Gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf disebut?

Gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf disebut?

  1. Ide pokok
  2. Gagasan pendukung
  3. Kalimat utama
  4. Kalimat Pengembang
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Ide pokok

Pembahasan Mengenal Gagasan yang Menjadi Dasar Sebuah Paragraf

Jawab: Dalam teks bacaan akan terdapat beberapa paragraf yang dibentuk berdasarkan gagasan utama atau ide pokok paragraf. Gagasan ini lah yang menjadi dasar utama yang akan dikembangkan menjadi satu paragraf.

Untuk menentukan sebuah gagasan utama harus memiliki kemampuan dalam memahami sebuah bacaan atau teks. Ide pokok di dalam sebuah bacaan sangat penting karena memiliki informasi penting kepada setiap pembaca. Kesalahan menentukan kalimat utama atau ide pokok maka akan mengakibatkan kurangnya informasi yang akurat.

Paragraf merupakan karangan yang memiliki unsur ide pokok, di dalam paragraf memiliki kalimat utama dan juga beberapa kalimat yang digunakan untuk menjelaskan dan saling memiliki hubungan dengan ide pokok. Terdapat satu kalimat utama dan yang lain adalah kalimat yang menjelaskan informasi pada kalimat utama.

Ide pokok paragraf adalah sebuah inti sari atau pokok dari permasalahan yang dimuat dalam sabuah paragraf. Ide pokok sering dikenal sebagai gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan kalimat pada suatu paragraf. Gagasan utama atau ide pokok biasa terletak pada kalimat utama dalam paragraf. Kalimat utama yang terletak dibagian awal disebut dengan paragraf deduktif. Sedangkan kalimat utama yang terletak di bagian akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif.

Namun adapula gagasan utama dalam paragraf berada dikeduanya atau biasa dikenal dengan paragref campuran atau deduktif-induktif.

Jenis gagasan utama yang berada diawal, akhir atau campuran paragraf memiliki pola. Paragraf induktif memiliki pola dari kalimat khusus ke kalimat umum yang mana kalimat penjelas terlebih dahulu dan diakhiri dengan kalimat utama.

Sedangkan paragraf deduktif memiliki pola dengan kalimat umum ke kalimat khusus dengan memulai kalimat utama terlebih dahulu dan diikuti oleh kalimat penjelas. Yang terakhir adalah jenis paragraf deduktif-induktif memiliki pola kalimat utama diikuti kalimat penjelas dan diakhiri kalimat utama karena merupakan paragraf campuran.

Baca Juga : Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah?

Untuk menentukan ide pokok paragraf yan terdapat dalam teks ataupun bacaan maka harus perhatikan beberapa hal berikut;

• Pastikan untuk menemukan ide pokok pada setiap paragaraf atau kalimat utama.

• Merangkai pertanyaan mengenai isi bacaan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah untuk dipahami.

• Buatlah ringkasan mengenai teks bacaan dalam beberapa kalimat yang runtut.

Memahami sebuah teks atau bacaan secara runtut melalui ide pokok yang sudah ditemukan maka akan dapat menceritakan kembali pesan dari sebuah bacaan tersebut, dapat menuliskan kembali dalam membuat ringkasan, dan dapat menarik kesimpulan. Memahami isi bacaan memerlukan kemampuan dari si pembaca sendiri.

Apabila telah menemukan kalimat utama maka dengan mudah menemukan kalimat penjelas. Kalimat utama atau gagasan memiliki ciri-ciri yang nampak yaitu:

  • Kalimat utama dapat berdiri sendiri karena merupakan kalimat yang berisi inti informasi dari bacaan, arti kalimat ini juga sudah jelas.
  • Kalimat utama berisi permasalahan pada paragraf yang dapat dikembangkan dengan sangat rinci.
  • Kalimat utama adalah pernyataan yang memiliki sifat umum, oleh karena itu kaliamat utana bisa dikembangkan lagi menjadi bagian kalimat penjelas.

Sedangkan gagasan utama memiliki ciri-ciri yaitu:

  • Terdiri dari satu kalimat yang utuh yang bisa berdiri sendiriyang berarti tanpa kalimat penjelas saja sudah terdpat informasi di paragraf tersebut.
  •  Gagasan utama dibentuk dengan rangkaian kata tanpa menambahkan kata penghubung atau transisi.
  • Gagasan utama memiliki topik permasalahan yang utama sehingga bisa diperjelas lebih lanjut di dalam kalimat penjelas.
  • Gagasan utama merupakan kalimat yang sudah jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat lain yang menguatkan.
  • Gagasan utama yang terdapat pada akhir paragraf ditandai dengan beberapa kata seperti kesimpulannya, oleh karena itu, dengan demikian dan oleh sebab itu.

Menyusun sebuah paragraf yang padu harus memiliki ide pendukung masalah pokok paragraf. Menentukan kalimat yang menjadi kalimat utama dan juga kalimat yang mengembangkannya, mengembangkan harus sitemaris dan juga logis.

Dengan pandai menentukan ide pokok maka seseorang dapat dengan cepat mengetahui inti dalam bacaan atau suatu teks.
Penjelasan mengenai ide pokok dan juga gagasan utama penting untuk dipelajari agar tidak susah menarik kesimpulan dalam bacaan.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu daya tarik pada kemasan dapat digolongkan menjadi dua yaitu  beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *