Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Setiap aplikasi yang terpasang di Android tentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya masing-masing. Sebagai pengguna yang mendapati aplikasinya tidak bisa dibuka, tentu Anda ingin tahu solusi dan penyebabnya. Berikut ini cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Sebelum mencari solusi yang pas, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab aplikasi tersebut tidak bisa dibuka. Mengenali penyebabnya di awal membuat Anda lebih mudah dalam menentukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Jaringan Internet

Terkadang, penyebab aplikasi tidak bisa dibuka bisa dikarenakan jaringan internet tidak stabil. Namun, hal ini harus Anda pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui kebenarannya.

Cara mengeceknya gampang, Anda tinggal membuka aplikasi lainnya dengan tetap menyalakan jaringan internet. Apabila aplikasi lainnya bisa dibuka dan beroperasi secara normal, maka penyebab aplikasi tidak bisa dibuka bukan karena hal ini.

Ruang Penyimpanan Penuh

Ruang penyimpanan yang penuh juga bisa menjadi penyebab performa ponsel menurun sehingga aplikasi tidak bisa dibuka. Baik itu penyimpanan internal maupun eksternal, jika kapasitasnya hampir penuh hal tersebut membuat ponsel tidak bisa bekerja secara normal.

Sampah Cache Penuh

Setiap aplikasi yang terinstal dan digunakan di Android mempunyai cache. Apabila Anda tidak sering melakukan pembersihan cache membuat aplikasi loading lama saat dibuka dan berakhir aplikasi gagal dibuka.

Bug Aplikasi

Baca Juga: Aplikasi Ubah Foto Jadi Pengantin Unduh Disini

Selanjutnya, aplikasi yang mendadak tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan oleh bug dari aplikasi itu sendiri. Bisanya, pihak pemilik aplikasi merilis versi baru untuk mengatasi bug yang mengganggu pengoperasian aplikasi di Android.

Beberapa Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Setelah mengetahui permasalahan aplikasi menjadi tidak bisa dibuka, Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini untuk memulihkannya agar bisa diakses.

Mengganti Jaringan Internet

Ketika dilakukan pengecekan dan ternyata penyebabnya adalah dari koneksi internet, hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti koneksi. Anda dapat menyambungkan ke Wifi maupun mengganti paket data provider lain.

Melonggarkan Ruang Penyimpanan

Selanjutnya, hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka yaitu dengan melonggarkan ruang penyimpanan. Anda bisa memilih menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan dan jarang sekali digunakan.Cara ini akan membuat ruang penyimpanan lebih longgar sehingga tidak mengganggu kinerja aplikasi dalam Android.

Melakukan Pembersihan Cache

Aplikasi yang tidak bisa dibuka selain karena penyimpanan penuh, juga diakibatkan oleh menumpuknya cache. Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android apabila mengalami hal ini adalah dengan menghapus cache di masing-masing aplikasi secara manual.

Selain menghapus secara manual, membersihkan cache juga bisa Anda lakukan dengan menginstal aplikasi pembersih untuk Android. Anda dapat menemukan aplikasi cleaner Android dengan mudah dan gratis di Playstore.

Melakukan Update Aplikasi

Ketika ruang penyimpanan masih longgar dan Anda rajin membersihkan sampah cache, besar kemungkinan permasalahan yang datang karena aplikasi tersebut. Hal yang bisa Anda tempuh untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan update aplikasi ke versi terbaru.

Mengupdate aplikasi ke versi baru ini bisa memperbaiki bug maupun kekurangan lainnya. Cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan dan hanya memerlukan modal jaringan internet stabil. Selanjutnya, Anda tinggal pergi ke Playstore dan klik update di aplikasi yang bermasalah.

Menginstall Ulang Aplikasi

Apabila Anda sudah mengupdate aplikasi ke versi terbaru namun tidak bisa dibuka, maka hal yang bisa dilakukan adalah melakukan pencopotan dan install ulang. Dengan menginstall ulang aplikasi otomatis data-datanya akan ke reset dan kembali seperti baru.

Setelah melakukan pencopotan aplikasi Anda tinggal membuka akun playstore dan mencari aplikasi yang ingin di install ulang. Hal yang perlu diketahui apabila memakai cara ini adalah terjadinya kehilangan data.

Melakukan Pembaruan Sistem Android

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android selain seperti penjelasan di atas yaitu dengan melakukan pembaruan sistem. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan dan terbilang efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Caranya yaitu pertama Anda perlu mengakses pengaturan di Android, kemudian pilih bagian pembaruan sistem. Setelah itu, akan muncul tampilan informasi mengenai versi sistem yang digunakan juga informasi update sistem apabila tersedia versi terbaru.

Ketika menemukan update sistem terbaru, maka pilihlah menu tersebut untuk melakukan pembaruan. Jangan lupa pastikan ruangan penyimpanan tersedia dan jaringan internet Anda stabil ketika melakukan pembaruan sistem.

Melakukan Reboot

Apabila mencoba beberapa cara di atas namun aplikasi tetap tidak bisa dibuka maka Anda bisa melakukan reboot. Melakukan reboot ini berfungsi untuk merefresh sistem Android sehingga dapat bekerja secara optimal.

Anda cukup melakukan reboot minimal satu bulan sekali agar performa sistem operasi bisa berjalan lancar. Cara ini mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan waktu lama maupun jaringan internet. Melakukan reboot artinya mematikan ponsel Android dan melepas komponennya dalam beberapa menit.

Mengembalikan Android ke Pengaturan Pabrik

Terakhir cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android adalah dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Cara satu ini dapat Anda tempuh apabila aplikasi yang tidak dapat dibuka di Android hampir semuanya.

Bisa jadi permasalahan tersebut datang dari Android Anda bukan dari aplikasinya. Mengembalikan Android ke pengaturan pabrik ni dapat menghilangkan semua data baik yang di aplikasi maupun di penyimpanan lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan backup data agar tidak kehilangan data-data penting. Anda bisa membackupnya secara online melalui Google Drive maupun dengan memindahkan data ke ponsel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *