7+ Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Ribet

Tampilan icon aplikasi Android yang sesuai aslinya, membuat sebagian orang merasa bosan. Saat ini, mengganti icon aplikasi di Android, bisa Anda lakukan dengan mudah sehingga tampilan layar menjadi lebih menarik. Inilah cara mengganti icon aplikasi Android yang bisa Anda coba.

Melalui Menu Tema Android Masing-Masing

Cara pertama ini paling mudah dilakukan karena tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengubah tampilan icon. Namun, kekurangan cara ini adalah Anda tidak dapat mengcustom masing-masing icon yang ingin dirubah tampilannya.

Meskipun begitu, cara ini juga bisa membuat tampilan ponsel Anda lebih menarik dan sesuai dengan tema yang diterapkan. Caranya adalah, Anda tinggal membuka menu tema yang berada di ponsel masing-masing dan memilih kategori tema.

Selanjutnya, pada tema tersebut Anda bisa lihat tampilan icon bawaannya dan memilih berdasarkan preferensi. Setelah merasa cocok dengan tema yang disediakan, maka klik terapkan. Dengan begitu, tema dan icon di Android Anda sudah berhasil diganti.

Biasanya, setiap brand Android menawarkan tema gratis dan berbayar. Keduanya berbeda dari segi tampilan dan icon yang ditawarkan. Jadi, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : 5+ Aplikasi Edit Video Android Offline Terbaik Saat ini

Melalui Aplikasi Tambahan

Cara mengganti icon aplikasi Android selain melalui menu tema juga bisa dengan menginstal aplikasi tambahan khusus. Melalui aplikasi pengganti icon Android, memungkinkan Anda membuat tampilan icon sesuai kreatifitas. Berikut ini rekomendasi aplikasi pengubah ikon yang dapat Anda gunakan.

Icon Changer

Aplikasi Icon Changer ini adalah rekomendasi penyedia pengubah icon Androd yang bisa Anda temukan di Playstore. Aplikasi ini baru rilis tahun 2021 dan dibawah developer Mobile Smart Growth. Meskipun tergolong baru aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dengan penilaian 4.5.

Aplikasi ini sayangnya tidak free. Namun hal itu sebanding dengan fitur utamanya yang menawarkan 3000 lebih pilihan icon menarik. Pilihan icon yang disediakan di aplikasi ini juga terdiri dari beberapa tema seperti pemandangan, ilmiah, fiksi dan lain-lain.

Tidak hanya itu saja, melalui aplikasi ini, Anda juga dapat menambahkan widget dan mengganti tema tampilan. Cara mengubah icon dengan aplikasi ini juga mudah dilakukan. Anda tinggal membuka Icon Changer dan mengklik aplikasi yang diubah, lalu pilih jenis icon dan inputkan nama.

Pengubah Icon

Berikutnya, aplikasi yang dapat Anda coba adalah Pengubah Icon. Aplikasi ini hanya berukuran sebesar 15 MB sehingga tidak perlu khawatir memakan banyak ruang penyimpanan. Aplikasi yang ditawarkan oleh Any Studio ini dapat Anda gunakan secara gratis.

Cara mengganti icon aplikasi Android dengan Pengubah Icon ini yaitu pertama buka buka aplikasi yang sudah terinstal. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin diubah dan tentukan gambar ataupun pilihan icon dalam aplikasi ini.

Lalu, Anda tinggal mengetikkan nama di hasil icon yang berhasil diubah. Berikutnya, silahkan kembali ke layar beranda untuk melihat hasil tampilannya. Sayangnya, hasil dari icon yang diubah akan memiliki watermark. Tetapi hal itu dapat diubah dengan fitur widget.

Awesome Icons

Aplikasi pengubah icon berikutnya yang bisa Anda gunakan bernama Awesome Icons. Aplikasi ini berukuran kecil sekali hanya sebesar 2 MB saja. Awesome Icons ini ditawarkan oleh Momo Apps dan jumlah pengunduhnya lebih dari 1 juta pengguna.

Aplikasi ini dapat berfungsi minimal di ponsel dengan OS minimal Android 8.0. Fitur yang dimiliki aplikasi ini meliputi personalisasi icon sesuai kesukaan, memilih icon dari galeri, menyesuaikan label nama dan lain sebagainya.

Ume Icon Changer

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk mengubah icon aplikasi Android adalah Ume Icon Changer. Aplikasi yang bisa Anda unduh di Playstore ini menawarkan kemudahan dalam mengubah icon dan mengganti nama aplikasi.

Cara mengganti icon aplikasi Android di Ume Icon Changer bisa dengan mudah dilakukan, dan tentunya tidak berbayar. Karena versi free tentunya didalamnya terdapat iklan-iklannya.

Cara mengganti icon di aplikasi ini tanpa watermark diawali dengan menekan layar kosong di bagian home untuk membuka widget. Selanjutnya, Anda tinggal meletakan widget Home Icon Changer di halaman utama. Dengan begitu Anda dapat membuat icon tanpa ada watermark di hasil akhirnya.

Nova Launcher

Selanjutnya, aplikasi yang dapat Anda coba adalah Nova Launcher. Aplikasi ini mampu membantu Anda membuat tampilan icon dan tema menjadi lebih menarik dan fresh. Fitur yang disediakan di aplikasi cukup banyak, meskipun ukuran aplikasinya hanya sebesar 6 MB.

Fitur dalam aplikasi Nova Launcher meliputi icon tema custom, mode malam dan siang, icon layout, dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi yang dibuat oleh developer TeslaCoil Software ini dapat berfungsi di Android 8.0 dan di atasnya.

X Icon Changer

Rekomendasi aplikasi pengganti icon aplikasi di ponsel Android yang bisa Anda pertimbangkan juga adalah X Icon Changer. Aplikasi ini sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna. Ukuran aplikasi ini juga tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan, karena hanya sebesar 14 MB.

Menggunakan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah memilih dan mengganti icon sesuai selera. Cara mengganti icon aplikasi Android di X Icon Changer langkahnya kurang lebih sama dengan aplikasi lainnya. Pastikan Anda sudah membuka aplikasi ini dan menentukan aplikasi yang ingin diubah.

Berikutnya, Anda tinggal memilih icon atau gambar yang ingin digunakan. Anda dapat menentukan pilihan gambar dari galeri ataupun hasil download untuk icon aplikasi. Jika tidak ingin mencari gambar sendiri, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan gambar icon yang ada dalam aplikasi tersebut.

Namun untuk beberapa tipe Android selain Samsung, pada hasil akhir dari icon yang diubah terdapat tanda watermark. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan fitur widget di Android Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *