3 JENIS MANUSIA PURBA DI INDONESIA

Hello Sobat INDONEWSID! Kita pasti sudah sering mendengar tentang manusia purba di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan peninggalan purbakala dan sejarah kebudayaan. Di Indonesia, terdapat banyak peninggalan manusia purba yang ditemukan oleh para arkeolog. Nah, kali ini kita akan membahas 3 jenis manusia purba yang pernah hidup di Indonesia. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Pithecanthropus erectus

Pithecanthropus erectus adalah salah satu jenis manusia purba yang pernah hidup di Indonesia. Manusia purba ini ditemukan pertama kali di Sangiran, Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh seorang ahli anatomi Belanda bernama Eugene Dubois. Manusia purba ini hidup sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Pithecanthropus erectus memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan spesies primata lainnya. Mereka juga memiliki postur tubuh yang tegap dan kemampuan berjalan yang sudah baik.

2. Homo erectus

Homo erectus juga salah satu jenis manusia purba yang pernah hidup di Indonesia. Manusia purba ini ditemukan di Sangiran dan juga Trinil, Jawa Timur pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Homo erectus merupakan spesies manusia purba yang hidup sekitar 1,9 juta tahun yang lalu. Mereka memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan Pithecanthropus erectus. Homo erectus juga dikenal sebagai manusia Jawa karena banyak ditemukan di Jawa.

3. Homo floresiensis

Homo floresiensis merupakan jenis manusia purba yang hidup di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Manusia purba ini ditemukan pertama kali pada tahun 2003 oleh sekelompok arkeolog dari Australia dan Indonesia. Homo floresiensis hidup sekitar 95.000 hingga 17.000 tahun yang lalu. Manusia purba ini memiliki postur tubuh yang kecil dan memiliki otak yang lebih kecil dibandingkan dengan manusia modern.

Kesimpulan

Itulah 3 jenis manusia purba yang pernah hidup di Indonesia. Kita harus bangga karena Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah yang sangat berharga bagi dunia. Dengan menjaga peninggalan tersebut, kita juga menjaga warisan kebudayaan nenek moyang kita. Teruslah belajar dan mengeksplorasi sejarah Indonesia, Sobat INDONEWSID. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!