MALAIKAT YANG BERTUGAS MENYAMPAIKAN WAHYU ADALAH MALAIKAT

Menjadi Malaikat Penyampai Wahyu

Hello Sobat INDONEWSID, tahukah kamu bahwa malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak terlihat oleh mata manusia? Mereka memiliki tugas yang berbeda-beda, antara lain sebagai malaikat penjaga, malaikat pencabut nyawa, malaikat pembawa rezeki, dan yang akan kita bahas kali ini, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu. Wahyu adalah pesan atau informasi dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu disebut dengan malaikat Jibril. Jibril adalah salah satu malaikat yang paling mulia di sisi Allah SWT karena tugasnya yang sangat penting. Tugasnya adalah menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Dia adalah malaikat yang pertama kali menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW, dan dia juga yang mengajari Nabi Muhammad SAW tentang adab dan akhlak yang baik.

Keberadaan Malaikat Jibril di dalam Al-Quran

Dalam Al-Quran, nama Jibril disebutkan sebanyak 4 kali. Nama Jibril pertama kali disebutkan di dalam Surat Al-Baqarah ayat 97, di mana Allah SWT berfirman, “Siapa yang menjadi musuh Jibril, maka sungguh, Jibril telah menurunkan (Al-Quran) itu ke dalam hatimu dengan seizin Allah.” Selain itu, nama Jibril juga disebutkan di dalam Surat Al-An’am ayat 8, Surat An-Nahl ayat 102, dan Surat Al-Isra ayat 85.Malaikat Jibril juga memiliki peran penting dalam peristiwa Isra’ dan Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam peristiwa tersebut, Jibril membawa Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Yerusalem, dan kemudian membawa Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh untuk bertemu dengan Allah SWT.

Kepentingan Malaikat Jibril dalam Islam

Malaikat Jibril memiliki peran yang sangat penting dalam Islam karena tugasnya yang besar sebagai malaikat penyampai wahyu. Tanpa malaikat Jibril, pesan-pesan Allah SWT tidak akan sampai kepada para nabi dan rasul-Nya. Oleh karena itu, kita sebagai umat Muslim harus menghormati dan memuliakan malaikat Jibril serta malaikat-malaikat lainnya yang bertugas melaksanakan tugas dari Allah SWT.

Kesimpulan

Dalam Islam, malaikat Jibril adalah malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Malaikat Jibril memiliki tugas yang sangat penting dalam Islam karena tanpa dia, pesan-pesan Allah SWT tidak akan sampai kepada para nabi dan rasul-Nya. Oleh karena itu, kita sebagai umat Muslim harus menghormati dan memuliakan malaikat Jibril serta malaikat-malaikat lainnya yang bertugas melaksanakan tugas dari Allah SWT.Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!