DOA NIAT BAYAR UTANG PUASA RAMADHAN

Pengertian Utang Puasa

Hello Sobat INDONEWSID, Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Namun, terkadang ada beberapa orang yang tidak mampu untuk menyelesaikan puasanya karena suatu hal. Hal tersebut bisa berupa sakit atau keadaan yang memaksa. Oleh karena itu, munculah istilah utang puasa. Utang puasa harus dibayar dalam waktu yang tidak ditentukan. Apabila tidak dibayar, maka wajib membayar fidyah.

Pengertian Fidyah

Fidyah merupakan pengganti puasa bagi orang yang tidak mampu untuk berpuasa. Fidyah diberikan untuk setiap hari yang tidak terpuaskan puasanya dan hanya diberlakukan pada orang yang benar-benar tidak mampu. Besaran fidyah adalah sebesar 1/3 kilogram makanan pokok yang biasa dikonsumsi dalam satu hari. Fidyah ini harus dibayar kepada orang yang berhak menerima zakat atau sedekah.

Doa Niat Bayar Utang Puasa Ramadhan

Bagi yang memiliki utang puasa, tentunya perlu membayar utang tersebut. Sebelum membayar utang puasa, terlebih dahulu kita harus berniat. Berikut doa niat bayar utang puasa Ramadhan:

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Nawaitu shawma ghodin ‘an thohurin min dzunuubii wa faqrii ‘ilaal-laahil-‘aliyil-‘adziim. Allahumma min syahri ramadhaana alladzii anzalta fiihi alqur’aana hudan linnasi wa bayyinaatin mina alhudaa wal-furqaani fa amiltuhaa ‘ala maa feehi wa nawaytu an ‘aadiya’a maa faata minhaa. Faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa asraftu wa maa anta a’lamu bihii minnii antal-muqoddimu wa antal-mu’akhkhiru laa ilaaha illaa anta. Allahumma innii as-aluka bi-rahmatika allatii wasi’ath kulli syai-in an taghfira lii.

Arti Doa Niat Bayar Utang Puasa Ramadhan

Arti dari doa niat bayar utang puasa Ramadhan adalah:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, aku berniat untuk berpuasa esok hari untuk membersihkan diriku dari dosa dan kefakiran kepada Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Ya Allah, dari bulan Ramadhan yang Engkau turunkan di dalamnya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan-keterangan (yang membedakan antara yang hak dan yang batil), maka aku telah menjalankannya sesuai dengan apa yang terdapat di dalamnya dan aku berniat untuk membayar utang puasa yang belum terbayar. Maka ampunilah aku atas segala yang telah kulakukan di masa lalu dan di masa yang akan datang, yang kulakukan secara terang-terangan maupun yang kulakukan secara sembunyi-sembunyi, yang kulakukan secara berlebih-lebihan atau yang kulakukan secara terbatas. Sesungguhnya Engkau adalah yang paling mengetahui dariku. Ya Allah, sesungguhnya aku meminta rahmat-Mu yang seluas-luasnya agar Engkau berkenan mengampuni dosa-dosaku.”

Keutamaan Membayar Utang Puasa

Membayar utang puasa memiliki keutamaan tersendiri. Berikut beberapa keutamaan membayar utang puasa:

  1. Menyegerakan membayar utang puasa adalah tanda kecintaan kita kepada Allah SWT.
  2. Membayar utang puasa merupakan bentuk taubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.
  3. Dengan membayar utang puasa, maka beban di hati dan pikiran akan berkurang dan merasa tenang.
  4. Menjaga amal baik yang telah dilakukan dan menghindari dosa.
  5. Menjadi pribadi yang lebih baik dan taat kepada perintah Allah SWT.

Bagaimana Membayar Utang Puasa?

Setelah berniat, langkah selanjutnya adalah membayar utang puasa. Berikut cara membayar utang puasa:

  1. Melakukan puasa sesuai dengan jumlah yang belum terbayar.
  2. Membayar fidyah sebanyak 1/3 kilogram makanan pokok yang biasa dikonsumsi dalam satu hari.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang doa niat bayar utang puasa Ramadhan. Janganlah menunda-nunda untuk membayar utang puasa, karena utang puasa harus segera dibayar. Selain itu, membayar utang puasa juga memiliki keutamaan tersendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat INDONEWSID. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.