BERAPA RAKAAT SHOLAT NISFU SYA’BAN

Hello Sobat INDONEWSID!

Mungkin banyak dari kita yang masih bingung mengenai berapa rakaat sholat Nisfu Sya’ban. Apakah sholat ini wajib atau sunnah? Berapa banyak rakaat yang harus dilakukan? Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas secara detail tentang hal tersebut. Yuk, simak baik-baik ya Sobat INDONEWSID!

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa sholat Nisfu Sya’ban adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban. Nisfu Sya’ban sendiri adalah malam ke-15 pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijriyah. Malam ini juga dikenal sebagai malam mid-Sha’ban.

Ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan sholat Nisfu Sya’ban, di antaranya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari, “Sesungguhnya Allah melihat kepada hamba-Nya pada malam Nisfu Sya’ban, lalu Dia memaafkan semua hamba kecuali orang yang musyrik atau orang yang memutuskan silaturahmi.”

Meskipun sholat Nisfu Sya’ban bukanlah sholat wajib, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan. Sholat ini memiliki banyak keutamaan, seperti mendapatkan keberkahan, ampunan dosa, dan naiknya derajat di sisi Allah.

Lalu, berapa banyak rakaat sholat Nisfu Sya’ban yang harus dilakukan? Ada beberapa pendapat dari para ulama mengenai hal ini.

Pertama, menurut Imam Syafi’i, sholat Nisfu Sya’ban dilakukan dengan 20 rakaat yang masing-masing terdiri dari dua rakaat salam.

Kedua, menurut Imam Abu Hanifah dan Imam Malik, sholat Nisfu Sya’ban dilakukan dengan 36 rakaat yang masing-masing terdiri dari dua rakaat salam.

Ketiga, menurut Imam Ahmad bin Hanbal, sholat Nisfu Sya’ban dilakukan dengan 12 rakaat yang masing-masing terdiri dari dua rakaat salam.

Meskipun ada perbedaan pendapat mengenai jumlah rakaat yang harus dilakukan, namun yang terpenting adalah niat dan kesungguhan kita dalam menjalankan sholat ini.

Selain itu, ada juga beberapa doa yang bisa dibaca setelah sholat Nisfu Sya’ban, seperti membaca ayat Kursi sebanyak satu kali, membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, dan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 100 kali.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai sholat Nisfu Sya’ban. Ingat, sholat ini adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Jangan lupa juga untuk memperbanyak amalan baik di malam Nisfu Sya’ban, seperti membaca Al-Quran, berdoa, dan bersedekah.

Kesimpulan

Sholat Nisfu Sya’ban adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban. Meskipun sholat ini bukanlah sholat wajib, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak keutamaan. Ada beberapa pendapat dari para ulama mengenai jumlah rakaat yang harus dilakukan, namun yang terpenting adalah niat dan kesungguhan kita dalam menjalankan sholat ini. Selain itu, perbanyak juga amalan baik di malam Nisfu Sya’ban untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dosa.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat INDONEWSID!