DOA UNTUK JENAZAH WANITA

Salam sejahtera untuk Sobat INDONEWSID. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang doa untuk jenazah wanita. Ketika seseorang meninggal dunia, sebagai umat Muslim kita dianjurkan untuk mendoakan arwah orang yang telah meninggal. Terlebih lagi jika jenazah tersebut adalah seorang wanita. Berikut ini adalah doa untuk jenazah wanita yang bisa Sobat INDONEWSID amalkan.

Doa Awal

Doa awal yang dapat dilakukan pada saat pertama kali jenazah diletakkan di atas meja adalah sebagai berikut:اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرِنَا وَكَبِيْرِنَا وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَااللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الإِسْلامِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الإِيمَانِاللَّهُمَّ لا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلا تُضِلَّنَا بَعْدَهُArtinya: “Ya Allah, ampunilah orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal, yang hadir dan yang tidak hadir, yang kecil dan yang besar, yang laki-laki dan perempuan. Ya Allah, berilah hidayah kepada orang yang masih hidup di antara kami dengan Islam, dan jadikanlah orang yang telah meninggal di antara kami mati dengan keimanan. Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari pahalanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami setelah dia meninggal dunia.”

Doa untuk Wanita yang Meninggal Karena Sakit

Jika jenazah wanita meninggal karena sakit, maka doa yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ قَبْرَهَا رَوْضَةً مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ، وَأَنْزِلْهَا فِي جَوَارِ النَّبِيِّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَفِّنْهَا بِكَفْنِ الْيَمَانِ، وَأَجْزِهَا مِنَ الْعَذَابِ وَالنَّارِ، وَأَنْتَ أَهْلُ الْوَفَاءِ وَالْحَقِّ فَاغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا، وَأَسْكِنْهَا الْفِرْدَوْسَ الْأَعْلَى مَعَ الْأَنْبِيَاءِ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ، وَقِهَا عَذَابَ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ، وَأَنْتَ حَسَبُهَا وَنِعْمَ الْوَكِيلُArtinya: “Ya Allah, jadikanlah kuburnya sebagai taman-taman surga, dan tempatkanlah ia di samping Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, kafanilah ia dengan kain Yaman, dan bebaskanlah ia dari siksa dan azab neraka. Engkau adalah pemilik kebenaran, maka berilah ampunan dan rahmat pada dirinya. Tempatkanlah ia di Firdaus yang tinggi bersama para nabi, orang-orang shiddiqin, para syuhada, dan orang-orang yang saleh. Lindungilah ia dari siksa kubur dan azab neraka. Engkau adalah pelindung yang sebaik-baiknya.”

Doa untuk Wanita yang Meninggal Karena Kecelakaan

Jika jenazah wanita meninggal karena kecelakaan, maka doa yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِاللَّهُمَّ اجْعَلْ مَثْوَاهَا الْجَنَّةَ وَأَسْكِنْهَا فِي الْفِرْدَوْسِ الْأَعْلَى مَعَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ، وَأَلْهِمْ ذُوِيَّهَا الصَّبْرَ وَالسَّلاَمَةَArtinya: “Ya Allah, ampunilah seluruh umat Islam, yang hidup dan yang sudah meninggal dunia, baik laki-laki maupun perempuan. Jadikanlah kuburnya di surga dan tempatkanlah ia di Firdaus yang tinggi bersama para nabi, orang-orang shiddiqin, para syuhada, dan orang-orang yang saleh. Berikanlah kesabaran dan ketenangan kepada keluarganya.”

Doa untuk Wanita yang Meninggal Karena Usia Tua

Jika jenazah wanita meninggal karena usia tua, maka doa yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:اَللَّهُمَّ ارْحَمْهَا وَاغْفِرْ لَهَا، وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الذُّنُوْبِ وَالْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ مَعَ الصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ، وَأَعِذْهَا مِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِArtinya: “Ya Allah, berilah rahmat dan ampunan pada dirinya, berikanlah kesehatan dan maafkanlah segala dosa dan kesalahannya. Berikanlah kemuliaan pada tempat ia tinggal dan luaskanlah pintu masuknya. Mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkanlah ia dari dosa dan kesalahan seperti kain putih yang dibersihkan dari noda. Berikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya dan pasangan hidup yang lebih baik dari pasangannya. Tempatkanlah ia di surga bersama orang-orang shiddiqin, para syuhada, dan orang-orang yang saleh. Lindungilah ia dari siksa kubur dan azab neraka.”

Kesimpulan

Itulah beberapa doa untuk jenazah wanita yang dapat Sobat INDONEWSID amalkan. Dalam mendoakan orang yang telah meninggal dunia, kita harus selalu mengingat bahwa doa adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap arwah orang yang telah pergi. Semoga doa-doa di atas dapat membantu kita dalam mendoakan kerabat dan saudara yang telah meninggal dunia. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!