CONTOH BACAAN IDHAR QOMARIYAH

Salam hangat untuk Sobat INDONEWSID yang selalu setia membaca artikel kami. Kali ini, kami akan membahas tentang contoh bacaan Idhar Qomariyah. Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Idhar Qomariyah.Idhar Qomariyah adalah salah satu aturan membaca huruf hijaiyah yang diterapkan pada saat membaca Al-Quran. Aturan ini berlaku ketika huruf Mim sukun atau Nun sukun bertemu dengan huruf ba, ta, tha, jim, ha, kha, dal, dzal, dan za.

Contoh Bacaan Idhar Qomariyah

1. Bacaan Surat Al-Mulk ayat 2: “Aladzi khalaqa almawta waalhayata liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amalan”. Pada kata “almawta”, huruf Mim sukun bertemu dengan huruf ta. Maka, bacaan yang benar adalah “almawwata”.2. Bacaan Surat An-Nisa ayat 59: “Ya ayyuha alladzina amanu ati’u Allaha wa ati’u alrrasula wa olee al-amri minkum”. Pada kata “amri”, huruf Mim sukun bertemu dengan huruf ra. Maka, bacaan yang benar adalah “amrira”.3. Bacaan Surat Al-An’am ayat 82: “Alladzina amanu wa lam yalbisu imanahum bi zulmin ulaa’ika lahumu al-amnu wahum muhtadun”. Pada kata “yulbisu”, huruf Nun sukun bertemu dengan huruf ba. Maka, bacaan yang benar adalah “yulbisa”.4. Bacaan Surat Al-Maidah ayat 5: “Al-yawma akmaltu lakum dinakum wa atmamtu ‘alaykum ni’mati wa radhitu lakumu al-islama dinan”. Pada kata “atmamtu”, huruf Mim sukun bertemu dengan huruf ta. Maka, bacaan yang benar adalah “atmamta”.5. Bacaan Surat Al-Baqarah ayat 186: “Wa idha sa’alaka ‘ibadi ‘anni fa inni qareebun ujibu da’wata aldda’i idha da’an”. Pada kata “da’wata”, huruf Mim sukun bertemu dengan huruf ta. Maka, bacaan yang benar adalah “da’watta”.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh bacaan Idhar Qomariyah yang harus kita perhatikan saat membaca Al-Quran. Dengan memperhatikan aturan ini, kita bisa membaca Al-Quran dengan benar dan menghindari kesalahan dalam membaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat INDONEWSID dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.Terima kasih telah membaca.