BACAAN DOA NIAT PUASA NISFU SYA’BAN

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bacaan doa niat puasa nisfu sya’ban. Puasa nisfu sya’ban adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 15 bulan Sya’ban. Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar, di antaranya adalah mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan dijauhkan dari segala macam penyakit.

Bacaan Doa Niat Puasa Nisfu Sya’ban

Berikut ini adalah bacaan doa niat puasa nisfu sya’ban yang bisa Sobat INDONEWSID amalkan:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ، اللَّهُمَّ طَهِّرْنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُطَهَّرُ الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطَايَايَ كُلَّهَا، إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ، وَاهْدِنِي لِلْخَيْرَاتِ كُلِّهَا، إِنَّهُ لاَ يَهْدِي لِلْخَيْرَاتِ إِلاَّ أَنْتَ، وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ أَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْزُقْنِي حَسَنَ الْخَاتِمَةِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya:

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan dosa-dosaku sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana kain putih yang disucikan dari kotoran. Ya Allah, basuhlah aku dari dosa-dosaku dengan salju, air, dan hujan es. Ya Allah, sucikanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana kain putih yang disucikan dari kotoran. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa-dosaku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Engkau. Beri petunjuklah aku kepada segala kebaikan, karena tidak ada yang dapat memberikan petunjuk kepada kebaikan selain Engkau. Ya Allah, sampaikanlah salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, dan ridhai para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kiamat. Berikanlah aku kebaikan dalam akhir hidupku, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang.

Cara Melaksanakan Puasa Nisfu Sya’ban

Setelah mengetahui bacaan doa niat puasa nisfu sya’ban, Sobat INDONEWSID juga perlu mengetahui cara melaksanakan puasa ini. Berikut ini adalah cara melaksanakan puasa nisfu sya’ban:

1. Puasa dimulai dari matahari terbenam pada tanggal 14 Sya’ban hingga matahari terbenam pada tanggal 15 Sya’ban.

2. Selama puasa, Sobat INDONEWSID diharapkan untuk meningkatkan ibadah, seperti membaca Al-Quran, shalat malam, dzikir, dan lain-lain.

3. Jangan lupa pula untuk bersedekah dan berbuat kebaikan selama puasa nisfu sya’ban. Karena dengan bersedekah dan berbuat kebaikan, pahala yang didapatkan akan semakin besar.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang bacaan doa niat puasa nisfu sya’ban. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat INDONEWSID yang ingin melaksanakan puasa nisfu sya’ban. Jangan lupa, selain melaksanakan puasa, kita juga harus meningkatkan ibadah dan berbuat kebaikan selama bulan Sya’ban. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!