DOA ZIARAH KUBUR LENGKAP

Salam hangat untuk Sobat INDONEWSID, kali ini kita akan membahas tentang doa ziarah kubur lengkap. Ziarah kubur menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain untuk mengenang orang yang sudah meninggal, ziarah kubur juga dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi yang masih hidup.

Keutamaan Ziarah Kubur

Sebelum membahas tentang doa ziarah kubur lengkap, alangkah baiknya kita mengetahui keutamaan dari ziarah kubur. Ziarah kubur memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah mengingatkan kita tentang ajal yang pasti, mengingatkan kita tentang kehidupan setelah mati, dan mempererat tali silaturahmi antara yang hidup dan yang sudah meninggal.

Waktu yang Tepat untuk Ziarah Kubur

Ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja, namun ada waktu-waktu yang lebih dianjurkan untuk melakukannya. Waktu-waktu tersebut adalah setelah shalat subuh atau setelah shalat ashar. Selain itu, ziarah kubur juga dapat dilakukan pada hari Jum’at atau pada hari-hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Doa Ziarah Kubur Lengkap

Berikut ini adalah doa ziarah kubur lengkap yang dapat Sobat INDONEWSID baca saat melakukan ziarah kubur:1. Membaca Surat Al-FatihahBismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Ar-Rahmanirrahim. Malikiyaumid Din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinassiratal mustaqim. Siratal ladzina an’amta’alaihim. Ghairil maghdhubi’alaihim waladhdhollin. 2. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-NasBismillahirrahmanirrahim. Qul huwallahu ahad. Allahus samad. Lam yalid wa lam yulad. Wa lam yakullahu kufuwan ahad. Bismillahirrahmanirrahim. Qul a’udzu birabbil falaq. Min syarri ma khalaq. Wa min syarri ghasiqin idza waqab. Wa min syarrin naffathati fil ‘uqad. Wa min syarri hasidin idza hasad. Bismillahirrahmanirrahim. Qul a’udzu birabbin nas. Malikin nas. Ilahin nas. Min syarril waswasil khannas. Alladzi yuwaswisu fi sudurin nas. Minal jinnati wan nas. 3. Membaca Doa untuk Orang yang Sudah MeninggalAllahumma ighfir li hayyina wa mayyitina wa shahidina wa gha’ibina wa saghirina wa kabirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaytahu minna fa ahyihi ‘ala’l-Islam wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu ‘ala’l-Iman. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudillana ba’dahu. 4. Membaca Doa untuk Diri SendiriAllahumma inni as’aluka al-‘afiyah fi’d-dunya wa’l-akhirah. Allahumma inni as’aluka al-mu’afah fi dini wa dunyaya wa ahli wa mali. Allahumma astur ‘awrati wa amin raw’ati. Allahumma hfazni min bayni yadayya wa min khalfi wa ‘an yamini wa ‘an syimali wa min fawqi.

Kesimpulan

Itulah doa ziarah kubur lengkap yang dapat Sobat INDONEWSID baca saat melakukan ziarah kubur. Selain membaca doa, kita juga harus memperhatikan adab-adab saat ziarah kubur, seperti tidak berlebihan dalam berduka, tidak mengucapkan kata-kata yang menyakitkan hati orang lain, dan tidak merusak lingkungan sekitar kuburan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah keimanan kita.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya