ADA APA TANGGAL 21 DESEMBER 2021

Menjelang Akhir Tahun 2021

Hello Sobat INDONEWSID! Sudah masuk bulan Desember nih, bulan terakhir dalam tahun 2021. Tentunya banyak hal yang sudah terjadi di tahun ini, baik itu kejadian baik maupun buruk. Namun, bulan Desember ini menjadi bulan yang spesial karena ada sebuah tanggal yang dinantikan oleh banyak orang, yaitu tanggal 21 Desember 2021.

Fenomena Astronomi yang Langka

Pada tanggal tersebut, akan terjadi sebuah fenomena astronomi yang sangat langka, yaitu konjungsi Jupiter dan Saturnus. Apa itu konjungsi? Konjungsi adalah ketika dua planet tampak berada sangat dekat di langit. Konjungsi antara Jupiter dan Saturnus sendiri terjadi setiap 20 tahun sekali, namun pada tahun ini, konjungsi tersebut akan terlihat lebih dekat dan lebih terang daripada sebelumnya.

Penampilan yang Menakjubkan

Pada malam tanggal 21 Desember 2021, kita akan bisa melihat Jupiter dan Saturnus tampak seperti satu bintang terang di langit. Bahkan, beberapa orang menyebutnya sebagai “Bintang Natal” karena kemiripannya dengan kisah kelahiran Yesus. Penampilan ini akan sangat menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Bagaimana Melihatnya?

Untuk melihat konjungsi Jupiter dan Saturnus ini, Sobat INDONEWSID perlu mencari tempat yang terbuka dan tidak terhalang gedung atau pohon. Kemudian, lihatlah ke arah barat-selatan pada malam hari, sekitar jam 18.00 – 19.00 WIB. Jangan lupa membawa kamera atau telepon genggammu untuk mengabadikan momen langka ini.

Bukan Hanya Konjungsi

Tidak hanya konjungsi Jupiter dan Saturnus, pada tanggal 21 Desember 2021 juga terjadi peralihan musim dari musim gugur ke musim dingin di belahan bumi utara dan dari musim semi ke musim panas di belahan bumi selatan. Peralihan musim ini biasanya disebut sebagai solstis.

Perayaan dan Tradisi

Solstis dan konjungsi Jupiter dan Saturnus memang menjadi momen yang sangat spesial dan banyak dirayakan oleh berbagai budaya di seluruh dunia. Beberapa tradisi yang terkait dengan momen ini antara lain membangun monumen batu, menyalakan api unggun, dan melakukan perayaan di luas terbuka.

Bukan Hanya di Tanggal 21 Desember

Tentunya momen langka ini tidak hanya bisa dinikmati pada tanggal 21 Desember 2021 saja. Sobat INDONEWSID masih bisa melihat konjungsi Jupiter dan Saturnus beberapa hari sebelum atau setelah tanggal tersebut. Namun, pada tanggal 21 Desember, konjungsi tersebut akan terlihat paling dekat dan paling terang.

Peringatan dari NASA

Meskipun momen konjungsi Jupiter dan Saturnus ini sangat menakjubkan, NASA memberikan peringatan agar tidak melihat matahari terbenam langsung dengan mata telanjang, karena bisa menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Jangan lupa untuk menggunakan kacamata khusus atau alat bantu lainnya untuk melindungi mata.

Penutup

Itulah beberapa hal yang Sobat INDONEWSID perlu tahu tentang tanggal 21 Desember 2021. Konjungsi Jupiter dan Saturnus yang langka dan peralihan musim menjadi momen yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk bersiap-siap dan mencari tempat yang tepat untuk melihat momen langka ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!