BACAAN SHOLAT SUBUH QUNUT

Pengertian Sholat Subuh Qunut

Hello Sobat INDONEWSID, sholat Subuh Qunut adalah sholat Subuh yang dilakukan dengan membaca doa Qunut pada rakaat kedua. Doa Qunut sendiri merupakan doa yang dibaca dalam posisi berdiri setelah rukuk pada rakaat kedua sholat Subuh.

Keutamaan Sholat Subuh Qunut

Sholat Subuh Qunut memiliki keutamaan yang sangat besar di mata Allah SWT. Menurut hadits dari Rasulullah SAW, sholat Subuh Qunut memiliki pahala yang sama dengan pahala haji dan umroh. Selain itu, sholat Subuh Qunut juga dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dan ridho dari Allah SWT.

Bacaan Sholat Subuh Qunut

Untuk melakukan sholat Subuh Qunut, berikut ini adalah bacaan doa Qunut yang harus dibaca pada rakaat kedua sholat Subuh:

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ وَنَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اَللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّيْ وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ وَنَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

Artinya: Ya Allah, kami memohon pertolongan kepada-Mu, kami memohon ampun kepada-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami bertawakkal kepada-Mu, kami memuji-Mu atas segala kebaikan yang Engkau berikan kepada kami, kami mensyukuri nikmat-Mu, kami tidak mengingkari-Mu, kami meninggalkan orang yang mendustakan-Mu, ya Allah hanya kepada-Mu kami beribadah, hanya untuk-Mu kami sholat dan sujud, hanya kepada-Mu kami berusaha dan berjaga-jaga, dan hanya kepada-Mu kami berharap rahmat-Mu dan takut akan siksa-Mu. Sesungguhnya siksa-Mu akan menimpa orang-orang kafir.

Cara Melakukan Sholat Subuh Qunut

Agar sholat Subuh Qunut dapat dilakukan dengan benar, berikut ini adalah cara melaksanakan sholat Subuh Qunut:

  1. Berdiri dengan khusyuk dan mengucapkan takbiratul ihram.
  2. Membaca doa iftitah dan surat Al-Fatihah.
  3. Membaca surat pendek atau Al-Quran minimal tiga ayat pada rakaat pertama.
  4. Melakukan rukuk dengan khusyuk dan membaca doa rukuk.
  5. Berdiri kembali dan membaca doa setelah rukuk.
  6. Membaca doa Qunut pada rakaat kedua.
  7. Melakukan sujud dan berdoa seperti biasa.
  8. Setelah salam, melakukan zikir dan doa.

Kesimpulan

Dalam melaksanakan sholat Subuh Qunut, kita harus memahami arti dari doa Qunut dan juga keutamaan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kita juga harus memahami cara melaksanakan sholat Subuh Qunut dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat INDONEWSID dan dapat meningkatkan kualitas ibadah sholat Subuh kita. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!