DOA SHOLAT JUMAT BERJAMAAH

Assalamu’alaikum Sobat INDONEWSID!

Sholat Jumat merupakan sholat yang diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah baligh dan sehat. Sholat Jumat dapat dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau musala terdekat. Sholat Jumat berjamaah memiliki keutamaan yang sangat besar dan merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Bagi Sobat INDONEWSID yang ingin mengetahui doa sholat Jumat berjamaah, berikut ini adalah ulasannya.

Doa pada sholat Jumat berjamaah sebenarnya sama dengan doa yang dilakukan pada sholat lainnya. Namun, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dilakukan setelah sholat Jumat berjamaah selesai. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membaca Istighfar sebanyak-banyaknya

Setelah sholat Jumat berjamaah selesai, sebaiknya Sobat INDONEWSID membaca Istighfar sebanyak-banyaknya. Istighfar adalah memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Dengan membaca Istighfar, Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Selain membaca Istighfar, Sobat INDONEWSID juga dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi setelah sholat Jumat berjamaah selesai. Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki banyak keutamaan. Diantaranya adalah mendapat perlindungan dari fitnah Dajjal.

3. Membaca Doa setelah Sholat Jumat

Setelah membaca Istighfar dan Surat Al-Kahfi, Sobat INDONEWSID juga dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat Jumat. Doa tersebut dapat membantu Sobat INDONEWSID memohon kepada Allah SWT atas segala kebutuhan yang diinginkan. Berikut ini adalah salah satu contoh doa setelah sholat Jumat:

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami dan terimalah sholat kami. Berilah kami rizki yang halal, tenangkan hati kami, jauhkanlah kami dari siksa kubur dan api neraka, dan berikanlah kami tempat di surga-Mu yang penuh kenikmatan.”

4. Membaca Sholawat Nabi

Terakhir, setelah membaca doa setelah sholat Jumat, Sobat INDONEWSID juga dianjurkan untuk membaca Sholawat Nabi. Dengan membaca Sholawat Nabi, Sobat INDONEWSID akan mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Demikianlah doa sholat Jumat berjamaah yang dapat Sobat INDONEWSID lakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi Sobat INDONEWSID untuk selalu beribadah dengan baik dan benar. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan meminta bantuan kepada Allah SWT dalam setiap kesulitan yang dihadapi. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Wassalamu’alaikum