BACAAN SHOLAT TAHIYAT AWAL

Assalamualaikum Sobat INDONEWSID!

Sholat tahiyyat awal adalah bagian dari sholat yang dilakukan pada saat posisi duduk di antara dua rakaat sholat. Banyak dari kita yang mungkin belum mengetahui bagaimana membaca bacaan sholat tahiyyat awal dengan benar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bacaan sholat tahiyyat awal secara lengkap dan mudah dipahami.

Bacaan sholat tahiyyat awal terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah membaca tasyahhud awal, bagian kedua adalah membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW, dan bagian ketiga adalah membaca doa.

Bagian Pertama: Tasyahhud Awal

Tasyahhud awal dibaca setelah kita duduk di antara dua rakaat sholat. Bacaan tasyahhud awal adalah sebagai berikut:

“At-tahiyyatu lillahi was shalawatu wat taiyibatu, assalamu ‘alaika ayyuhan Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuhu, assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahish shalihin, asyhadu an la ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh”

Artinya: Segala puji bagi Allah, shalawat dan kebaikan semata-mata milik-Nya, salam sejahtera atasmu, hai Nabi, dan rahmat Allah serta berkat-Nya. Salam sejahtera atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya.

Bagian Kedua: Sholawat atas Nabi Muhammad SAW

Bacaan sholawat atas Nabi Muhammad SAW pada sholat tahiyyat awal adalah sebagai berikut:

“Allahumma sholli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidum majid. Allahumma baarik ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama baarakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidum majid”

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, seperti Engkau limpahkan rahmat dan keberkahan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berkatilah Muhammad dan keluarga Muhammad, seperti Engkau memberkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

Bagian Ketiga: Doa

Doa yang dibaca pada sholat tahiyyat awal adalah sebagai berikut:

“Rabbij ‘alniy muqiimash shalati wa min dzuriyyati, rabbanaa wa taqabbal du’a, rabbanaa ghfirlii waliwalidayya, warhamhumaa kamaa rabbayaniy shaghira”

Artinya: Ya Allah jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap mendirikan sholat. Wahai Tuhan kami, terimalah doa kami. Wahai Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka membimbingku kecil.

Itulah bacaan sholat tahiyyat awal yang harus kita pahami dan amalkan dengan baik dan benar. Semoga dengan mengetahui bacaan sholat tahiyyat awal ini, kita dapat melaksanakan sholat dengan lebih baik dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Dengan memahami bacaan sholat tahiyyat awal, kita dapat melaksanakan sholat dengan lebih baik dan benar. Mari kita terus belajar dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Assalamualaikum Sobat INDONEWSID!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.