Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain Android

Youtube memang menjadi salah satu hiburan yang menyenangkan dan dapat menghilangkan rasa bosan secara efektif. Hal ini membuat tutorial atau cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain Android banyak dicari untuk menemani rutinitas sehari-hari.

Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain Via Aplikasi Tambahan

Alternatif pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuka Youtube bersamaan dengan akses ke aplikasi lain adalah menggunakan aplikasi tambahan. Hal ini karena Youtube tidak menyediakan pemutar video di latar belakang, kecuali pada paket atau fitur-fitur tertentu saja.

Gunakan YouTube Vanced

YouTube Vanced cukup marak digunakan dan diperbincangkan beberapa waktu ke belakang. Aplikasi ini menuai kontroversi karena menyediakan berbagai fitur menarik yang berbeda dengan YouTube pada umumnya.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat memutar video di latar belakang sehingga dapat menjalankan aplikasi lainnya. Hal ini tentu sangat membantu para pengguna karena beberapa fitur tersebut hanya bisa ditemui pada YouTube versi premium.

Apabila ingin menggunakan aplikasi YouTube Vanced, maka Anda bisa mengunduhnya di https://youtubevanced.com/. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah. Anda cukup mencari video yang ingin ditonton kemudian tekan tombol home. Video akan tetap berputar secara otomatis.

Pakai Aplikasi Float Tube

Cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain Android juga bisa melalui bantuan aplikasi bernama Float Tube. Aplikasi ini bekerja dengan menerapkan model picture-in-picture, artinya YouTube tetap berjalan meskipun Anda sedang membuka aplikasi lain.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Float Tube di Play Store. Lanjutkan dengan masuk di bagian pengaturan smartphone, kemudian cari menu perizinan/permission. Berikan akses Float Tube untuk menimpa aplikasi lain.

Buka aplikasi Float Tube, kemudian cari video yang Anda inginkan. Saat video sudah diputar, Anda dapat menekan tombol home untuk beralih ke aplikasi lain. Hasil akhirnya adalah video tersebut tetap berjalan meskipun tidak standby di aplikasi pemutarnya.

Pakai Aplikasi Vidmate

Aplikasi ketiga yang dapat Anda gunakan untuk membuka YouTube sekaligus membuka aplikasi lain adalah Vidmate. Tidak hanya untuk kebutuhan pemutar video di latar belakang, Vidmate juga menyediakan berbagai fitur menarik yang tidak ada di YouTube pada umumnya.

Anda bisa mengunduh Vidmate di browser karena aplikasi ini dianggap ilegal di Play Store. Sesuaikan versi aplikasi dengan kemampuan perangkat Anda agar tidak terjadi force close atau bug saat dijalankan.

Cara membuka YouTube sekaligus mengakses aplikasi lain juga cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mencari video yang ingin diputar, kemudian tekan bagian titik 3 di bagian kanan. Pilih putar di latar belakang.

Menggunakan Aplikasi YMusic

YMusic memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin memutar video favorit saat membuka aplikasi lainnya. Video yang disukai pun dapat diunduh apabila ingin menghemat kuota internet yang digunakan. Kelebihan lain dari YMusic adalah bisa diunduh secara resmi di Playstore.

Cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain Android menggunakan aplikasi ini juga tidak berbeda jauh dengan beberapa alternatif sebelumnya.

Anda cukup membuka YMusic dan mencari video yang akan diputar. Saat video mulai berjalan, Anda bisa menekan tombol home tanpa harus menjeda video tersebut.

Menggunakan Awesome Pop-Up Video

Awesome Pop-Up Video menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang menggunakan smartphone tipe lama dan belum mendukung fitur picture-in-picture. Fasilitas tersebut pada dasarnya digunakan untuk menjalankan 2 aplikasi sekaligus tanpa harus standby di salah satunya.

Langkah-langkah penggunana Awesome Pop-Up Video sangat mudah. Download aplikasi tersebut di Playstore, lalu masuk di bagian pengaturannya. Cari menu ‘video setting’ dan ubah resolusi video di ukuran paling kecil untuk menghemat kuota.

Setelah resolusi video Anda sesuaikan, lanjutkan ke bagian ‘first row’ dan cari video yang ingin diputar. Secara otomatis video tersebut sudah diputar pada mode pop-up. Artinya, saat Anda menekan tombol home, maka video tetap berjalan.

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain beberapa alternatif aplikasi diatas, Anda juga dapat mengikuti opsi di bawah ini. Metode berikut justru lebih mudah karena pengguna tidak perlu mendownload aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Chrome

Browser bawaan Google Chrome sebenarnya sudah dibekali dengan fasilitas picture-in-picture, namun fitur ini masih jarang diketahui oleh penggunanya. Anda dapat memutar video tanpa harus tetap berada di situs terkait dengan memanfaatkan fitur tersebut.

Cara penggunaan fitur picture-in-picture juga tergolong mudah dan sederhana. Anda tidak perlu melakukan kustomisasi pengaturan apapun karena fasilitas ini tersedia secara gratis dan bekerja otomatis.

Langkah pertama adalah masuk ke beranda YouTube, kemudian cari video yang akan Anda mainkan. Setelah video mulai berjalan, tekan ikon layar penuh di bagian kanan bawah. Setelah itu, tekan tombol home dan secara otomatis fitur picture-in-picture berjalan.

Menggunakan Youtube Premium

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah berlangganan Youtube Premium. Metode ini memang membuat Anda harus mengeluarkan sedikit biaya.

Meski demikian, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas menarik yang tidak ada di Youtube versi biasa. Salah satunya adalah pemutar video di latar belakang.

Menghidupkan Fitur Split Screen

Cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan selanjutnya adalah melalui fitur split screen. Fasilitas ini tersedia untuk smartphone keluaran terbaru karena merupakan salah satu inovasi dari pengembang.

Langkah mengaktifkan split screen pun sangat mudah. Buka YouTube dan pilih video yang ingin Anda putar, lalu tekan tombol recent apps. Tekan dan tahan pada bagian YouTube hingga keluar pilihan split. Lanjutkan dengan menekan aplikasi lain yang ingin dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.