DOA SESUDAH SHOLAT DHUHA

Kenapa Harus Membaca Doa Sesudah Sholat Dhuha?

Hello Sobat INDONEWSID, apakah kamu sering melaksanakan sholat dhuha? Kalau iya, pasti kamu juga sudah tahu bahwa ada doa yang dibaca setelah sholat dhuha, bukan? Namun, apakah kamu tahu kenapa harus membaca doa setelah sholat dhuha? Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilaksanakan setelah matahari terbit hingga menjelang waktu zuhur. Sholat ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan karena banyak manfaatnya, salah satunya adalah bisa menjadi pembersih dosa-dosa yang telah dilakukan sejak pagi. Nah, dengan membaca doa sesudah sholat dhuha, kita bisa memperoleh kebaikan yang lebih banyak lagi. Doa ini bisa menjadi sarana untuk memperbaiki diri dan meminta kebaikan dari Allah SWT. Yuk, simak lebih lanjut mengenai doa sesudah sholat dhuha!

Doa Sesudah Sholat Dhuha

Berikut ini adalah doa sesudah sholat dhuha yang dapat kita baca setelah menyelesaikan sholat:”Allahumma inni as-aluka rizqan tayyiban, wa ‘ilman naafi’a, wa ‘amalan mutaqabbala.”Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima.”Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kebaikan kepada kita, baik dalam hal rezeki, ilmu, maupun amal. Kita juga memohon kepada-Nya agar apa yang kita lakukan diterima dan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Sholat Dhuha

Ada beberapa keutamaan yang bisa kita peroleh dengan membaca doa sesudah sholat dhuha, di antaranya adalah:1. Memperoleh keberkahan dalam rezekiDengan memohon kepada Allah SWT untuk memberikan rezeki yang baik, kita bisa memperoleh keberkahan dalam segala hal yang kita lakukan. Rezeki yang halal dan berkah akan membawa kebahagiaan dan kelancaran dalam hidup.2. Mendapatkan ilmu yang bermanfaatDengan memohon kepada Allah SWT untuk memberikan ilmu yang bermanfaat, kita akan lebih mudah memperoleh pengetahuan yang berguna bagi kehidupan kita. Ilmu yang bermanfaat akan membuat kita lebih bijaksana dan lebih mudah dalam menghadapi berbagai masalah.3. Meningkatkan amal ibadahDengan memohon kepada Allah SWT agar amal kita diterima, kita akan lebih bersemangat dalam beribadah dan beramal shaleh. Amal yang diterima akan menjadi bekal kita di akhirat nanti.

Cara Membaca Doa Sesudah Sholat Dhuha

Doa sesudah sholat dhuha bisa dibaca setelah salam atau setelah membaca tasbih dan tahmid. Cara membacanya adalah dengan mengucapkan kalimat sesuai dengan lafal yang benar. Sebaiknya juga kita memahami arti dari kalimat yang dibaca agar lebih terasa maknanya.

Kesimpulan

Membaca doa sesudah sholat dhuha sangat dianjurkan untuk dilakukan karena banyak manfaatnya. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kebaikan dalam hal rezeki, ilmu, dan amal. Kita juga bisa memperoleh keutamaan dalam segala hal yang kita lakukan. Yuk, jangan lupa untuk selalu membaca doa setelah sholat dhuha agar hidup kita lebih berkah! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!