JUMLAH MALAIKAT ALLAH SWT YANG WAJIB DIKETAHUI UMAT ISLAM ADALAH

Hello Sobat INDONEWSID, dalam agama Islam, kepercayaan terhadap malaikat adalah salah satu dari enam rukun iman. Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya yang tidak memiliki kemampuan untuk berbuat dosa.

Jumlah Malaikat Allah SWT

Jumlah malaikat Allah SWT yang wajib diketahui umat Islam adalah 10 jenis malaikat. Berikut ini adalah jenis-jenis malaikat tersebut:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah malaikat yang bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Beliau juga dikenal sebagai malaikat yang bertugas untuk mengambil nyawa manusia saat ajal tiba.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang bertugas untuk mengatur rezeki manusia. Beliau juga dikenal sebagai malaikat yang bertanggung jawab atas peristiwa alam seperti hujan, petir, dan guntur.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil adalah malaikat yang bertugas untuk meniup terompet pada hari kiamat. Terompet yang ditiup oleh beliau akan menjadi tanda bagi manusia untuk bangkit dari kuburnya dan berkumpul di hadapan Allah SWT untuk dihisab.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail adalah malaikat yang bertugas untuk mencabut nyawa manusia saat ajal tiba. Beliau juga dikenal sebagai malaikat maut.

5. Malaikat Raqib dan Atid

Malaikat Raqib dan Atid adalah malaikat yang bertugas untuk mencatat amal manusia. Malaikat Raqib mencatat amal baik, sedangkan malaikat Atid mencatat amal buruk.

6. Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir adalah malaikat yang bertugas untuk menguji manusia di dalam kubur. Mereka akan menanyakan tentang Rabb, agama, dan nabi yang diimani oleh manusia.

7. Malaikat Harut dan Marut

Malaikat Harut dan Marut adalah malaikat yang bertugas untuk mengajar manusia tentang sihir. Mereka diutus oleh Allah SWT sebagai cobaan bagi manusia.

8. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah malaikat yang bertugas sebagai penjaga pintu surga. Beliau akan menyambut para penghuni surga dan membukakan pintu-pintu surga untuk mereka.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah malaikat yang bertugas sebagai penjaga pintu neraka. Beliau akan menyambut para penghuni neraka dan membukakan pintu-pintu neraka untuk mereka.

10. Malaikat Hafazhah

Malaikat Hafazhah adalah malaikat yang bertugas untuk melindungi manusia dari kejahatan yang ada di dunia. Malaikat Hafazhah selalu berada di sekitar manusia dan selalu melaporkan amal manusia kepada Allah SWT.

Itulah 10 jenis malaikat Allah SWT yang wajib diketahui oleh umat Islam. Dengan mengetahui jenis-jenis malaikat tersebut, umat Islam dapat memperkuat keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Kepercayaan terhadap malaikat adalah salah satu dari enam rukun iman dalam agama Islam. Jumlah malaikat Allah SWT yang wajib diketahui umat Islam adalah 10 jenis malaikat. Setiap malaikat memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Dengan mengetahui jenis-jenis malaikat tersebut, umat Islam dapat memperkuat keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!