Asuransi Mobil Garda Oto: Pilihan Produk dan Cara Klaim

Asuransi mobil dari Garda OTO dapat menjadi pilihan jika ingin me untuk kendaraan Anda. Hal ini dikarenakan keberadaan mobil sangatlah penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Berikut ini ulasan mengenai asuransi mobil Garda Oto untuk menjadi bahan pertimbangan Anda.

Asuransi Garda Oto

Garda Oto merupakan salah satu produk andalan asuransi Astra Buana. Visinya adalah memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap kendaraan bermotor baik roda 4 ataupun 2. Eksistensinya sendiri telah dikenal sejak tahun 1995.

Garda Oto menyediakan 2 jenis layanan perlindungan yang meliputi asuransi All Risk dan All Total Loss Only. Selain itu, Garda Oto juga menawarkan jenis asuransi perluasan yang dapat ditautkan. Asuransi ini akan memberikan tingkat perlindungan terbaik untuk Anda.

Baca Juga : Aplikasi Asuransi RajaPremi, Pilihan Tepat untuk Asuransi

Pilihan Perlindungan

Sebagaimana disebutkan, Garda Oto menawarkan 2 pilihan perlindungan bagi mobil Anda, yaitu Comprehensive dan juga Total Loss Only (TLO).

Comprehensive

Comprehensive memiliki arti keseluruhan. Dengan begitu pilihan ini dapat dikatakan sebagai perlindungan terhadap keseluruhan risiko. Dalam premi ini, Garda Oto akan membayarkan ganti rugi atas semua jenis kerusakan. Syarat maksimal usia mobil untuk pilihan ini adalah 8 tahun.

Kerusakan yang dimaksud dapat berupa kerusakan ringan, berat, dan termasuk kehilangan. Katakanlah seperti kerusakan sebagian atau keseluruhan pada mobil yang diakibatkan oleh benturan, kebakaran, perbuatan jahat, atau kecelakaan lainnya.

Namun, bagi Anda yang menginginkan perlindungan asuransi mobil Garda Oto yang lebih optimal, maka sertai dengan memilih dan menambahkan jenis asuransi perluasan.

Asuransi perluasan yang ditawarkan Garda Oto meliputi kerusakan akibat kerusuhan dan huru-hara. Demikian juga dengan kerusakan akibat bencana alam seperti banjir, badai, angin topan, dan tanah longsor.

Anda juga mendapat jaminan kerusakan pada mobil yang diakibatkan oleh bencana alam gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi. Selain itu, terdapat pilihan perlindungan dari tanggung jawab pihak ketiga. Jaminan ini meliputi penggantian atas tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga.

TLO

Total Loss Only (TLO) ganti rugi biaya perbaikan sebesar 75% atau lebih dari harga mobil sebelum kerugian. Pilihan perlindungan ini juga menjamin kerugian jika mobil Anda hilang karena dicuri. Usia Maksimal mobil syaratnya adalah 15 tahun.

Pengecualian Perlindungan

Asuransi mobil Garda Oto tidak menjamin kerugian atau kerusakan mobil karena menarik ataupun mendorong sesuatu, dan kelebihan muatan. Demikian juga kerugian karena penggelapan dana, hipnotis, ataupun penipuan juga tidak ditanggung.

Asuransi juga tidak menanggung kerusakan karena mobil digunakan untuk belajar mengemudi. Demikian juga kerusakan akibat barang bawaan mobil seperti zat kimia. hingga kerusakan atau kehilangan mobil karena perbuatan jahat kerabat pun tidak ditanggung.

Selain itu, asuransi juga tidak juga menjamin perbaikan atas tanggung hukum terhadap pihak ketiga yang mana kerusakannya karena kerusuhan ataupun bencana alam.

Perusahaan juga tidak menjamin ganti rugi atas kerusakan yang dilakukan secara sengaja. Tidak juga menjamin kerusakan yang disebabkan oleh pengemudi tanpa sim, pengemudi mabuk, dan yang melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Ketentuan juga berlaku pada perbaikan mobil yang tidak layak jalan akan tetapi tetap digunakan secara paksa. Kerugian yang tak ditanggung asuransi juga meliputi kerusakan pada perlengkapan tambahan seperti ban dop, velg, kunci, ataupun benda yang tidak melekat lainnya.

Tahapan Klaim

Untuk tahapan klaimnya, pertama adalah membuat laporan kejadian, dan lakukan submit laporan kerugian menggunakan di aplikasi Garda Mobile Otocare. Laporan kejadian tersebut dapat Anda isi di menu “Garda Oto”.

Berikutnya, akan dilakukan survei pada mobil oleh surveyor. Surveyor merupakan pihak ketiga yaitu lembaga investigasi independen yang diberikan kuasa oleh perusahaan. Survey ataupun pengecekan dilakukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kerusakan pada kendaraan pun akan diperiksa, dan ditentukan rencana perbaikan. Setelah hasil survei diproses, berikutnya akan terbit Surat Perintah Kerja untuk bengkel.

Dokumen yang diperlukan

Pada saat melakukan klaim kerusakan sebagian (partial loss) di asuransi mobil Garda Oto, maka Anda perlu melengkapi beberapa dokumen. Dokumen tersebut diperlukan sebagai salah satu syarat pengajuan klaim, dan untuk dilakukan verifikasi data.

Dokumen yang dibutuhkan diantaranya foto asli STNK mobil, foto SIM asli pengemudi mobil pada saat kejadian, foto KTP asli pemegang polis, Surat Keterangan dari Kepolisian setempat apabila melibatkan pihak ketiga atau pun akibat perbuatan jahat.

Apabila terjadi kerugian mobil milik pihak ketiga, maka sertakan Surat Tuntutan dari pihak ketiga, KTP asli pihak ketiga, STNK asli pihak ketiga, SIM asli pihak ketiga, serta Surat Keterangan dari Kepolisian setempat.

Apabila terdapat tuntutan dari pihak ketiga dengan kerugian bukan berupa mobil maka diperlukan, surat tuntutan dari pihak ketiga, KTP asli pihak ketiga, Surat Keterangan Kepolisian setempat, dan rincian kerugian asli dari pihak ketiga.

Sedangkan jika terdapat korban meninggal dunia sertakan dengan bukti visum rumah sakit ataupun surat kematian.
Sementara itu, dokumen yang diperlukan untuk melakukan klaim kerusakan total Total Loss meliputi SIM asli pengemudi pada saat kejadian, STNK asli, KTP asli pemegang polis, dan Surat keterangan dari kepolisian setempat.

Apabila kerugian diakibatkan oleh hilangnya mobil maka diperlukan “Surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang” dari Polda setempat, Surat blokir STNK, formulir ketersediaan untuk disurvei, dan Formulir Interview Kerugian.

Setelah klaim disetujui, Anda akan diminta untuk melengkapi dokumen tambahan diantaranya BPKB & faktur asli, Buku KIR asli (jika ada), dan 3 lembar kuitansi yang sudah ditandatangani.

Jika kerugian akibat mobil hilang, lengkapi dengan Surat Kuasa Pencabutan Blokir, Surat Abandonment (Penyerahan Hak Milik), Kunci kontak asli & cadangan.

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu pihak asuransi mobil Garda Oto melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diserahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.