Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server
Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server

Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server

Bisa jadi banyak yang belum mengenali apa perbandingan colocation server serta dedicated server. Buat yang terletak di area IT ataupun dunia website hosting bisa mengetahui  apa perbedaannya, tetapi sepatutnya orang yang pertama memiliki web ataupun mau membuka bisnis online pula butuh mengenali perbedaannya. Sebab dengan mengenali perbedaanya Kamu dapat membuat keputusan yang pas kala nantinya Kamu memiliki bisnis serta memerlukan web yang bisa menampung banyak trafik. Oleh sebab itu pada peluang kali ini kami munkin akan mengulas apa itu perbandingan colocation server serta dedicated server.

Apa Itu Colocation Server?

Colocation server ialah layanan di mana Kalian menaruh server di data center orang lain maupun penyedia layanan colocation server. Jadi Kalian tidak perlu menciptakan bayaran buat membeli infrastruktur ruangan data center dan memperkerjakan ahli IT buat mengelolanya. Biasanya Kalian hanya cukup sajikan server dan penyimpanan dan di serahkan pada penyedia layanan tersebut.

Penyedia layanan colocation server itu hendak sajikan bangunan/ tempatnya, pendingin, tenaga, bandwidth, dan keamanan raga. Jadi Kalian bisa lebih fokus mengatasi bisnis utama Kalian tanpa terbebani kasus IT. Nyatanya manajemen server bisa dikendalikan kepada Kalian seluruhnya apabila Kalian mengambil opsi( unmanaged colo), kecuali apabila layanan yang Kalian ambil ialah managed colo sampai penyedia layanan tersebut hendak membantu mengelola servermu.

Apa Itu Dedicated Server?

Dedicated server merupakan layanan di mana Kamu menyewa server di penyedia hosting, jadi web Kamu mempunyai server spesial buat Kamu sendiri.

Ini menawarkan kekuatan serta fleksibilitas luar biasa, namun umumnya datang  dengan harga premium. Sebab itu, berarti melaksanakan studi buat memilah memakai layanan ini tadinya.

Misalnya, sebagian besar web website mengawali dengan paket shared website hosting tetapi web tumbuh serta traffic besar sehingga shared hosting tidak lagi dapat menanggulangi kemudian lintas yang besar. Opsi Kamu di mari bisa mencakup kenaikan ke Virtual Private Server( VPS) ataupun yang Dedicated Server. Terserah Kamu buat menimbang opsi yang berbeda.

Semacam yang Kamu tahu, shared hosting menaruh web Kamu di server dengan ratusan web yang lain. Buat web individu ataupun bisnis yang sangat kecil, opsi ini lumayan. Tetapi, itu bukan opsi terbaik buat kinerja, serta Kamu pula kehabisan fleksibilitas sebab Kamu tidak bisa mengonfigurasi sendiri( sebab Kamu wajib berbagi resource dengan orang lain).

Di sisi lain, VPS berikan web anda ruang sendiri, terpisah dari web lain, sembari senantiasa berbagi server. Sebab web Kamu diblokir dari pengguna lain, kinerjanya mungkin hendak lebih tidak berubah- ubah. Kamu pula memperoleh sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam perihal bagaimana server Kamu dikonfigurasi.

Tipe paket ini bisa menawarkan kecepatan yang Kamu butuhkan dengan bayaran lebih rendah daripada dedicated server, serta ialah jalur tengah yang baik untuk mereka yang mau tingkatkan. Dedicated server sesuai buat rencana opsi bila Kamu memerlukan energi sangat besar tetapi dengan bayaran yang agak besar dibandingkan VPS. Terlepas dari VPS ataupun dedicated server seluruh tentu mempunyai kelebihan serta kekurangan masing– masing.

Kelebihan Colocation Server

Colocation merupakan layanan menyewa suatu tempat buat meletakkan server di informasi center. Apa itu informasi center? ialah bangunan yang digunakan buat menaruh beberapa server lengkap dengan sarana pendukung yang lain semacam listrik, internet, pendingin ruangan serta lain- lain. Kemudian apa kelebihan colocation server?

Lebih Hemat Biaya

Bayaran yang wajib dikeluarkan lebih hemat dibandingkan membuat informasi center sendiri sebab Kamu wajib menghire teknisi IT, sediakan ruangan, listrik, sistem keamanan standar internasional, pendingin ruangan, internet serta lain- lain. Pasti menemukan bandwidth besar mengalami jauh lebih hemat apabila dibandingkan dengan membuat sendiri.

Teknologi serta Sistem Terstruktur

Memakai jasa colocation server handal bisa ditentukan mempunyai teknologi serta sistem terstruktur. Tercantum dengan permasalahan pemadaman listrik yang seketika. Sehingga pihak penyedia jasa colocation server pasti hendak membayar pembangkit listrik supaya server- server yang dititipkan senantiasa nyaman teraga. Perihal tersebut jelas hendak merepotkan apabila dicoba sendiri.

Kemanan Terjamin

Keamanan server- server industri yang dititipkan hendak terjamin sebab pihak pengelola colocation server Indonesia muncul dengan jaminan keamanan yang besar. Semacam informasi center standar internasional yang tidak sembarang orang bisa masuk serta dilengkapi kunci akses. Sistem keamanan gedung terbaik buat menjauhi kebakaran serta lain- lain.

Tidak Butuh Repot Upgrade Sistem Server

Pihak industri ataupun pelanggan yang menitipkan server nya tidak butuh repot mengupgrade sistem server. Sebab perihal tersebut telah dicoba serta jadi tanggung jawab penyedia jasa colocation server apabila pelanggan memilah opsi teknis managed. Bila pelanggan memilah opsi teknis unmanaged berarti server seluruhnya dikelola serta jadi tanggung jawab pengguna baik itu dalam perihal intalasi, manajemen server, serta lain- lain.

Server 24 Jam Non Stop

Server Kamu hendak senantiasa online 24 jam walaupun Kamu tinggalkan.

Tidak Butuh Tergantung Pada Penyedia Hosting

Sebab Kamu menitipkan server pasti Kamu tidak hendak tergantung pada penyedia hosting. Kamu bisa menginstall sendiri sofware apa saja yang diperlukan.

Tidak Butuh Mempunyai Regu IT

Kamu ataupun pihak industri tidak butuh mempunyai regu pakar IT buat mengurus server- server Kamu. Perihal terpaut pengelolaan server dapat langsung diserahkan kepada pihak penyedia layanan colocation server.

Produktivitas Meningkat

Tidak hanya hemat bayaran serta pula hemat waktu sebab seluruh proses diserahkan langsung pada si pakar, jadi Kamu dapat lebih fokus pada bisnis utama Kamu tanpa repot memikirkan server- server Kamu. Kesimpulannya produktivitas juga bertambah.

Kelebihan Dedicated Server

Dedicated server ialah layanan menyewa server buat web Kamu sehingga 1 server spesial buat web Kamu sehingga sangat sempurna bila web memerlukan resource/ sumber energi besar semacam trafik besar. Tetapi terlebih kelebihannya? cek dibawah ini

Menemukan Akses Penuh Server

Penyedia layanan Dedicated server hendak membagikan hak akses penuh 100% kepada pelanggannya. Dedicated Server pula melepaskan serta mempermudah pengguna bila mau melaksanakan konfigurasi semacam spesifikasi yang diperlukan.

Aman

Nah bila Kamu memakai layanan dedicated server kamu hendak diuntungkan sebab bila terdapat permasalahan ataupun kehancuran hingga Kamu tidak wajib bertanggung jawab. Kehancuran tersebut dibebankan kepada penyedia layanan dedicated server. Jadi Kamu nyaman mengoperasikan dedicated server tersebut.

Efisien, Dapat Remote Server

Kamu bisa mengendalikan server secara remote kapanpun serta dimanapun. Jadi Kamu tidak butuh repot melaksanakan pengawasan pada raga server langsung. Tidak lagi terbebani buat mengelola web.

Tidak Tersendat Kegiatan Lain

Bila Kamu memakai layanan Dedicated Server, Kamu tidak butuh takut hendak tersendat dengan pengguna yang lain. sebab Dedicated Server cuma digunakan oleh 1 orang pengguna saja. Jadi, tidak hendak mengusik kinerja web Kamu terlebih bila seketika jumlah trafik wisatawan bertambah. Dedicated server pula membolehkan Kamu buat mengelola banyak domain di server yang sama. Manajemen web pula terus menjadi optimal sebab Kamu memiliki akses penuh buat mengendalikan server tersebut.

Kesimpulan

Nah seperti itu perbandingan colocation server serta dedicated server. Colocation ialah layanan dimana Kamu menyimpan server di informasi center terbaik penyedia layanan colocation. Sebaliknya Dedicated server merupakan layanan menyewa 1 server cuma buat Kamu. Colocation maupun dedicated memiliki kelebihan serta kekurangan tiap- tiap. Oleh sebab itu memilih layanan yang pas cocok dengan kebutuhan Kamu. Bila Kamu butuh layanan dedicated server terbaik serta colocation server murah kami siap menolong Kamu. Masterweb merupakan salah satu penyedia layanan dedicated server serta colocation server terbaik di Indonesia. Terima kasih telah membaca postingan ini. Mudah- mudahan postingan ini berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.