PEMBELAHAN SEL SECARA MITOSIS DAN MEIOSIS

Mitosis

Hello Sobat INDONEWSID! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pembelahan sel secara mitosis dan meiosis. Pembelahan sel adalah proses vital dalam kehidupan sel karena memungkinkan sel untuk berkembang biak dan memperbaharui dirinya sendiri. Pembelahan sel secara mitosis adalah proses pembelahan yang terjadi pada sel somatik atau sel tubuh yang berfungsi untuk memperbanyak jumlah sel tubuh.Pada tahap pertama mitosis, yaitu profase, kromosom-kromosom menjadi lebih terlihat karena telah menebal dan menebal. Setelah itu, pada tahap metafase, kromosom-kromosom tersebut akan berada pada bidang ekuator sel dan siap untuk dipisahkan ke arah kutub sel melalui serangkaian protein yang disebut spindle fibers. Kemudian, pada tahap anafase, kromosom-kromosom itu akan dipisahkan ke arah kutub sel dan akhirnya terbelah menjadi dua inti sel yang identik.

Meiosis

Pembelahan sel secara meiosis terjadi pada sel reproduksi atau gamet. Proses ini terjadi pada fase reproduksi dan menghasilkan gamet yang berbeda dari gamet asal. Meiosis terdiri dari dua tahap pembelahan yaitu meiosis I dan meiosis II.Pada meiosis I, terdapat dua tahap yaitu profase I dan metafase I. Pada profase I, kromosom-kromosom homolog saling berpasangan membentuk bivalen. Kemudian, pada metafase I, kromosom-kromosom homolog tersebut akan berada pada bidang ekuator sel dan siap untuk dipisahkan ke arah kutub sel melalui spindle fibers.Setelah meiosis I, terjadi meiosis II yang terdiri dari profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II. Pada akhir meiosis II, terbentuk empat sel anak yang berbeda dengan setengah jumlah kromosom dari sel asal.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan utama antara mitosis dan meiosis adalah jumlah sel anak yang dihasilkan dan jumlah kromosom di dalam sel anak. Pada mitosis, terdapat dua sel anak yang identik dengan sel asal dan jumlah kromosomnya sama dengan sel asal. Sedangkan pada meiosis, terdapat empat sel anak yang berbeda dari sel asal dan jumlah kromosomnya setengah dari sel asal.Selain itu, pada mitosis, kromosom-kromosom dipisahkan menjadi dua inti sel yang identik pada akhir anafase. Sedangkan pada meiosis, kromosom-kromosom dipisahkan menjadi empat inti sel yang berbeda pada akhir telofase II.

Kesimpulan

Pembelahan sel secara mitosis dan meiosis adalah dua proses vital dalam kehidupan sel yang berfungsi untuk memperbaharui dan memperbanyak diri. Mitosis terjadi pada sel somatik atau sel tubuh dan menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel asal. Sedangkan meiosis terjadi pada sel reproduksi atau gamet dan menghasilkan empat sel anak yang berbeda dari sel asal. Semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami pembelahan sel secara mitosis dan meiosis dengan lebih baik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!