langkah menulis berita

5 Langkah Menulis Berita Bagi Pemula

Semakin canggihnya era digital turut mempengaruhi perubahan dalam dunia jurnalistik. Dengan media digital penyampaian informasi menjadi lebih mudah. Juga siapapun dapat menulis berita. Agar berita layak untuk dibaca maka penulis harus mengetahui langkah menulis berita terlebih dahulu, supaya dapat dipertanggungjawabkan.

Apa Itu Berita

Berita sendiri merupakan suatu informasi yang baru saja atau sedang terjadi dan disebarkan. Berita disebarkan menggunakan media massa, baik elektronik maupun, seperti televisi, radio, koran, dan sebagainya. Bahkan sekarang berita juga disebarkan menggunakan media digital seperti ponsel/PC melalui portal web.

Dengan adanya media digital, penyampaian berita menjadi semakin mudah, dimana berita dapat tersampaikan secara cepat serta dapat menjangkau area yang luas. Sehingga ketika ada berita aktual, yang baru saja atau sedang terjadi maka pembaca secara cepat akan menerima informasi tersebut.

Selain itu, dengan portal web maka berita/informasi lama bisa diakses kembali secara mudah kapanpun dan dimanapun. Sehingga pembaca berita menjadi lebih praktis dan fleksibel, pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber informasi yang relevan.

✅REKOMENDED:  Passing Grade UNP Tahun 2021/2022

Sementara jika melalui portal web, terkadang informasi dari berita tidak lengkap karena ingin berita harus tersampaikan dengan cepat.

Langkah-Langkah dalam Menulis Berita

Dengan mudahnya penyampaian berita, maka informasi yang disampaikan haruslah informasi yang berbobot, lengkap, matang, juga akurat. Karena ciri-ciri dari suatu berita adalah harus aktual (terbaru), objektif (sesuai fakta, tidak ada pemihakan), menarik, dan publisitas (ditujukan untuk umum, mudah dipahami masyarakat).

Berdasarkan ulasan di atas, dapat dikatakan bahwa menulis berita secara lengkap, akurat, matang diperlukan dalam suatu berita. Disamping karena mudahnya penyebaran berita saat ini, juga karena berita bersifat satu arah. Supaya berita tersampaikan dengan benar ikutilah langkah menulis berita berikut:

1. Menemukan Bahan Berita 

Penulis dapat mencari suatu peristiwa/kejadian actual, juga patut untuk dipublikasikan, contohnya berita mengenai suatu kegiatan seperti webinar yang diselenggarakan oleh suatu lembaga.

✅REKOMENDED:  Daftar 8 Sekolah Kedinasan Di Jogja

Setelah menemukan bahan berita, kumpulkan berbagai informasi. Informasi yang dikumpulkan berupa beberapa fakta. Cara pengumpulannya seperti dengan wawancara, dokumentasi, atau observasi.

2. Catatlah Berbagai Hal yang Penting

Ketika sedang mencari informasi, sebaiknya ditulis dengan konsep Askadimega atau 5W+1H. Sedangkan menurut Onong U. Effendi, yang perlu ditonjolkan dalam berita adalah unsur Mengapa, sementara unsur lainnya hanya pelengkap.

3. Buatlah Kerangka Beritanya

Ketika membuat kerangka berita, pikirkan mengenai gambaran kasar dari penyampaian informasi, dimana informasi diolah menjadi berita. Biasanya berita mengandung 3 bagian, yaitu judul, teras, dan penjelasan berita.

4. Mulailah Menulis Dari Teras Berita

Bagian ini terletak pada paragraf pertama dari suatu berita. Penulisannya dibuat secara ringkas, padat, dan diawali dengan Apa dan Siapa. Pastikan kalimat ditulis menggunakan kaidah penulisan SPOK yaitu Subjek, Predikat, Objek, Keterangan.

✅REKOMENDED:  Slogan yang Cocok untuk Pelajar Adalah Sebagai berikut

Kemudian tulislah isi beritanya. Pada bagian ini sampaikan informasi secara detail dalam bentuk paragraf-paragraf pendek terdiri dari 3-5 kalimat saja. Usahakan setiap paragraf hanya mengandung satu ide pokok. Sehingga pembaca akan mudah memahami berita juga terdorong untuk melanjutkan pembacaannya.

5. Jangan Lupa untuk Menyunting Berita

Mulai periksa ejaan, penggunaan bahasa, makna kalimat, serta perbedaan opini dan fakta. Penyuntingan dilakukan dengan membaca ulang berita supaya kesalahan penulisan informasi dapat dihindari. Penting pula untuk tidak melanggar kode etik jurnalistik.

Demikianlah pembahasan mengenai langkah menulis berita serta sekilas informasi mengenai media publikasinya. Dengan hadirnya era digital, berita-berita menjadi mudah untuk disebarluaskan. Maka ketika ingin menulis berita harusnya akurat dan kebenarannya dapat diuji, supaya pembaca mendapatkan informasi secara benar.