Aplikasi Mirroring Android ke Laptop

8 Rekomendasi Aplikasi Mirroring Android ke Laptop

Aplikasi mirroring Android ke laptop merupakan aplikasi yang digunakan untuk menampilkan layar ponsel Anda secara realtime pada laptop. Aplikasi Mirroring ini dapat digunakan pada saat Anda membutuhkan tampilan layar yang lebih besar.
Software tersebut dapat Anda gunakan untuk membaca dokumen, menonton video, bermain media sosial, hingga bermain game. Berikut ini rekomendasi Aplikasi mirroring yang dapat membantu Anda menampilkan layar Android di laptop.

Screen Mirror

Aplikasi Screen Mirror memungkinkan Anda membuat tampilan di layar ponsel dapat ditampilkan di laptop. Aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan, sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba melakukan mirroring.

Kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini karena ditunjang dengan tampilan aplikasi yang bersahabat. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan utama dari aplikasi Screen Mirror ini.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Aplikasi Galeri untuk Android

Screen Mirror menggunakan tethering dan kode QR untuk menghubungkan Android ke laptop. Setelah laptop Anda tersambung dengan ponsel yang terinstal aplikasi, buka situs resmi Screen Mirror di laptop.

Selanjutnya, situs resmi tersebut akan menampilkan kode QR pada halaman depannya. Pindai kode QR tersebut menggunakan aplikasi Screen Mirror yang terinstal di ponsel Anda. Tak lama, tampilan Android Anda pun akan muncul di laptop.

ApowerMirror

Rekomendasi Aplikasi mirroring Android ke laptop berikutnya adalah ApowerMirror. Berdasarkan pengalaman pengguna, performa aplikasi ini tergolong cukup bagus. Ini ditandai dengan tidak pernahnya ditemui error atau crash sepanjang penggunaan.

Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini di antaranya adalah resolusi layarnya dapat diatur, dan layar dapat ditampilkan secara penuh/ full screen. Aplikasi ini juga memiliki FPS (Frames Per Second) yang cenderung stabil dan bisa diatur. Pengaturan FPS maksimal adalah 60 FPS.

Untuk menyambungkan ponsel Android dengan laptop, Anda juga dapat menggunakan kabel data atau secara wireless. Interface yang dimiliki mudah dimengerti, dan Anda dapat melakukan tangkap layar (screenshot) hingga merekam layar (screen recorder). Tak hanya itu, aplikasi ini pun gratis.

Kekurangan aplikasi ini adalah pengguna perlu mengunduh dan menginstal terlebih dahulu aplikasi ApowerMirror di ponsel. Tak hanya itu, spesifikasi minimal untuk menggunakan aplikasi ini adalah Android 5.0.

Droid Screen

Software ini tidak seperti aplikasi screen mirroring pada umumnya yang hanya perlu menginstal satu aplikasi di Android atau di laptop saja. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, maka Anda perlu menginstal beberapa aplikasi seperti Android SDK, serta melakukan US Debugging

Hal tersebut menjadi salah satu kekurangan aplikasi ini, karena proses penggunaannya yang menjadi lebih ribet dibanding aplikasi lainnya. Belum lagi, bagi para pengguna yang masih belum familiar dengan aplikasi screen mirror.

Vysor

Vysor merupakan Aplikasi mirroring Android ke laptop yang dikembangkan oleh clockworkmod. Developer tersebut mungkin tak asing bagi Anda yang gemar flash Android dan instal custom ROM. Hal ini karena developer tersebut dikenali memiliki CS yang support dan kooperatif.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah interface-nya yang mudah dimengerti. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan melalui ekstensi Google Chrome atau pun menginstal software-nya di laptop.

Kekurangannya, FPSnya kerap kali drop. Selain itu, fitur yang tersaji secara gratis sangat terbatas. Jika Anda ingin menggunakan fitur lengkapnya, harga yang ditawarkan pun beragam. Aktivasi versi pro selama sebulan dikenai biaya $2,5, $10 untuk tahunan, dan $40 untuk seumur hidup.

Screencast

Selain dapat dikoneksikan ke laptop, aplikasi Screencast ini dapat juga dikoneksikan ke tablet hingga Smart TV. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok untuk menjadi alternatif saat ingin melakukan presentasi, ataupun sekedar menonton film.

Salah satu keunikkan aplikasi ini adalah Anda dapat menampilkan layar dan beberapa perangkat secara langsung (multi-devices). Screen Cast juga memiliki tampilan yang sederhana, dan tersedia gratis dalam beberapa bahasa.
Kekurangan aplikasi ini adalah audio belum include ke dalam screen mirroring. Selain itu, masih dijumpai isu seperti crash atau error pada beberapa pengguna.

Scrypy

Aplikasi Scrypy sangat cocok bagi Anda yang mencari aplikasi mirroring Android ke laptop yang bersize kecil, ringan, dan cepat. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda tak perlu menginstal software di ponsel client. Hanya cukup menginstalnya di laptop Anda saja.

Keunggulan lain dari aplikasi Scrypy ini adalah resolusi dan FPSnya yang stabil. Scrypy juga memiliki desain grafis yang menawan, Resolusi dan FPS dapat diatur, dan bisa menampilkan layar penuh. Aplikasi Scrypy inipun gratis dan open source.

Kekurangan aplikasi ini adalah interface-nya sangat sederhana. Anda juga perlu memahami dan memiliki sedikit ilmu mengenai linux. Pemahaman mengenai linux tersebut berguna untuk dapat memaksimalkan fitur.

Airdroid

Aplikasi ini memiliki fitur yang tak jauh berbeda dari aplikasi yang sudah diulas sebelumnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk login dan install di Android dan tidak perlu menginstall aplikasi host di laptop.

Keunggulan aplikasi ini adalah mudah digunakan. Aplikasi tersebut juga berbasis web sehingga Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Anda juga dapat melakukan drag and drop file. Kekurangan aplikasi ini adalah tidak direkomendasikan jika ingin memainkan game.

Mirroring 360

Mirroring 360 memiliki fitur yang sangat bagus dan menarik. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang berprofesi sebagai guru atau dosen. Hal ini karena fitur unggulannya yang memungkinkan untuk melakukan screen sharing.

Fitur screen sharing ini memungkinkan Anda untuk membagikan layar kepada 40 perangkat sekaligus. Fitur ini dapat menjadi alternatif apabila Anda ingin melakukan share screen namun di ruang tersebut tidak dijumpai proyektor.

Selain itu, interface aplikasi mirroring Android ke laptop ini pun mudah dimengerti. Kekurangan aplikasi Mirroring 360 ini adalah hanya dapat terhubung melalui wireless saja. Selain itu, Anda tak dapat melakukan screenshot ataupun screen record selama aplikasi digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.