pengertian microsoft word dan fungsinya

Lengkap! Pengertian Word dan Fungsinya

Halo semuanya, kali ini saya akan membagikan insight seputar pengertian Microsoft Word dan fungsinya secara ringkas. Simak selengkapnya sekarang juga.

Kalau kamu perhatikan, aplikasi pertama kali yang sering digunakan oleh pemula yang baru saja belajar komputer adalah Microsoft Word. Ada baiknya sebelum menggunakan suatu aplikasi kita harus memahami fungsinya seperti apa. Oleh karena itu baiknya jika kamu pemula silahkan pelajari pengertian Microsoft Word dan fungsinya di bawah ini.

Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya

Tanpa panjang lebar mari langsung kita bahas ya.

Apa itu Micrsofot Word?

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang terdapat pada paket aplikasi Microsoft Office yang dikeluarkan oleh perusahaan raksasa teknologi dunia yaitu Microsoft.

Microsoft Word seringkali disingkat word saja memiliki fungsi untuk mengolah kata atau biasa disebut juga dengan Word Prosesor yang berguna untuk membuat dan mengedit berbagai dokumen, seperti jurnal, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

Fungsi Microsoft Word

Secara lengkap aplikasi Word ini bisa kita gunakan untuk :

Membuat Dokumen

Kita bisa dengan mudah membuat berbagai macam dokumen di Word. Mulai dari yang mudah sampai dengan rumit bisa dibuat di sini.

Mengedit Dokumen

Kita juga bisa melakukan editing pada dokumen yang sudah dibuat atau dari orang lain degan mudah menggunakan aplikasi word ini.

Memformat Dokumen

Format di sini yati kita bisa mengatur jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, footnote, nomor halaman, dan lain sebagainya pada dokumen yang kita buat di Microsoft Word.

Mencetak Dokumen

Setelah dokumen dibuat dan diformat, kita bisa langsung mencetaknya dengan mudah, asalkan ada printernya ya. Hehe

Fitur-Fitur Microsoft Word

Ada banyak sekali fitur-fitur dalam microsoft word ini. Mulai dari yang standar sampai yang jarang digunakan :

Formatting Text

Formatting teks atau paragraf ini contohnya seperti : pengaturan font, perataan teks, pengaturan spasi, penomoran daftar, dan lain sebagainya.

Menyisipkan Objek

Pada fitur ini kita bisa menambahkan berbagai objek seperti : tabel, gambar, bentuk, nomor halaman, dan lain sebagainya.

Layout Dokumen

Di sini kita bisa mengatur : jenis kertas, ukuran kertas, margin, dan lain sebagainya.

Masih banyak fitur lainnya seperti pengecekan ejaan, pengotomatisan kata, dan seterusnya.

Ekstensi File Word

Saat kita membuat dokumen di word secara otomatis akan menghasilkan ekstensi .docx. Meskipun begitu kita bisa menentukan ekstensi lainnya seperti :

  • RTF
  • Doc
  • Pdf
  • Dan lainnya

Kegunaan Microsoft Word

Dengan adanya aplikasi Microsoft Word ini tentu saja kita bisa melakukan pembuatan berbagai dokumen dengan mudah seperti :

  • Membuat berbagai surat
  • Membuat laporan
  • Membuat karya ilmiah seperti makalah dan skripsi
  • Membuat kop surat atau amplop
  • Membuat label untuk undangan
  • Membuat proposal
  • Dan dokumen lainnya

Penutup

Itulah pengertian dan fungsi Microsoft Word yang harus kamu pemula pahami. Untuk materi lengkapnya bisa langsung mengklik materi Microsoft Word yang ada di blog saya. Terima kasih semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *