ARTI PAOK BAHASA MEDAN

Apa itu Paok?

Hello Sobat INDONEWSID! Kali ini kita akan membahas tentang arti dari kata Paok dalam bahasa Medan. Bagi Anda yang belum mengenal bahasa Medan, mungkin akan sedikit kesulitan dengan kata-kata yang sering digunakan di sana. Paok adalah kata yang sering digunakan di Medan. Lalu, apa arti dari kata Paok?Paok merupakan istilah yang sering digunakan oleh orang Medan untuk menyebut orang yang memiliki wajah bulat dan gemuk. Biasanya, orang dengan ciri-ciri tersebut disebut dengan sebutan “paok”. Namun, seiring berjalannya waktu, kata Paok juga digunakan untuk menyebut orang yang gemuk tanpa harus memiliki wajah bulat.

Asal Mula Kata Paok

Ternyata, asal mula kata Paok berasal dari bahasa Hokkien yang artinya adalah “pao”. Pao sendiri memiliki arti roti atau kue yang memiliki isi daging. Karena roti atau kue tersebut terlihat gemuk karena berisi daging, maka istilah tersebut kemudian digunakan untuk menyebut orang yang gemuk.

Kegunaan Kata Paok

Penggunaan kata Paok sendiri tidak hanya untuk menyebut orang yang gemuk saja. Namun, kata tersebut juga digunakan untuk menyebut sesuatu yang besar atau banyak. Contohnya, “Paok lau nasi gorengnya” yang artinya adalah “Banyak sekali nasi gorengnya”.Selain itu, kata Paok juga digunakan untuk menyebut jenis makanan khas Medan yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Makanan ini biasa disajikan pada saat perayaan Imlek sebagai simbol keberuntungan.

Contoh Penggunaan Kata Paok

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata Paok di dalam kalimat-kalimat:1. “Lihat siapa itu, paok banget wajahnya!”2. “Kamu harus coba makan paok, rasanya enak sekali!”3. “Makannya jangan paok-paok, nanti sakit perut.”

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu arti dari kata Paok dalam bahasa Medan. Kata ini sering digunakan di Medan untuk menyebut orang yang gemuk atau sesuatu yang besar. Selain itu, kata Paok juga digunakan untuk menyebut makanan khas Medan yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Jangan lupa untuk menggunakan kata Paok dengan tepat ya, Sobat INDONEWSID!

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!