MENGAPA PEMBELAHAN MEIOSIS DISEBUT SEBAGAI PEMBELAHAN REDUKSI

Pendahuluan

Hello Sobat INDONEWSID! Kita semua pasti sudah belajar tentang pembelahan sel, salah satunya adalah meiosis. Meiosis adalah proses pembelahan sel yang terjadi pada sel kelamin yang bertujuan untuk membentuk sel-sel haploid. Namun, tahukah kamu kenapa pembelahan meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Pembelahan Meiosis

Pembelahan meiosis merupakan sebuah proses pembelahan sel yang kompleks dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama disebut dengan meiosis I, di mana terjadi pemisahan kromosom homolog dan menghasilkan dua sel anak yang memiliki setengah jumlah kromosom dari sel induknya. Selanjutnya, pada tahap kedua atau meiosis II, terjadi pemisahan kromatid dan menghasilkan empat sel anak yang masing-masing memiliki setengah jumlah kromosom dari sel induknya.

Pembelahan Reduksi

Pembelahan meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi karena pada tahap meiosis I terjadi reduksi jumlah kromosom dari diploid menjadi haploid. Diploid adalah istilah untuk sel-sel yang memiliki dua set kromosom, sedangkan haploid adalah istilah untuk sel-sel yang hanya memiliki satu set kromosom. Oleh karena itu, pada tahap meiosis I terjadi pemisahan kromosom homolog sehingga menghasilkan sel-sel anak yang memiliki setengah jumlah kromosom dari sel induknya.

Fungsi Pembelahan Meiosis

Pembelahan meiosis memiliki fungsi penting dalam proses reproduksi pada organisme yang berkembang biak secara seksual. Selama pembelahan meiosis, terjadi variasi genetik yang disebut dengan rekombinasi genetik. Rekombinasi genetik terjadi ketika terjadi persilangan kromosom homolog yang menghasilkan kromosom-kromosom baru yang berbeda dari kromosom asalnya. Variasi genetik inilah yang memungkinkan terjadinya adaptasi dan evolusi pada organisme.

Perbedaan dengan Pembelahan Mitosis

Pembelahan meiosis memiliki beberapa perbedaan dengan pembelahan mitosis. Pembelahan mitosis terjadi pada sel somatik dan menghasilkan sel-sel anak yang identik dengan sel induknya. Sel-sel anak yang dihasilkan oleh pembelahan mitosis juga memiliki jumlah kromosom yang sama dengan sel induknya, yaitu diploid. Sedangkan pada pembelahan meiosis, sel-sel anak yang dihasilkan memiliki jumlah kromosom yang hanya setengah dari sel induknya dan terjadi variasi genetik.

Kesimpulan

Secara singkat, pembelahan meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi karena pada tahap meiosis I terjadi reduksi jumlah kromosom dari diploid menjadi haploid. Pembelahan meiosis memiliki fungsi penting dalam proses reproduksi pada organisme yang berkembang biak secara seksual dan memungkinkan terjadi variasi genetik. Perbedaan utama antara pembelahan meiosis dengan pembelahan mitosis adalah terjadinya variasi genetik dan jumlah kromosom yang dihasilkan oleh sel-sel anak.Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat INDONEWSID! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.