7 Aplikasi Scanner Di Android Terbaik

Memindai dokumen dalam bentuk PDF atau yang biasa disebut dengan scan, sekarang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan ponsel Android. Aplikasi scanner di android berikut ini akan memudahkan Anda dalam memindai dokumen yang dibutuhkan.

Adobe Scan

Nama aplikasi scanner ini memang sudah tidak asing lagi. Adobe Scan adalah aplikasi pemindai dokumen yang dikeluarkan oleh Adobe, salah satu kreator format PDF untuk dokumen digital. Aplikasi ini bisa digunakan dengan memanfaatkan kamera HP untuk diubah dalam bentuk PDF.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Scan ini adalah, sudah terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya. Katakanlah seperti Adobe Acrobat dan Adobe Fill & Sign. Hal ini akan memudahkan Anda ketika akan mengekspor dokumen ke dalam format lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Selain itu, dengan Adobe Sdan ini, Anda bisa melakukan pengeditan pada dokumen, meskipun format file sudah dalam bentuk PDF. Misalnya seperti keperluan editing untuk memberikan keterangan pada dokumen, membubuhkan tanda tangan dan juga pengeditan lainnya.

Abbyy FineReader PDF

Abbyy FineReader PDF ini merupakan aplikasi scanner di android yang istimewa. Bagaimana tidak, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan banyak hal untuk dokumen. Termasuk misalnya menambahkan tanda tangan, catatan dan lain-lain.

Aplikasi ini memiliki fitur canggih yang bisa digunakan untuk untuk memindai teks dalam dokumen dalam kurang lebih 193 bahasa. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis format file, seperti DOCX, PDF, maupun TXT.

Bukan itu saja, Abbyy FineReader PDF juga memiliki fitur baru yang disebut Book Scan. Fitur ini bisa digunakan untuk mendigitalkan buku dengan mudah. Fitur ini sangat menguntungkan, karena memindai buku tidak lagi harus dilakukan per lembar, tetapi bisa langsung satu buku.

Genius Scan

Apabila Anda sering mengeluh karena hasil scan pada dokumen tidak terbaca dengan jelas, maka bisa mencoba aplikasi Genius Scan ini. Dengan fitur yang dimiliki, hasil scan pada dokumen dengan aplikasi ini akan terlihat seperti aslinya.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini diantaranya adalah fitur ekstra berupa peningkatan kualitas dokumen yang telah dipindai. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hasil scan yang tidak terbaca, yang tentunya akan merugikan penggunanya.

Genius Scan juga mendukung penyimpanan dokumen dalam berbagai format. Diantaranya ada DOCX, TXT, CLS, PDF, dan dalam bentuk JPG. Dokumen yang sudah dipindai juga bisa langsung diunggah pada Google Drive, OneDrive, dan Dropbox.

SwiftScan

Aplikasi scanner di android yang juga bisa memberikan hasil yang memuaskan adalah SwiftScan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pemindaian pada dokumen secara cepat dan mudah, serta hasil yang didapatkan maksimal.

SwiftScan sudah dilengkapi dengan fitur untuk peningkatan kualitas dokumen, sehingga hasil pemindaian bisa lebih jelas terbaca seperti dokumen aslinya. Swift Scan juga bisa digunakan untuk memindai berbagai dokumen seperti kwitansi, tulisan di papan tulis, kartu nama, dan sebagainya.

Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur untuk memotong atau memangkas hasil pemindaian. Dokumen bisa disimpan dalam bentuk PDF dan JPG, serta hasilnya bisa dibagikan menggunakan sejumlah layanan penyimpanan cloud yang sudah populer.

Cam Scanner

Aplikasi yang satu ini juga sudah cukup terkenal dan digunakan oleh ribuan bahkan jutaan pengguna. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan mengubah kamera Android menjadi kamera pemindai dokumen.

Jenis dokumen yang bisa dipindai dengan aplikasi ini juga bermacam-macam. Mulai dari dokumen tanah, identitas, kuitansi, hingga dokumen berupa foto. Hasil scan bisa disimpan dalam bentuk PDF dan JPG, serta bisa diunggah ke berbagai layanan penyimpanan cloud.

Camscanner juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk editing. Misalnya untuk memberi anotasi dan watermark, bisa juga untuk menambahkan passcode, sehingga dokumen tersimpan dengan aman. Bagi pengguna akun premium, bisa menikmati fitur lebih banyak lagi.

Office Lens

Office Lens adalah aplikasi scanner di android yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, meskipun bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Salah satu kelebihannya adalah aplikasi ini benar-benar bebas iklan.

Office Lens juga mendukung penyimpan file dalam berbagai format. Hasil pemindaian bisa disimpan dalam bentuk PDF, Word, dan Power Point. Selain itu, hasil pemindaian bisa langsung disimpan pada OneNote dan OneDrive. Ini tentu akan memudahkan Anda.

Office Lens juga didukung dengan berbagai bahasa asing. Di antaranya ada bahasa Jerman, Spanyol, dan bahasa Cina. Dengan demikian aplikasi ini bisa digunakan untuk memindai dokumen dengan berbagai bahasa tersebut.

Clear Scan

Aplikasi yang juga cukup bagus dan direkomendasikan untuk mendapatkan hasil scan dokumen yang bagus adalah Clear Scan. Karena kualitasnya, aplikasi ini juga sudah digunakan oleh ribuan bahkan jutaan pengguna ponsel Android.

Banyak fitur menarik yang dimiliki aplikasi ini. Di antara fitur tersebut adalah proses pemindaian yang sangat cepat, serta hasil pemindaian yang bersih, jelas, seperti dokumen asli. Aplikasi juga didukung dengan penyimpanan di berbagai cloud, seperti Google Drive, OneDrive, dan Dropbox.

Dokumen hasil pemindaian pun bisa disimpan dalam berbagai format seperti PDF dan JPG. Pada hasilnya bisa juga dilakukan pengeditan seperti menambahkan tanda tangan, menambahkan teks, serta pemotongan. Aplikasi ini juga cukup ringan, sehingga tidak memenuhi ruang penyimpanan.

Banyak aplikasi scanner di Android yang bisa digunakan secara gratis. Tetapi, Anda juga harus bisa memilih aplikasi scanner yang bagus, yang bisa memberikan hasil pemindaian sesuai yang diharapkan. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kecewa dengan hasil scan yang didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *