APA ARTI IDGHAM BILAGHUNNAH

Pendahuluan

Hello Sobat INDONEWSID, kali ini kita akan membahas tentang idgham bilaghunnah. Istilah ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, khususnya bagi yang tidak berlatar belakang bahasa Arab atau ilmu tajwid. Namun, jika Anda ingin mempelajari ilmu tajwid secara lebih mendalam, maka Anda harus mengenal istilah ini. Mari kita bahas lebih lanjut!

Pengertian Idgham Bilaghunnah

Idgham bilaghunnah merupakan salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid. Secara harfiah, idgham berarti penggabungan dan bilaghunnah berarti dengan suara serak atau parau. Jadi, idgham bilaghunnah berarti penggabungan dua huruf dengan suara serak atau parau. Dalam ilmu tajwid, terdapat dua jenis idgham bilaghunnah, yaitu idgham bilaghunnah mutamathilin dan idgham bilaghunnah mukhaffafin.

Idgham Bilaghunnah Mutamathilin

Idgham bilaghunnah mutamathilin terjadi ketika dua huruf yang sama bertemu dalam satu kata. Contohnya, kata “kakak” atau “lilik”. Dalam kasus ini, huruf pertama akan digabungkan dengan huruf kedua sehingga terdengar seperti satu suara. Huruf pertama yang digabungkan akan menghilang dan tidak dibaca dengan jelas. Suara yang dihasilkan dari penggabungan kedua huruf tersebut akan terdengar serak atau parau.

Idgham Bilaghunnah Mukhaffafin

Idgham bilaghunnah mukhaffafin terjadi ketika huruf nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ba, mim, waw, ya, lam, sin, syin, dzal atau dhod. Contohnya, kata “sabun” atau “bismillah”. Dalam kasus ini, huruf nun mati atau tanwin akan digabungkan dengan huruf berikutnya sehingga terdengar seperti satu suara. Suara yang dihasilkan dari penggabungan kedua huruf tersebut juga akan terdengar serak atau parau.

Kesimpulan

Dalam ilmu tajwid, idgham bilaghunnah merupakan salah satu hukum bacaan yang harus dipelajari. Terdapat dua jenis idgham bilaghunnah, yaitu idgham bilaghunnah mutamathilin dan idgham bilaghunnah mukhaffafin. Penggunaan idgham bilaghunnah yang tepat akan membuat bacaan kita menjadi lebih lancar dan enak didengar. Demikianlah penjelasan singkat mengenai idgham bilaghunnah. Semoga bermanfaat!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!