Kegiatan penciptaan pengubahan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut?

Kegiatan penciptaan, pengubahan atau penambahan nilai guna suatu barang disebut?

  1. teknik produksi
  2. analisis gagasan
  3. penjualan
  4. pengemasan
  5. proses produksi

Jawaban: E. proses produksi

Pembahasan: Kegiatan Dalam Penciptaan dan Pengubahan atau Penambahan Nilai Suatu Barang Sering Disebut dengan Apa?

Jawab: Penciptaan dan pengubahan serta penambahan nilai guna dari suatu barang yang siap untuk digunakan seperti kursi, meja dan berbagai jenis barang lainnya. Setiap produk atau barang pasti sudah melewati proses produksi yang dibentuk dari bahan mentah atau bahan setengah jadi diolah menjadi barang siap pakai. Sehingga menanggapi dari pertanyaan judul artikel penciptaan pengubahan dan penambahan nilai guna suatu barang disebut dengan produksi.

Produksi sendiri memiliki pengertian menciptakan sesuatu yang baru dan berwujud produk atai tidak berwujud seperti jasa. Produksi merupakan fungsi yang paling mendasar dari aktivitas manusia yang tumbuh dalam industri modern. Produksi erat kaitannya dengan proses manufaktur tidak hanya dengan mesin dan manusia namun juga dari industri jasa.

Baca Juga : Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah?

Untuk produksi sendiri memiliki beberapa jenis, berikut jenis produksi yaitu:

  • Jenis produksi dalam jangka pendek, jenis ini merupakan kegiatan produksi bisa dengan cara cepat dalam menghasilkan sebuah produk atau barang. Cara instan langsung dapat dinikmati oleh konsumen secara langsung. Produk yang dihasilkan oleh jenis produksi ini sangat mudah ditemukan dikehidupan sehari-hari dan memiliki sifat dasar seperti memenuhi kebutuhan pangan. Contoh dari jenis produksi ini yaitu prosuk cepat saji, makanan seperti roti bakar gorengan, dan makanan ringan lain untuk jajanan.
  • Jenis produksi dalam jangka panjang, jenis ini merupakan kegiatan produksi untuk menyelesaiakn suatu jenis produk memakan waktu dan durasi yang cukup lama. Cotoh dari jenis produksi ini adalah budidaya ikan, ayam, kopi pembangunan atau gedung serta produk yang membutuhkan waktu lama untuk dinikmati konsumen.
  • Jenis produksi yang terus menerus atau produksi yang berkelanjutan. Jenis produksi ini berlangsung terus dan masa kerjanya juga membutuhkan waktu untuk berkelanjutannya. Proses produksi ini menciptakan suatu produk dengan mengubah bahan baku dan menggabungkannya bersama dengan barang atau memperoleh manfaat untuk membantu kinerja. Contoh jenis produksi ini seperti produksi gula, produksi karet, pproduksi plastik, produksi kertas dan sebagainya.
  • Jenis produksi selingan merupak jenis produksi yang memiliki metode dalam menggabungkan beberapa bahan baku sebagai pembentuk untuk menjadi produk baru. Contoh produksi selingan yaitu sepeda motor, mobil, alat elektronik dan produk lain yang memiliki kemiripan metode selingan.

Untuk memaksimalkan penjualan produk kepada konsumen dapat dilakukan dengan mengamalkan beberapa tahap atau metode seperti berikut.

  1. Dengan menggunakan metode forecasting

Agar produksi dapat berjalan dengan maksimal maka dapat menggunakan metode forecasting. Menerapkan metode ini hasil akan lebih banyak didapat dan juga efektif. Metode ini dilakukan dengan cara meprediksi atau meramalkan permintaan pasar di masa yang akan datang dalam melakukan prediksi tidak dilakukan hanya dengan menebak namun menggunakan data history riwayat penjualan sebelumnya. Dengan menggunakan metode ini sudah siap memproduksi barang dengan jumlah yang sesuai dengan permintaan, sehingga stok barang menjadi optimal dan tidak boros.

  1. Mengetahui

    kapasitas produksi

Mengetahui kapasitas produksi yang disanggupi oleh suatu perusahaan akan membuat keuntungan dengan dapat menyesuaikan produk dengan yang terjadi dilapangan. Mengetahui kapasitas akan membantu perusahaan dalam memenuhi pasar yang memiliki target, agar bisa disesuaikan. Jika memiliki hasil lebih rendah dari kapasitas maka ada permasalahan yang terjadi saat melakukan proses produksi, hal ini harus diambil tindakan dengan memeriksa keseluruhan dan menganalisi kesalahan agar dapat diperbaiki.

  1. Menerapkan jadwal pemeliharaan

Proses produksi akan berkaitan dengan alat dan mesin yang digunakan saat pengolahan produk. Mesin yang digunakan memerlukan pemeliharaan dengan konsisten agar dapat bekerja dengan maksimal. Pemeliharaan akan menghindari akan terjadinya kerusakan mesin pada saat proses pengolahan sedang berjalan. Apabila hal ini terjadi akan menghambat proses produksi sehingga tidak bisa memenuhi kapasitas dan target yang ingin dicapai. Sejalan dengan itu cost yang dikeluarkan juga jauh lebih besar. Karena perbaikan akan memakan biaya dan juga waktu yang harusnya digunakan untuk produksi.

Agar proses produksi berjalan dengan baik membutuhkan ketaatan dalam menjalankan metode yang sudah dijelaskan di atas. Untuk mencapai keuntungan dan meghemat proses produksi baik waktu, tenaga dan juga biaya.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu informasi akuntansi yang disajikan harus memiliki kualitas relevan artinyabeserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.