BACAAN SETELAH TAKBIRATUL IHRAM

Pengantar

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bacaan setelah takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah takbir pertama yang dilakukan ketika memulai shalat. Setelah takbiratul ihram, ada beberapa bacaan yang harus dibaca dalam shalat. Apa saja bacaan tersebut? Yuk, simak ulasannya!

Bacaan Setelah Takbiratul Ihram

1. TaudzihSetelah takbiratul ihram, bacaan pertama yang harus dilakukan adalah taudzih. Taudzih adalah bacaan yang berisi pengakuan bahwa kita sedang melakukan shalat karena Allah SWT.2. Surat Al-FatihahSetelah taudzih, bacaan selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat yang wajib dibaca dalam setiap rakaat shalat.3. Surat PendekSetelah membaca surat Al-Fatihah, kita bisa melanjutkan dengan membaca surat pendek seperti surat An-Nas, Al-Falaq, atau Al-Ikhlas.4. Ruku’Setelah membaca surat pendek, kita melakukan ruku’. Saat ruku’, kita membaca “Subhanallah Rabbiyal ‘Adhim”.5. I’tidalSetelah ruku’, kita melakukan i’tidal atau tegak lurus kembali. Saat melakukan i’tidal, kita membaca “Sami’Allahu liman hamidah, Rabbana wa lakal hamd”.6. SujudSetelah i’tidal, kita melakukan sujud. Saat sujud, kita membaca “Subhanallah Rabbiyal A’la”.7. Duduk Antara Dua SujudSetelah sujud, kita duduk antara dua sujud. Saat duduk, kita membaca “Rabbighfirli, Rabbighfirli”.8. Sujud KeduaSetelah duduk antara dua sujud, kita melakukan sujud kedua. Saat sujud kedua, kita membaca “Subhanallah Rabbiyal A’la”.9. Duduk Tasyahud AwalSetelah sujud kedua, kita melakukan duduk tasyahud awal. Saat duduk, kita membaca “Attahiyyatu Lillahi Was Shalawatu Wattayyibatu, Assalamu ‘Alaika Ayyuhannabiyyu Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh, Assalamu ‘Alaina Wa ‘Ala ‘Ibadillahish Shalihin, Ashhadu An La Ilaha Illallahu Wa Ashhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rasuluh”.10. Tasyahud AkhirSetelah duduk tasyahud awal, kita melakukan tasyahud akhir. Saat tasyahud akhir, kita membaca “Assalamu ‘Alaikum Wa Rahmatullah”.11. SalamSetelah tasyahud akhir, kita memberikan salam ke kanan dan ke kiri dengan membaca “Assalamu ‘Alaikum Wa Rahmatullah”.

Kesimpulan

Demikianlah bacaan setelah takbiratul ihram dalam shalat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dalam meningkatkan kualitas shalat kita. Jangan lupa untuk selalu konsisten dan istiqamah dalam melaksanakan shalat. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!