Pengenalan Firebase Dan Tutorial Pengunaanya
Pengenalan Firebase Dan Tutorial Pengunaanya

Pengenalan Firebase Dan Tutorial Pengunaanya

Pengenalan Firebase Dan Tutorial Pengunaanya

Dengan bermacam- macam teknologi sisi server yang terdapat di pasaran dikala ini, pengembang mempunyai tugas berat buat memastikan tipe backend apa yang sangat sesuai buat aplikasi mereka. Dalam posting ini, kita hendak mengeksplorasi salah satu dari opsi ini dengan nama Firebase, serta seluruh perlengkapan serta layanan yang disediakannya. Firebase merupakan platform pengembangan aplikasi seluler serta website yang sediakan beberapa perlengkapan serta layanan untuk pengembang buat menolong mereka meningkatkan aplikasi bermutu besar, meningkatkan basis pengguna, serta memperoleh lebih banyak keuntungan.

Sejarah Singkat

Kembali pada tahun 2011, saat sebelum Firebase merupakan Firebase, itu merupakan startup yang diucap Envolve. Selaku Envolve, sediakan pengembang dengan API yang membolehkan integrasi guna percakapan online ke web website mereka. Yang menarik merupakan kalau orang memakai Envolve buat mengirimkan informasi aplikasi yang lebih dari semata- mata pesan percakapan. Pengembang memakai Envolve buat menyinkronkan informasi aplikasi semacam kondisi permainan secara real time di segala penggunanya. Ini mendesak para pendiri Envolve, James Tamplin serta Andrew Lee, buat memisahkan sistem percakapan serta arsitektur waktu nyata. Pada April 2012, Firebase terbuat selaku industri terpisah yang sediakan guna real- time Backend- as- a- Service. Sehabis diakuisisi oleh Google pada tahun 2014, Firebase dengan kilat tumbuh jadi raksasa multifungsi dari platform seluler serta website semacam saat ini ini.

Layanan Firebase

Layanan Firebase bisa dipecah jadi 2 kelompok:

Develop&amp test your app

Realtime Database

  • Auth
  • Test Lab
  • Crashlytics
  • Cloud Functions
  • Firestore
  • Cloud Storage
  • Performance Monitoring
  • Crash Reporting
  • Hosting
  • Grow& Engage your audience

Firebase Analytics

  • Invites
  • Cloud Messaging
  • Predictions
  • AdMob
  • Dynamic Links
  • Adwords
  • Remote Config
  • App Indexing

Bimbingan Dasar Metode Memakai Firebase Functions

Melanjutkan seri bimbingan menimpa Firebase, pada firebase terdapat suatu platform bernama Cloud Functions, platform ini digunakan buat melaksanakan kode back- end dibelakang layar, secara otomatis buat merespon sesuatu kejadian yang dipicu oleh interaksi user.

Firebase Cloud Functions sangat bermanfaat bila kita mau membuat guna buat sesuatu interaksi didalam aplikasi, misalnya didalam aplikasi ada sistem follow user semacam Instagram, dikala user A memfollow user B hingga hendak timbul notifikasi pada user B.

Jadi didalam Cloud Functions tersebut kita wajib membuat serta mempraktikkan suatu guna buat mengirim notifikasi antar user, misalnya guna tersebut hendak berjalan yang dipicu bila terdapat interaksi Baca/ Tulis pada Realtime Database, hingga guna tersebut hendak dijalankan dengan permintaan HTTP. Buat lebih jelasnya kamu dapat cek di dokumentasi resminya, cek Disini.

Syntax yang digunakan pada Cloud Functions memakai Node. js, jadi aku sarankan kamu telah menguasai dasar- dasar pemakaian Node. js/ JavaScript. Saat sebelum memakai Cloud Functions. Buat mempraktikkan guna pada Cloud Functions tersebut kita butuh memakai Firebase CLI.

Apa itu Firebase CLI?. Firebase CLI merupakan suatu Platform yang digunakan buat mengelola, memandang serta melaksanakan pelaksanaan project Firebase. Dengan memakai Firebase CLI, kita bisa dengan gampang buat mengelola project tanpa wajib membuka Firebase Console lewat Browser, platform ini pula digunakan buat mempraktikkan kode Node. JS yang bisa digunakan buat mengelola Firebase Cloud Function.

Persiapan:

  1. Siapkan Akun Firebase
  2. Buat Project Baru pada Firebase
  3. Unduh serta Install Visual Studio Code
  4. Unduh serta Install Node. js

Pada bimbingan dasar ini kita hendak belajar memakai Firebase CLI serta membuat program simpel memakai Cloud Functions serta Node. js. Buat itu ayo kita ikuti bimbingan berikut in

Belajar Membuat Program Simpel dengan Firebase Functions

1) Tadinya kamu wajib membuat folder buat menaruh konfigurasi dari Cloud Functions tersebut, misalnya kita berinama” Belajar Cloud Functions“. Bila telah, buka CMD pada pc ataupun laptop kamu, masuk pada folder tersebut yang telah kamu buat sebelunnya, dapat memakai perintah cd ataupun sejenisnya,.

selanjutnya install Firebase CLI, dengan metode mengetikan perintah berikut ini.

npm install -g firebase-tools

2) Berikutnya login memakai akaun Firebase kamu, triknya ketik perintah berikut ini.

firebase login

Bila sukses, hingga pada browser kamu hendak mucul tulisan Firebase CLI Login Sucses

3) Bila tadinya kamu sudah mempunyai project didalam Firebase, kamu bisa memandang catatan project tersebut dengan metode memakai perintah berikut ini.

firebase list

4) Hingga disini kamu sudah sukses menginstal Firebase CLI serta siap buat digunakan, buat mengakses serta installasi konfigurasi Cloud Functions, triknya ketik printah berikut ini.

firebase init functions

Bila terdapat tulisan semacam ini Youre about to initialize a Firebase project in this directory:, kala aja y kemudian Enter.

5) Hingga hendak timbul catatan project Firbase kamu, tentukan project yang hendak diseleksi, kemudian bahasa pemrograman yang hendak digunakan( disini kita memakai JavaScript), selanjutnya ketik y, kemudian Enter, sehabis itu ketik y lagi buat installasi dependencies.

6) Didalam folder yang sudah kita buat, hendak timbul sebagian file konfigurasi dari Cloud Functions, semacam ini.

Buat membuka konfigurasi tersebut kita pakai Visual Studio Code, supaya lebih gampang, ketik perintah berikut ini pada cmd kamu.

code .

Hingga secara otomatis konfigurasi tersebut hendak terbuka pada Visual Studio Code.

7) Buat mengawali pengkodean, buka file index. js yang terletak didalam folder function, pada contoh awal kita hendak membuat program simpel buat menunjukkan Bacaan.

// Import package buat Firebase Cloud Functions

const functions= require( firebase- functions);

// Membuat guna baru bernama( ProgramPertama)

exports. ProgramPertama= functions. https. onRequest(( request, response)=


// Menunjukkan log pada Cloud Function

console. log(" Belajar Firebase Cloud Functions");

// Menunjukkan Bacaan pada Layar

response. send(" Selamat Tiba di indonews- Jogja Apps Developers");

);

8) Jalankan program tersebut dengan menerapkannya pada Cloud Functions, triknya ketik perintah berkut ini.

firebase deploy-- only functions

Bila kamu pengguna Windows serta terjalin error semacam ini.

Buat memperbaikinya, buka file firebase. json, kemudian hapus kode didalamnya serta ganti jadi seperit berikut ini.

 

" functions":

" predeploy":[

" npm-- prefix"% RESOURCE_DIR%" run lint"
]

9) Terapkan kembali konfigurasi tersebut dengan metode mengetikan pertintah semacam tadinya, bila sukses hingga hendak timbul link URL dari program tersebut

10) Akses Link URL tersebut lewat Aplikasi Browser di Komputer kamu, hingga hendak timbul Pesan Bacaan yang sudah kita buat seberlumnya didalam method response. send().

Kemudian buka Fireabse Console, arahkan pada menu Functions, dialam Dasbor hendak timbul nama Guna yang sudah kita buat tadinya, kemudian pada log hendak timbul seluruh aktifikasi yang terjalin pada konfigurasi kita.

Sekian dari aku, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, bila terdapat yang mau ditanyaka, silakan isi kolom pendapat dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.