DOA MANDI WAJIB SETELAH BERHUBUNGAN

Sobat INDONEWSID, setiap manusia yang beragama Islam pasti mengetahui tentang mandi wajib setelah berhubungan. Namun, sebenarnya apa itu mandi wajib? Bagaimana cara melakukannya? Dan apa saja doa yang harus dibaca? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Mandi Wajib?

Mandi wajib adalah mandi yang harus dilakukan oleh seorang Muslim setelah melakukan hal-hal yang dianggap najis seperti berhubungan suami istri, mimpi basah, menstruasi, nifas, serta keluar mani. Mandi wajib ini bertujuan untuk membersihkan diri dari najis dan memurnikan jiwa.

Cara Melakukan Mandi Wajib

Cara melakukan mandi wajib cukup mudah. Pertama, basuh seluruh badan dengan air mengalir sambil membaca niat mandi wajib. Kedua, gosok seluruh badan dengan sabun atau deterjen. Ketiga, siram seluruh badan dengan air mengalir sebanyak tiga kali. Keempat, niatkan kembali mandi wajib untuk membersihkan diri dari najis.

Doa Mandi Wajib

Setelah melakukan mandi wajib, seorang Muslim diwajibkan membaca doa agar segala dosa dan kesalahan yang dilakukan terhapuskan. Berikut ini adalah doa mandi wajib yang harus dibaca:أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسولهArtinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Keutamaan Mandi Wajib

Mandi wajib memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:1. Membersihkan diri dari najis dan memurnikan jiwa2. Dapat menghilangkan rasa malu dan ketidaknyamanan setelah berhubungan3. Menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh4. Dapat menghilangkan rasa letih dan lelah pada tubuh5. Dapat meningkatkan kebersihan dan kesehatan tubuh

Kesimpulan

Dalam Islam, mandi wajib setelah berhubungan adalah wajib dilakukan. Mandi ini bertujuan untuk membersihkan diri dari najis dan memurnikan jiwa. Cara melakukannya cukup mudah dan doa mandi wajib harus dibaca setelah selesai. Mandi wajib memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah membersihkan diri dari najis, menghilangkan rasa malu dan ketidaknyamanan, serta meningkatkan kebersihan dan kesehatan tubuh.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya