DOA DAN DZIKIR SHALAT WITIR

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim yaitu shalat witir. Shalat witir merupakan shalat yang dilakukan setelah shalat isya dan sebelum shalat subuh. Pada shalat witir terdapat doa dan dzikir yang sangat penting untuk diucapkan. Maka dari itu, mari kita simak penjelasan selengkapnya tentang doa dan dzikir pada shalat witir.

Doa pada Shalat Witir

Doa pada shalat witir terdiri dari beberapa doa yang harus diucapkan setelah shalat witir selesai. Doa tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Doa 1

“Subhanallahil malikil quddus” (Maha Suci Allah Yang Maha Merajai dan Maha Suci).

2. Doa 2

“Allahumma inna nastainuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nusni ‘alaikal khair, wa nasykuruka wa laa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku man-y yafjuruka. Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘azabaka inna ‘azabaka bil kuf-fari mulhiq” (Ya Allah, kami memohon pertolonganMu, kami memohon ampunanMu, kami beriman kepadaMu, kami bertawakal kepadaMu, kami mohon kebaikan dariMu, kami bersyukur kepadaMu, kami tidak mengingkariMu, kami meninggalkan orang yang durhaka kepadaMu. Ya Allah, hanya kepadaMu kami beribadah, hanya kepadaMu kami bershalawat, hanya kepadaMu kami bersujud, hanya kepadaMu kami berlindung, hanya kepadaMu kami berharap rahmatMu dan hanya kepadaMu kami takut akan siksaMu. Sesungguhnya siksaanMu sangatlah dekat bagi orang-orang yang kafir).

3. Doa 3

“Allahummahdini fiman hadayta wa ‘afini fiman ‘afayta wa tawallani fiman tawallayta wa barik li fima a’tayta wa qini syarra ma qadhayta” (Ya Allah, tunjukilah aku kepada orang yang telah Engkau tunjuki, berikan aku kesembuhan atas orang yang telah Engkau sembuhkan, jadikan aku bergaul dengan orang yang Engkau sukai, berkahilah apa yang telah Engkau berikan kepadaku dan hindarkan aku dari keburukan apa yang Engkau tetapkan).

Dzikir pada Shalat Witir

Selain doa, pada shalat witir juga terdapat dzikir yang sangat penting untuk diucapkan. Dzikir tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Dzikir 1

“Subhanallah” (Maha Suci Allah).

2. Dzikir 2

“Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah).

3. Dzikir 3

“Allahu Akbar” (Allah Maha Besar).

4. Dzikir 4

“La ilaha illallah” (Tiada Tuhan selain Allah).

Kesimpulan

Nah Sobat INDONEWSID, itulah penjelasan mengenai doa dan dzikir pada shalat witir. Semoga informasi ini dapat membantu kita dalam melaksanakan shalat witir dengan benar dan khusyuk. Ingatlah bahwa shalat witir merupakan salah satu bentuk ibadah yang harus kita laksanakan sebagai umat muslim. Mari kita jaga dan istiqomahkan shalat witir kita agar menjadi amalan yang diterima oleh Allah SWT. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.