mengenal tombol keyboard dan fungsinya

Lengkap! Mengenal Tombol Keyboard dan Fungsinya Di Word

Ada banyak hal yang harus dipelajari oleh pemula yang baru ingin mempelajari aplikasi Micrsofot Office Word. Dari mulai membuka aplikasi, membuat file baru, membuka dokumen, mengedit dokumen, dan lain sebagainya.

Nah, sebelum mulai mengetik dokumen apapun di Microsoft Word, maka kita harus mengenal tombol keyboard dan fungsinya di Word. Supaya apa? Supaya nantinya tidak kebingungan lagi saat melakukan pengentikan dokumen apapun jika kita sudah mengenal tombol keyboard dan semua fungsinya.

Tujuan Mengenal Tombol Keyboard dan Fungsinya

Salah satu tujuan yang bisa kita capai ketika sudah mengenal tombol keyboard dan fungsinya maka itu akan membantu mempercepat proses pengetikan dalam aplikasi word.

✅REKOMENDED:  Mudah dan Lengkap ! Cara Membuat Background di Word

Keyboard merupakan hardware yang fungsinya digunakan untuk menginputkan informasi (mengetikan perintah) ke laptop atau komputer yang kita gunakan. Segala penginputan atau pengetikan akan ditampilkan oleh monitor.

Fungsi Dasar Tombol Keyboard

mengenal tombol keyboard dan fungsinya

Berikut adalah tombol dasar yang ada di keyboard yang sering digunakan oleh pengguna Microsoft Word dilengkapi dengan fungsinya.

Tombol Karakter

Tombol ini digunakan untuk mengetikan huruf dari A sampai dengan Z. Berikut juga dengan angka 1,2,3 dan seterusnya. Beserta tanda baca seperti titik, koma, sama dengan dan lain sebagainya

Tombol Shift

Tombol ini digunakan untuk mengetikan huruf besar (huruf kapital) jika ditekan bersamaan dengan karakter A sampai Z. Atau digunakan juga untuk tombol kombinasi untuk mengeksekusi perintah tertentu.

Tombol Fungsi

Tombol fungsi yaitu F1 sampai dengan F12 digunakan untuk menjalankan perintah secara cepat.

Tombol Caps Lock

Tombol ini digunakan untuk mengaktifkan mode huruf kapital. Jadi ketika tombol ini aktif semua huruf yang kita ketik akan menjadi huruf besar. Bagaimana kita tahu tombol ini aktif atau tidak? Biasanya ada lampu indikator di keyboard pada tombol ini yang menyala.

✅REKOMENDED:  Cara Membuat Footnote di Word dengan Mudah dan Cepat

Tombol Backspace

Digunakan untuk menghapus satu karakter ke kiri. Perhatikan ya, ini fungsinya mirip dengan delete tetapi kegunaannya berbeda.

Tombol Enter

Tombol ini digunakan untuk membuat paragraf baru, atau untuk melakukan perintah tertentu. Misal ketika klik Ok pada mouse bisa kita gantikan dengan tombol Enter ini.

Tombol Panah

Tombol panah terdiri dari 4 arah yaitu atas, bawah, kiri, dan kanan. Fungsinya yaitu untuk memindahkan kursor sesuai dengan panah yang digunakan.

Tombol Editing

Selanjutnya ada tombol Delete, Tab, Esc, Home, Insert, dan lainnya. Tombol ini berfungsi untuk melakukan editing. Seperti delete digunakan untuk menghapus karakter dari sebelah kanan, home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat, End digunakan untuk ke akhir kalimat dan lainnya.

✅REKOMENDED:  Inilah 3 Cara Membuat Garis di Word Horizontal & Vertikal

Tombol Alt

Digunakan untuk melakukan perintah yang cepat dengan kombinasi tombol tertentu. Bukan Cuma itu tombol ini juga berguna untuk menjalankan tombol – tombol yang ada pada ribbon atau toolbar.

CTRL

Merupakan tombol yang digunakan untuk shortcut alias perintah cepat. Hampir semua tombol karakter jika dikombinasikan dengan CTRL ini akan bisa melakukan fungsi tertentu. Contoh CTRL +S digunakan untuk menyimpan dokumen, CTRL + E digunakan untuk merata tengah, CTRL + B digunakan untuk mengaktifkan fungsi bold. Dan lain sebagainya.

Pengetikan dan Pengeditan Akan Lebih Cepat

Ketika kita sudah mengenal tombol keyboard dan fungsinya, maka proses pengetikan dan pengeditan dokumen di Microsoft Word akan lebih cepat.

Penutup

Itulah materi dari mengenal tombol keyboard dan fungsinya pada Microsoft Word. Silahkan dihafalkan dan digunakan semua fungsi dari tombol keyboard tersebut supaya terlihat hasilnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga. See you …

Leave a Reply

Your email address will not be published.