Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android Tanpa Aplikasi

Pas foto ukuran 4×6 sering digunakan untuk melamar pekerjaan dan melengkapi berkas keperluan administrasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengubah ukuran foto menjadi ukuran yang diinginkan. Berikut adalah cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi.

Mengubah Ukuran Foto Tanpa Menggunakan Aplikasi

Mengunduh dan memasang aplikasi dalam Android yang terlalu banyak dapat memenuhi ruang penyimpanan internal ponsel Anda. Anda bisa lebih selektif untuk memilih beberapa aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Jika ada alternatif tanpa harus menggunakan aplikasi, Anda bisa memilihnya.

Mengubah ukuran foto menjadi 4×6 tanpa aplikasi di Android Anda bisa menjadi alternatif. Anda tidak perlu membawanya ke percetakan foto atau mengunduh aplikasi yang akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel Anda.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android

Mengenal Beberapa Ukuran Foto 4×6 dalam Satuan Lain

Sebelum Anda mengubah foto dengan memanfaatkan beberapa platform online yang dapat dengan mudah diakses, penting untuk mengetahui jenis ukuran dalam satuan lain. Beberapa satuan ukuran foto ada dalam bentuk inch, pixel, centimeter, dan milimeter.

Hal tersebut penting untuk diketahui karena beberapa platform bisa saja menyediakan ukuran dalam satuan yang lain. Persamaan ukuran pas foto 4×6 dalam satuan inci setara dengan 1,5” x 2,2”. Sedangkan dalam satuan sentimeter setara dengan 3,81 cm x 5,59 cm.

Pas foto ukuran 4×6 dalam satuan milimeter setara dengan 381 mm x 559 mm, dan dalam satuan pixel setara dengan 472 x 709. Setelah Anda mengetahui ukuran foto 4×6 dalam satuan lain, bisa meyiapkan dulu foto yang akan diubah ukurannya menjadi 4×6.

Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Online

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi dapat Anda lakukan dengan menggunakan platform online. Beberapa platform yang tersedia untuk mengubah ukuran foto diantaranya adalah ILoveIMG, Canva, Befunky, dan Pixlr. Berikut uraiannya.

Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Menggunakan Canva

Mengubah ukuran foto menggunakan Canva bisa menjadi pilihan untuk Anda yang tidak ingin mengunduh dan memasang aplikasi pengubah ukuran foto. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka browser atau Google Chrome.

Tahap berikutnya setelah membuka browser dan memasukkan link https://www.canva.com/ pada kolom pencarian, lalu tekan enter atau cari. Setelah masuk di halam pertama laman canva, Anda bisa melakukan Log in dengan menggunakan akun Apple, Google, atau akun Facebook.

Tekan Create a design dan masukkan ukuran sesuai panduan foto. Langkah yang berikutnya adalah menekan Upload untuk mengunggah file foto yang akan dirubah. Drag foto ke layar belakang berwarna putih. Anda bisa menyesuaikan ukuran dengan layar tersebut dan mengunduh foto ukuran 4×6 itu.

Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Menggunakan Pixlr

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan aplikasi ini juga tidak jauh berbeda dengan platform online yang lainnya. Tahap yang pertama adalah mengunjungi laman https://pixlr.com/ dengan google pencarian. Setelah itu, klik ikon Pixlr dan Buka Gambar untuk memilih file foto yang akan diedit.

Langkah yang berikutnya adalah menekan Tata Letak dan Resize Page. Isi kolom lebar dan panjang dengan angka 472 dan 709. Tahap selanjutnya adalah tekan Terapkan dan pilih Save untuk menyimpan foto tersebut. Namai file foto tersebut secara khusus supaya Anda mudah untuk mencarinya.

Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Menggunakan Befunky

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi dengan platform online Befunky juga bisa menjadi solusi untuk Anda. Tahap yang pertama adalah membuka laman Befunky dengan menggunakan link https://www.befunky.com/ melalui browser atau google pencarian lainnya.

Ketika masuk di laman resmi Befunky, tekan Get Started untuk memulainya. Anda bisa menekan Edit a Photo dan Open untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6. Tahap berikutnya adalah memilih foto yang akan diubah ukurannya, setelah itu tekan Edit pada panel sebelah kiri.

Masukkan ukuran dengan satuan pixel pada kolom. Gunakan 472 untuk lebar dan 709 untuk panjangnya. Tahap yang terakhir adalah menekan Save untuk menyimpannya dalam perangkat Anda.

Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Menggunakan ILoveIMG

Platform berikutnya yang bisa Anda akses untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 adalah ILoveIMG. Caranya juga cukup mudah yakni membuka Google Chrome atau aplikasi browser lainnya. Kemudian, ketikkan https://www.ilovwimg.com pada kolom pencarian dan tekan enter atau cari.

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi dengan platform ini yang berikutnya setelah masuk ke laman resmi ILoveIMG adalah menekan menu Resize Image. Kemudian, tekan Select Image untuk mengganti ukuran foto menjadi 4×6.

Ikuti panduannya dan tekan By Pixel untuk menggunakan satuan pixel. Dalam Maintain aspect ratio klik hapus centangnya. Pada kolom isian ukuran pixel, Anda bisa mengisinya dengan 472 untuk kolom width dan 709 untuk height.

Kemudian, tekan Resize Image untuk mengubahnya dan klik Unduh file untuk menyimpannya. Dengan cara yang sangat mudah ini, Anda sudah bisa mengubah ukuran foto menjadi 4×6.

Tips Ketika Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android Tanpa Aplikasi

Ada beberapa hal yang bisa Anda pelajari sebelum melakukan pengubahan foto berdasarkan ukurannya. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jaringan internet yang digunakan. Patikan untuk jaringan internet yang stabil dan hindari jaringan menjadi terputus. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasilnya.

Anda juga disarankan mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb jika file foto Anda terlalu besar. Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi dapat menghasilkan foto yang bagus dengan foto asli yang jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.