7 bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

Sobat Indonewsid, pernahkah kamu mengalami kesulitan saat ingin menghapus sebuah aplikasi di smartphone kamu? Ya, terkadang ada aplikasi yang tidak bisa dihapus secara langsung dari smartphone. Jika kamu mengalami hal tersebut, tenang saja! Di artikel ini, saya akan memberikan 7 cara mudah untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dari smartphone kamu.

1. Gunakan Aplikasi Cleaner

Aplikasi cleaner merupakan aplikasi yang bertugas membersihkan dan mempercepat kinerja smartphone kamu. Beberapa aplikasi cleaner juga memiliki fitur untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Kamu bisa mencari aplikasi cleaner terbaik di Google Play Store dan menggunakannya untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

2. Gunakan Aplikasi Uninstaller

Selain aplikasi cleaner, ada juga aplikasi uninstaller yang bisa kamu gunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Aplikasi uninstaller juga memiliki fitur untuk membersihkan cache dan file sisa dari aplikasi yang dihapus. Beberapa aplikasi uninstaller yang bisa kamu gunakan adalah Easy Uninstaller, App Master, dan Uninstaller.

3. Hapus Aplikasi melalui Pengaturan

Cara lain untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus adalah melalui pengaturan smartphone kamu. Masuk ke Pengaturan, pilih Aplikasi, cari aplikasi yang ingin dihapus, lalu klik Hapus. Jika aplikasi tersebut tidak bisa dihapus, kamu bisa mencoba untuk membuka opsi Penyimpanan dan menghapus data dan cache aplikasi tersebut.

4. Gunakan Mode Aman

Mode aman adalah mode sementara yang hanya mengaktifkan aplikasi bawaan pada smartphone. Kamu bisa menggunakan mode aman untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Caranya, tahan tombol power hingga muncul menu, lalu pilih opsi Mode Aman. Setelah smartphone berada dalam mode aman, kamu bisa mencoba untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

5. Hapus Aplikasi melalui ADB

ADB (Android Debug Bridge) adalah alat untuk menghubungkan smartphone ke komputer. Kamu bisa menggunakan ADB untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus secara langsung dari smartphone. Caranya, install ADB di komputer, hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB, lalu masukkan perintah adb shell pm uninstall -k –user 0 [nama aplikasi] untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

6. Root Smartphone Kamu

Root smartphone adalah proses untuk membuka akses penuh ke sistem operasi Android. Jika smartphone kamu sudah di-root, kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa proses rooting dapat merusak smartphone dan menghilangkan garansi dari produsen.

7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Titanium Backup, Greenify, dan Link2SD.

Kesimpulan

Sobat Indonewsid, menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus memang bisa menjadi hal yang cukup menjengkelkan. Namun, dengan 7 cara di atas, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dengan mudah dan cepat. Jika kamu masih mengalami kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi smartphone atau service center terdekat. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!