aplikasi kompres video android

10 Aplikasi Kompres Video Android yang Banyak Digunakan

Aplikasi kompres video Android semakin banyak macamnya saat ini. Semakin banyak pengembang yang berhasil merilis perangkat lunak berkualitas dengan user interface ramah bagi pemula.

Hasil pengembangan tersebut memberi angin segar bagi konten kreator yang suka eksis di media sosial. Semula mengupload video original sendiri cukup kesulitan karena bandwidth serta ukuran terbatas.

Kondisi tersebut menyebabkan proses upload lemot bahkan tidak dapat dilakukan. Contoh mengirim ke WA yang hanya dibatasi maksimal 16 MB, sedangkan ukuran file lebih dari itu. Disinilah diperlukan aplikasi kompres video.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Mengedit Video di Android Hasil Video Maksimal

10 Aplikasi Kompres Video Android

Tahun ini ada beberapa aplikasi terpopuler yang paling banyak digunakan di Android. Anda bisa juga mendownloadnya terlebih dahulu, dengan memilih mana paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan. Berikut daftarnya.

1. Video Transcoder

Video Transcoder bisa dengan mudah Anda temukan melalui Google playstore karena popularitasnya. Selain itu juga rating video transcoder sebagai salah satu aplikasi kompres video android berkualitas.

Dengan video transcoder, file yang Anda miliki dapat diubah menjadi berbagai format. Digunakan program open source FFmpeg untuk mentranskode file video dari satu format ke format lainnya.

Tersedia informasi detail file dan pengaturan yang diinginkan dapat dikonfigurasi. Sudah mendukung untuk format Avi, Flv, Gif, Matroska, Mp3, Mp4, Ogg, Opus, WebM. Selain itu, ada codec yang didukung: H.264, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, VP8, VP9, Xvid.

Versi terbarunya tahun ini 0.14 berukuran 38 MB. Aplikasi kompres video Android yang sangat ringan untuk perangkat berspesifikasi menengah.

2. Video Compressor – Converter 0a15

Platform berikutnya ini mampu mengompres file lebih kecil secara otomatis tanpa kehilangan kualitas dan mengonversi hampir semua format. Sudah mendukung format MP4, MKV, AVI, MOV, 3GP, FLV, MTS, MPEG, MPG, WMV, M4V, VOB, dan lainnya.

Sebagai gambaran Anda platform satu ini mampu mengompres video berukuran 3 GB menjadi 300 MB saja tanpa mengorbankan kualitas video secara ekstrem. Versi terbarunya 1.28 berukuran 49 MB, masih sangat ringan untuk perangkat seluler.

3. Video & Image compressor

Aplikasi kompres video Android ini menawarkan kemampuan me-resize file namun tetap menghasilkan kualitas tinggi. Anda dapat mengompres file dengan mengontrol bitrate, kualitas, dan resolusi.

Paling ideal digunakan untuk format MP4. Namun kelebihannya adalah proses mengompres dapat berjalan dengan cepat, tidak memakan banyak waktu. Selain itu tidak ada batasan berapa banyak file yang diinginkan dalam satu hari.

File foto atau gambar berukuran besar karena resolusinya juga bisa di-resize melalui software satu ini. Hingga saat dibutuhkan di upload sebagai lampiran jadi lebih mudah, tidak lemot, tidak makan waktu.

Saat pertama kali dibuka Anda akan diajak untuk mempelajari apa saja yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi kompres video Android ini. Jika ingin lebih cepat langsung saja tekan “skip”.

Selanjutnya pengguna juga akan dihadapkan pada opsi berbayar atau gratis namun dengan iklan didalamnya. Jika ingin tetap gratis pilih “continue with ads”, tapi risikonya selama menggunakan akan banyak iklan muncul.

Selanjutnya akan langsung tersaji galeri, berisi semua file video yang ada dalam perangkat. Tugas Anda adalah mencari, memilih mana yang akan diubah ukurannya menjadi lebih sederhana.

4. Video Converter

Kelebihannya adalah dapat melakukan tugas kompresi dan mengubah format video dengan cepat. Dilengkapi fitur untuk memotong audio dan video serta menggabungkan file kedua format tersebut.

Jadi saat Anda membuat sebuah konten audio visual kemudian ingin disisipkan format foto, gambar atau teks bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software ini. Cukup masuk pada aplikasi yang sudah terinstall, kemudian pilih file.

Pilih “open”, nantinya akan langsung ada pilihan untuk merubah format menjadi MP4, MPeG dan sebagainya. Setelah selesai Anda bisa langsung membagikannya ke platform sosial media, menggunakan link atau menyimpan di galeri.

Aplikasi kompres video Android ini sudah support untuk MP4, MKV, AVI, 3GP, MOV, MTS, MPEG, MPG, WMV, M4V, VOB, FLV dan lain-lain. Mendukung konversi, kompresi, perubahan resolusi, Frame rate (FPS), serta bitrate.

Anda dapat mengkonversi file video menjadi format Audio seperti MP3, AAC, AC3, OGG, M4A, WAV. Versi terbaru yang tersedia saat ini 0.7.7 dengan variasi ukuran, sehingga dapat dipilih sesuai spesifikasi perangkat.

5. Video Dieter 2

Video Dieter 2 merupakan aplikasi pengompress untuk Android yang dibekali banyak fitur. Sangat ringan dimana ukurannya hanya 2,2 MB. Selain mendukung pengeditan foto, aplikasi kompres video Android ini juga bisa digunakan untuk memutar serta mendukung konversi konten 4K.

Saat penggunaan, Anda bisa memilih kualitas resolusi atau kualitas rendah, menengah atau tinggi. Fitur tambahan yang cukup menarik bagi pengguna adalah adanya penerapan filter foto. Tersedia setidaknya sebanyak 24 filter foto berbeda.

Jadi sama saja dengan editor. Sebelum proses selesai kemudian muncul opsi bagikan, Anda bisa menambahkan filter terlebih dahulu. Ini cukup menguntungkan apabila ingin menggunakan file sebagai sarana promosi produk.

Perlu diperhatikan bahwa aplikasi kompres video Android satu ini gratis, tanpa membayar biaya bisa digunakan. Namun didalamnya masih terdapat iklan, selain itu beberapa fitur dalam kondisi terkunci.

Bagaimana cara membuka kuncinya? Yaitu dengan memberikan link kepada orang lain sebagai referral. Versi terbarunya 2.2.13 berukuran 2.4MB, sangat kecil dan ringan bahkan untuk perangkat Android spesifikasi menengah.

6. VidCompact

Aplikasi kompres video Android ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store. Dibekali banyak fitur seperti pemangkasan, mengompres, mengganti nama dan masih banyak lagi.

Saat menggunakannya Anda bisa memilih untuk Trim dan Compres. Kemudian pilih file yang akan dikompres dari sub-folder. Setelah menentukan file, Anda bisa memilih resolusi yang diinginkan sesuai kapasitas perangkat.

Selama proses berjalan Anda masih bisa melakukan pemotongan mana yang akan digunakan, mana scene untuk dibuang. Salah satu keuntungan menggunakannya adalah tidak terganggu banyak iklan serta tidak tersedia versi berbayarnya.

Versi terbaru aplikasi kompres video Android ini adalah 3.6.8 dengan ukuran 22 MB. Paling direkomendasikan untuk perangkat spesifikasi menengah ke atas. Mengingat cukup memakan ruang memori, selain juga memaksimalkan kinerjanya agar tidak lemot.

Menggunakan software satu ini Anda bisa mengubah format file menjadi MP3, MP4 atau AVI. Bisa juga digunakan untuk mengconvert dari Youtube dan langsung merubah formatnya jadi lebih sederhana untuk diputar di HP.

7. Panda Resizer

Aplikasi kompres video Android panda Resizer sangat ideal untuk perangkat spesifikasi menengah. Tidak akan membebani kinerja HP saat digunakan karena ukuran file download-nya kecil.

Ukuran file yang Anda ubah menjadi kecil kualitasnya tidak akan berkurang. Jadi tetap dapat resolusi aslinya saat di upload ke sosial media. Bahkan disimpan pada memori perangkat juga tidak akan menyita banyak ruang memori.

Saat akan dikirim melalui email dengan attachment, prosesnya jadi lebih cepat dan mudah. Selain itu antar mukanya sangat sederhana, bisa dipahami oleh pemula. Rating aplikasi tinggi di Google Play Store, menandakan pengguna sebelumnya puas terhadap kinerjanya.

Ada pilihan berbayar atau gratis. Jika ingin tetap menggunakan gratis cukup klik “continue with ads”, tapi jika ingin berbayar maka akan ada banyak fitur bisa dijelajahi menghasilkan tampilan konten lebih maksimal.

8. YouCut

Aplikasi kompres video Android satu ini populer disebut sebagai editor. Namun didalamnya juga terdapat fitur untuk mengompress file video besar jadi berukuran lebih kecil. Direkomendasikan oleh banyak pengguna sebelumnya dari hasil testimoni.

Hebatnya lagi platform digital populer ini diklaim mampu mengompres ukuran file sampai 80% dari aslinya tanpa membuat kualitasnya menurun. Didalamnya juga terdapat berbagai macam fitur keren yang dapat digunakan untuk mengedit.

Diantaranya adalah menu Cutter & Trimmer, Speed Control, Slideshow Maker, serta banyak lagi fitur lainnya. Ini sangat mendukung para konten kreator untuk membuat unggahan orisinil sesuai keinginan.

Kecepatan bisa diatur sendiri melalui aplikasi kompres video Android ini. Misalnya ingin mempercepat part yang tidak terlalu penting. Sebaliknya memperlambat bagian yang perlu dipahami oleh penonton.

Dari gambar juga bisa dibuat menjadi slideshow. Misalnya Anda ingin membuat presentasi dalam bentuk animasi atau klip-klip singkat. Cukup gunakan software ini saja dan bisa dikerjakan menggunakan perangkat smartphone.

9. Android Pixels

Aplikasi kompres video Android ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali. Menandakan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman mengesankan dari software ini. Salah satu alasannya dari antarmuka yang diklaim sederhana namun tampil modern.

Menariknya Android Pixels memberi kemudahan pengguna untuk bisa memilih sendiri kecepatan kompresi. Tersedia durasi dari 15 detik sampai 3 menit. Jadi buat Anda yang ingin segera mengupload di sosial media tidak perlu menunggu lama.

Meski pilihan waktu bisa disederhanakan jadi lebih cepat, namun jangan khawatir terhadap kualitasnya. Anda tetap mendapatkan tayangan resolusi tinggi seperti aslinya sebelum dilakukan kompresi.

Cara penggunaannya terbilang mudah, cukup masuk ke dalam platform yang sudah terinstall di HP. Kemudian pilih file mana yang akan diubah ukurannya menjadi lebih ringan dan sederhana. Selebihnya cukup menunggu sampai proses selesai 100%.

10. Smart Video Compressor and Resizer

Rekomendasi aplikasi kompres video Android terakhir ini dikembangkan oleh AppAspect Technologies Pvt Ltd. Kualitasnya dibuktikan dengan rating tinggi di Play Store. Anda bisa mengunduhnya serta menggunakan dengan gratis tanpa berbayar.

Jika digunakan untuk mengompres dari HD, pengguna bisa mengurangi ukuran file lebih dari 70% sampai 80%. File yang bisa dikompresi adalah 720p, VGA, dan file berkualitas rendah.

Progres kompresi file juga bisa dipantau langsung, jadi pengguna bisa tahu apabila terdapat kesalahan. Sedangkan metadata tetap dapat dipertahankan menggunakan aplikasi. Versi terbarunya adalah 1.8 dengan ukuran 17 MB, cukup ringan digunakan.

Tidak butuh waktu lama dalam proses kompresi maupun resizer. Dalam hitungan detik saja file Anda akan siap. Bisa langsung dibagikan ke berbagai platform media sosial termasuk digunakan sebagai lampiran email.

Pilihan lain adalah langsung menyimpan pada galeri. Sewaktu-waktu dibutuhkan bisa Anda buka kembali kemudian baru dibagikan ke sosial media, email dan sebagainya.

Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan orang untuk eksis makin tinggi. Apalagi terdapat potensi penghasilan di dalamnya. Anda juga bisa mencoba peruntungan yang sama dengan membuat konten melalui aplikasi kompres video Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published.