Biaya Pembuatan Aplikasi Android Berapakah? Ini Informasinya

Biaya Pembuatan Aplikasi Android Aplikasi menjadi salah satu daya tarik sebuah perusahaan atau bisnis lain dalam upaya memudahkan para konsumen dan pelanggan setianya. Simak penjelasan di bawah ini agar Anda mengetahui seluk beluk serta biaya pembuatan aplikasi Android sebagai referensi dan rancangan di masa depan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Aplikasi Android

Sebelum Anda mempelajari mekanisme serta biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat aplikasi Android, simak poin-poin berikut. Beberapa aspek penting pada uraian berikut ini cukup membantu dalam memperlancar langkah Anda selanjutnya.

Konsep Secara Keseluruhan

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan ketika akan memutuskan membuat aplikasi berbasis Android adalah konsep secara keseluruhan. Aspek tersebut sangat bersinggungan dengan semua sudut usaha yang dijalankan untuk menemukan celah atau akar permasalahan.

Dari permasalahan tersebut akan memunculkan ide serta berbagai solusi alternatif. Hal itulah nantinya yang menjadi dasar konsep dalam membuat aplikasi mobile, sehingga semua masalah dapat tercover dengan baik.

Tujuan Pengembangan

Tujuan pengembangan juga menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum beranjak memikirkan biaya pembuatan aplikasi Android. Pembahasan mengenai tujuan pengembangan menjadi diskusi lanjutan dari konsep yang sudah dibuat.

Baca Juga : Cara Merubah File JPG ke PDF di Android Tanpa Aplikasi

Anda juga dapat menggunakan bantuan pertanyaan sederhana agar lebih mudah dalam memetakan ide dan gagasan. Bagaimana proyeksi pengguna aplikasi tersebut, urgensi pembuatan aplikasi, serta apakah semua permasalahan bisa teratasi melalui aplikasi adalah contoh yang bisa Anda gunakan.

Finansial

Poin selanjutnya yang harus Anda pikirkan dengan baik dan penuh pertimbangan yaitu finansial. Seperti yang diketahui bahwa pembuatan aplikasi membutuhkan banyak modal dan tenaga. Apabila masih menggunakan vendor, biaya dapat naik 2-3 kali lipat, bahkan lebih.

Kalaupun Anda memiliki karyawan sendiri, maka harus cukup bersabar dalam menunggu serta mempelajari prosesnya. Selain itu, staf IT yang memiliki skill dan kompetensi mumpuni juga memiliki nilai gaji cukup tinggi. Oleh karenanya, pastikan finansial perusahaan sudah kuat.

Pengembangan SDM

Setelah finansial dipastikan dalam kondisi aman dan memiliki kapasitas yang cukup, Anda bisa merambah pada aspek pengembangan SDM. Gunakan talenta muda dengan pengalaman mumpuni serta attitude yang baik untuk mengembangkan aplikasi sekaligus bisnis.

Talenta muda lebih disarankan untuk Anda rekrut karena pemikirannya masih luas dan bisa diarahkan dengan mudah. Selain itu, etos kerja dari generasi muda juga besar, sehingga usaha yang Anda jalankan juga lebih cepat dalam mencapai target.

Maintenance

Aspek terakhir yang juga sangat penting dan krusial untuk diperhatikan, yaitu maintenance atau perawatan. Hal ini justru harus Anda perhatikan dengan teliti karena perawatan jauh lebih mahal dibandingkan dengan pembuatan aplikasi itu sendiri.

Mengingat perawatan aplikasi juga mencakup banyak hal, maka pengembangan SDM adalah kunci utama dalam melanjutkan project tersebut. Dengan begitu, walaupun teknisi dan karyawan sudah berganti generasi, bisnis Anda tetap berjalan bahkan terus membaik karena maintenance yang tepat.

Biaya Pembuatan Aplikasi Android

Nominal untuk membuat sebuah aplikasi di Android memang cukup besar. Apabila Anda menggunakan jasa vendor, maka pada umumnya terbagi menjadi 3 macam, yaitu basic, menengah, dan premium. Setiap vendor memiliki standar dan harga yang berbeda-beda tentunya.

Aplikasi Android Sederhana (Basic)

Pilihan pertama adalah aplikasi dengan spesifikasi sederhana atau basic. Sesuai dengan namanya, paket seperti ini hanya memberikan beberapa fasilitas utama yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 5-70 juta menyesuaikan dengan keinginan.

Aplikasi dengan konsep sederhana diperuntukkan untuk pengusaha atau UMKM yang masih dalam proses pengembangan usaha. Walaupun sederhana, Anda tetap mendapatkan keuntungan dari adanya aplikasi tersebut.

Aplikasi Android Kelas Menengah

Aplikasi Android kelas menengah atau standar adalah pilihan terbaik untuk pengusaha dengan bisnis yang sudah punya banyak cabang dan keuntungan. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan juga cukup besar, yaitu berkisar antara Rp 70-700 juta.

Biaya tersebut terbilang sepadan dalam mendongkrak brand supaya lebih dikenal dan memiliki pangsa pasar lebih luas. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena para pelanggan dan konsumen lebih mudah dalam melakukan transaksi.

Aplikasi Android Kelas Premium

Aplikasi kelas premium adalah pilihan tertinggi dengan banyak fasilitas yang terdapat di dalamnya. Hampir semua kebutuhan pelanggan dapat dilakukan melalui satu buah aplikasi saja. Di sisi lain, perusahaan juga lebih mudah dalam memantau semua transaksi dan laporan dari aplikasi tersebut.

Harga yang umumnya ditawarkan untuk aplikasi berjenis premium yaitu mulai dari Rp 700 juta hingga Rp 5 miliar, bahkan lebih. Anda juga akan diberikan banyak kemudahan serta akses khusus apabila menggunakan layanan premium.
Mengapa Biaya Pembuatan Aplikasi Android Mahal?

Apabila menyimak ketiga tipe aplikasi di atas, tentu timbul pertanyaan kenapa harganya begitu mahal untuk aplikasi di smartphone? Ada banyak faktor dan alasan mengapa pembuatan aplikasi membutuhkan banyak biaya. Untuk lebih lengkapnya, simak poinnya di bawah ini.

Realisasi Ide

Faktor pertama tentu realisasi ide yang membutuhkan pemikiran yang matang dan terstruktur. Orang yang menjalankannya harus mempunyai pengetahuan serta skill mumpuni karena harus menyusun ribuan perintah.

Banyaknya Komponen yang Harus Disusun

Aplikasi adalah sebuah sistem yang disatukan dan terdiri dari berbagai perintah dan layanan. Semua fasilitas yang ada di dalamnya berjalan atas coding atau perintah dengan proses pengolahan sedemikian rupa.

Melewati Tahap Uji Coba Berkali-Kali

Pembuat aplikasi juga harus melalui uji coba coding berkali-kali untuk mengetahui keberhasilan dari perintah yang sudah disusun. Selain itu, trial error juga untuk menghindari aplikasi mengalami kerusakan saat digunakan.

Bertanggung Jawab pada Saat Muncul Kendala Atau Kerusakan

Biaya pembuatan aplikasi Android menjadi sangat mahal karena pembuat aplikasi memiliki tanggung jawab atau garansi atas hasil kerjanya. Hal itu dikarenakan para pembuat tentu bisa lebih cepat dalam mengatasi masalah yang timbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *