KERAJAAN TERTUA DI JAWA

Hello, Sobat INDONEWSID! Kali ini kita akan membahas tentang Kerajaan Tertua di Jawa. Sebagai sebuah negara dengan sejarah yang panjang, Indonesia memiliki banyak sekali kerajaan yang pernah berdiri di berbagai wilayahnya. Salah satunya adalah kerajaan-kerajaan di Jawa, yang termasuk dalam wilayah Nusantara. Berikut ini akan kita bahas tuntas tentang kerajaan-kerajaan tertua yang pernah berdiri di Jawa.

Kerajaan Tarumanegara

Merupakan kerajaan tertua yang pernah berdiri di Pulau Jawa, Kerajaan Tarumanegara diperkirakan berdiri pada abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini terletak di wilayah Priangan, atau yang sekarang lebih dikenal dengan wilayah Jawa Barat. Kerajaan Tarumanegara memiliki pengaruh dari budaya India, terbukti dengan adanya peninggalan-peninggalan Hindu seperti candi dan arca.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai berdiri pada abad ke-4 Masehi dan terletak di Kalimantan Timur. Kerajaan ini dianggap sebagai kerajaan tertua di wilayah Nusantara. Budaya Hindu-Buddha sangat berpengaruh pada kerajaan ini, terbukti dengan adanya peninggalan-peninggalan seperti prasasti dan arca. Kerajaan Kutai juga dikenal sebagai penghasil bijih timah yang cukup besar pada masanya.

Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno berdiri pada abad ke-8 Masehi dan terletak di wilayah Jawa Tengah. Kerajaan ini merupakan hasil dari penggabungan beberapa kerajaan kecil di wilayah Jawa Tengah. Salah satu raja terkenal dari Kerajaan Mataram Kuno adalah Raja Sanjaya, yang berhasil memperluas wilayah kekuasaan kerajaan ini dengan menaklukkan kerajaan-kerajaan di sekitarnya.

Kerajaan Medang

Kerajaan Medang berdiri pada abad ke-8 Masehi dan terletak di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kerajaan ini dikenal sebagai penghasil seni dan budaya yang cukup besar pada masanya, seperti candi-candi yang masih ada hingga saat ini seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Kerajaan Singhasari

Kerajaan Singhasari berdiri pada abad ke-13 Masehi dan terletak di wilayah Jawa Timur. Raja terkenal dari kerajaan ini adalah Ken Arok yang berhasil merebut kekuasaan dari Raja Tunggul Ametung. Pada masa pemerintahan Kertanegara, kerajaan Singhasari mencapai puncak kejayaannya dengan menguasai wilayah Nusantara dan berdagang dengan negara-negara lain.

Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit berdiri pada abad ke-13 Masehi dan terletak di wilayah Jawa Timur. Kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia, dengan wilayah kekuasaan yang mencapai negara-negara sekitar seperti Singapura dan Malaysia. Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya dan menjadi pusat perdagangan dan seni di Asia Tenggara.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai Kerajaan Tertua di Jawa. Sejarah panjang Indonesia yang kaya akan budaya dan peradaban yang pernah ada sebelumnya harus tetap dijaga dan dilestarikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua tentang sejarah Indonesia yang panjang. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat INDONEWSID!