Ketahui Informasi Kapan PKH Cair Tahun 2022 yang Benar

Kapan PKH cair tahun 2022? Kabarnya mulai Februari 2022 ini bantuan sosial PKH dari Kemensos telah siap dicairkan. Berita tersebut dilansir dari laman resmi Kemensos.go.id. bantuan yang akan dicairkan berupa PKh, BST, BPNT.

Program PKH ini dicetuskan pada tahun 2007 yang lalu dan masih berlanjut hingga tahun ini. Program PKH tersebut bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan dan dinilai salah satu program yang cukup berhasil.

Kapan PKH Cair Tahun 2022?

Bagi para penerima PKH sering bertanya kapan PKH cair tahun 2022? Program PKH ini akan menerima bantuan selama 4x dalam setahun dengan dilaksanakan pada tiap triwulan atau tiga bulan sekali.

Pada PKH tahap 1 tahun 2022 ini dikabarkan PKH akan cair pada bulan Februari hingga Maret mendatang, karena sesuai dengan jadwal yang mana PKH tahap 1 akan cair pada bulan Januari, Februari, dan juga Maret.

Namun kepastian cairnya tanggal berapa, hal ini bergantung pada tiap-tiap daerah. Sehingga masyarakat penerima PKH yang belum menerima bantuan pada bulan Januari bisa menunggu giliran pencairan pada bulan Februari atau pada bulan Maret 2022.

Berikut adalah tahapan bansos PKH beserta bulan pencairannya.

1. Tahap 1 yaitu pada bulan Januari, Februari, dan Maret
2. Tahap 2 yaitu pada bulan April, Mei, Juni
3. Lalu Tahap 3 yaitu pada bulan Juli, Agustus, September
4. dan Tahap 4 yaitu pada bulan Oktober, November, dan Desember

Cara Cek Bantuan Sosial PKH

Untuk kepastiannya kapan PKH cair tahun 2022 ini kamu dapat melakukan pengecekan melalui HP. Berikut adalah cara cek PKH lewat Hp.

1. Langkah pertama yaitu kamu harus masuk pada laman resmi Kemensos yaitu cek bansos.kemensos.go.id.
2. Kemudian masukkan alamat lengkap, mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa atau kelurahan tempat kamu tinggal
3. Masukkan nama lengkap yang sesuai dengan KTP yang masih berlaku
4. Lalu klik kolom verifikasi
5. Pilih menu kemudian ‘Klik Data’
6. Di sana akan muncul keterangan perihal nama yang diisikan, apakah nama tersebut termasuk daftar penerima bantuan atau tidak.

Hasil pencairan penerima Bansos PKH tersebut akan muncul yang disertai dengan informasi sejumlah data penting meliputi beberapa hal berikut ini :
● Identitas penerima yang terdiri dari nama beserta alamat lengkap
● Jenis bantuan yang diterima, seperti PKH, BST, atau BNPt
● Progres pencairan bantuan yang diterima
● Status dan juga periode pencairan

Cara Mendaftar PKH 2022

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan PKH, tapi merasa layak menerima bisa mengajukan pendaftaran secara online. Berikut adalah cara daftar Bansos PKH secara online.

1. Mengunduh Aplikasi

Langkah pertama sebelum mendaftar yaitu dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos yang telah dibuat oleh Kemensos. Kamu dapat mengunduh

aplikasi tersebut melalui Google Play store yang ada di ponsel kamu.

2. Mendaftar Akun

Setelah selesai mengunduh aplikasi, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran dengan cara membuat akun ID. Namun sebelum mendaftar alangkah baiknya kamu harus menyiapkan dokumen berupa KK dan juga KTP.

3. Mendaftar Usulan

Untuk mendaftar usulan sebagai penerima Bantuan Sosial PKH, kamu dapat memilih tombol tambah usulan pada aplikasi Cek Bansos, kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Ketika kamu melakukan pengecekan perihal kapan PKH cair tahun 2022 mengalami mengalami kendala, kamu dapat melaporkan pada layanan pengaduan pada nomor whatsApp 08110-1022-210 dengan format Nama Lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat Lengkap (spasi) aduan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.