelum mandi junub, sebaiknya kita membaca niat mandi junub terlebih dahulu. Niat mandi junub adalah:

“Nawaitul ghusla lirof’il junubil fardhiy syai-an lillahi ta’ala”

Artinya, “Aku berniat mandi besar karena mengalami junub karena suatu kewajiban karena Allah Ta’ala.”

Setelah membaca niat tersebut, baru kita bisa melakukan tata cara mandi junub yang benar. Mandi junub dilakukan dengan mengalirkan air pada seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. Pastikan seluruh tubuh terkena air sehingga bersih dari hadas besar.

Niat Mandi Haid

Sedangkan mandi haid dilakukan oleh wanita yang sedang mengalami menstruasi atau nifas setelah melahirkan. Sebelum mandi haid, kita juga harus membaca niat terlebih dahulu. Niat mandi haid adalah:

“Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari syai-an lillahi ta’ala”

Artinya, “Aku berniat mandi besar karena mengalami hadas besar karena suatu kewajiban karena Allah Ta’ala.”

Sama seperti mandi junub, tata cara mandi haid dilakukan dengan mengalirkan air pada seluruh tubuh. Pastikan seluruh bagian tubuh yang terkena hadas besar terkena air, seperti rambut, wajah, telinga, leher, lengan, perut, paha, dan kaki.

Keutamaan Mandi Junub dan Haid

Mandi junub dan haid memiliki keutamaan yang sangat besar, selain membersihkan diri dari hadas besar, mandi ini juga dapat membuka pintu-pintu rezeki. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang mandi ketika mengalami hadas besar lalu membaca dua kalimat syahadat, maka ia akan keluar dari hadasnya seperti ketika ia dilahirkan dari rahim ibunya.”

Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa mandi junub bisa menghilangkan kelelahan dan menyegarkan tubuh. Dengan mandi junub dan haid, kita juga bisa meraih pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan tentang niat mandi junub dan haid. Kedua mandi ini sangat penting untuk dilakukan oleh setiap muslim yang mengalami hadas besar. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa meningkatkan kualitas ibadah kita. Jangan lupa selalu membaca niat sebelum melakukan perbuatan agar menjadi lebih berarti dan bernilai ibadah. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!