5 Emulator Aplikasi Android di PC

Beragam aplikasi Android dapat Anda jalankan di PC. Anda akan lebih leluasa memainkan atau mengoperasikan aplikasi tersebut jika menggunakan layar atau sistem yang lebih besar. Penggunaan aplikasi Android di PC membutuhkan yang namanya emulator, berikut adalah penjelasan lebih rincinya.

Mengenal Seputar Emulator

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut mengenai aplikasi Android yang bisa dioperasikan di PC, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu emulator, berikut sistem kerja, serta macam-macamnya. Penjelasan dapat Anda simak dalam uraian berikut:

Pengertian Emulator

Program yang meniru atau mengemulsi program lain disebut juga dengan emulator. Dengan emulator ini, Anda dapat menjalankan aplikasi untuk Android di PC yang seharusnya bukan spesifikasi dari aplikasi tersebut.

Konsep emulator sendiri telah dicetuskan pertama kali oleh IBM. Mereka merancang atau menemukan sebuah program baru untuk jenis perangkat yang lama. Anda dapat menjalankan platform berbasis Android atau iOS di PC hanya dengan mengguakan emulator ini

Sistem Kerja Emulator

Teknik emulsi banyak digunakan oleh berbagai jenis emulator yang ada. Meskipun demikian, apapun tekniknya, maksud atau tujuannya pasti sama yakni dapat meniru pengalaman penggunaan aplikasi. Istilah emulator ini juga berhubungan erat dengan konsep virtualisasi.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android TV Box 2022 Pilihan Terbaik

Emulator Genymotion: Windows, macOS, Linux, dan WEB

Program yang bisa membantu menjalankan aplikasi Android di PC yang pertama adalah genymotion. Salah satu emulator ini sangat tepat untuk dimanfaatkan dalam menguji proyek Android Anda. Genymotion dapat Anda jalankan sebagai aplikasi lokal atau di penyimpanan (Cloud).

Emulator ini tersedia di cloud dan untuk desktop. Jika Anda ingin menggunakannya untuk desktop, Anda dapat melakukan pengunduhan melalui web Genymotion. Aplikasi ini memiliki beragam pilihan yakni gratis dan juga berbayar.

Emulator ini memiliki beragam fitur yang menarik untuk para penggunanya. Di antara fitur tersebut adalah memiliki sensor yang kuat seperti multi touch dan GPS untuk emulator Mac., serta fitur Android yang bisa mengemulsi sekitar lebih dari 3000 konfigurasi perangkat Android.

Selain yang telah disebutkan, emulator Genymotion juga memiliki fitur dengan kompatibilitas piksel definisi tinggi. Emulator ini juga termasuk sebagai emulator terbaik untuk Linux dalam pengujian produk. Pengguna webcam dekstop juga dapat menggunakannya untuk merekam screencasts.

Emulator Bluestacks: macOS dan Windows

Emulator ini cukup populer di kalangan pengguna macOS dan Windows. Program ini dirancang secara khusus untuk para gamer seluler yang ingin memiliki pengalaman bermain game ponsel; di PC. Anda dapat menggunakan mouse dan keyboard ketika mengoperasikan aplikasi Android tersebut.

Seperangkat kontrol preset juga dapat disesuaikan secara penuh dalam emulator jenis ini. Anda dapat menggunakan emulator ini untuk mengekspor pengaturan, sehingga bisa membaginya untuk sesama gamer lain.

Nama emulator ini cukup terkenal karena adanya beberapa fitur yang sangat mendukung bagi para pengguna. Fitur tersebut diantaranya dapat digunakan untuk memainkan game secara bersamaan, serta dapat memutar ulang tampilan aplikasi.

Emulator yang bisa membantu menjalankan aplikasi Android di PC ini juga dapat melakukan screen recording dan video recording. Ketika bermain game dan ingin membuat konten seputar itu, Anda dapat menggunakan emulator ini.

MEmu: Windows

Memu termasuk kategori emulator terbaik Android untuk PC dan sangat mudah untuk dipasang. Emulator ini memberikan dukungan untuk chip AMD dan Intel, serta grafis khusus dan telah terintegrasi.

Emulator ini sangat direkomendasikan untuk Anda karena beberapa fitur seperti opsi pemetaan keyboard dan virtualisasi. Selain itu, emulator Memu juga menawarkan pengaturan keyboard secara khusus untuk bermain game dengan cepat.

Nox Player: Windows dan MacOS

Salah satu emulator yang diakui oleh gamer hampir di seluruh dunia ini dapat Anda operasikan dalam berbagai perangkat. Syarat perangkat yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi ini adalah memiliki multiple functions.

Beberapa fitur dalam Nox Player adalah open keyboard mapping yang dapat berjalan dengan satu klik saja, serta fitur kontrol game pada keyboard dan mouse. Fitur berikutnya dapat Anda manfaatkan untuk merekam operasi kompleks. Fitur yang dimaksud disini adalah perekam makro default.

GameLoop: Windows dan MacOS

Emulator untuk menjalankan aplikasi Android di PC berikutnya ini digunakan untuk aplikasi game. GameLoop termasuk sebagai emulator ideal untuk fungsi tersebut. Emulator ini juga menyertakan berbagai game populer, seperti PUBG Mobile dan Call of Duty: Mobile.

Fitur yang ditawarkan dalam emulator GameLoop adalah dukungan terhadap game seluler PUBG untuk Android. Anda juga bisa menyesuaikan overlay kontrol game PUBG.

Selain itu, emulator ini juga tidak meminta pembuatan akun. Anda tidak perlu melakukan pendaftaran lagi. Aspek lain yang membuatnya diminati banyak gamer adalah emulator GameLoop ini dapat dioperasikan di PC dengan konfigurasi rendah.

PrimeOS: Windows dan MacOS

Emulator ini dirancang dengan baik sebagai perpaduan antara PC dan Android. Penawaran kinerja yang lebih tinggi daripada windows budget system menjadi poin utama dalam emulator PrimeOS.

Selain itu, aplikasi ini mampu memberikan pengalaman karena adanya perpaduan ekosistem Android dengan system interface. Alasan ini juga mempengaruhi banyaknya pengguna program tersebut.

ArChon: Windows, Mac, dan Linux

App Runtime resmi dari Google untuk Chrome package ini memiliki kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi Android sebagai aplikasi dalam ChromeOS. Fitur yang disediakan oleh emulator ini adalah aplikasi yang ringan dan telah terintegrasi dengan Google Chrome.

Aplikasi Android di PC ini juga dapat digunakan dalam semua sistem operasi, game Android, dan berbagai aplikasi yang lainnya. Ini menjadi salah satu keunggulan program tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *